4 Tips Menentukan Produk Dropship dengan Bijak

0
386
produk dropship

Bisnis dropship adalah bisnis yang amat menjanjikan dan tengah menjadi tren di kalangan perintis usaha online. Bisnis dropship ini amat layak untuk Sobat Shipper coba, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, sampai ibu rumah tangga sekalipun, dapat menjalankan bisnis dropship ini dengan mudah. Namun, perlu digaris bawahi ya Sobat Shipper… Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis dropship ini tentu, masih membutuhkan berbagai bentuk strategi yang harus terus dijalankan. Strategi yang dapat dijalankan antara lain adalah strategi pemilihan produk yang cocok untuk dropship, strategi branding, sampai strategi optimasi.

Ingin mulai jualan? Tentu, harus tahu dulu produk apa yang ingin dijual bukan? Maka dari itu, sebelum merangkak lebih jauh, mari kita cari tahu ide produk dropship seperti apa sih, yang sekiranya tepat dan memungkinkan untuk dapat dipasarkan dalam bisnis dropship. Karena dengan mengetahui seperti apa produk yang ingin dipasarkan, strategi branding dan promosi pun dapat kita ketahui dengan betul. Yuk, simak artikel ini hingga akhir.

1. Menentukan Target Pasar

Eits, jangan terburu-buru dulu ya Sobat Shipper…. Sebelum memastikan produk apa yang ingin Sobat Shipper perjual belikan, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan terlebih dahulu nih, yang salah satunya adalah target pasar. Menentukan target pasar ini penting banget lho, Sobat Shipper! Karena dengan menetapkan target pasar yang jelas, Sobat Shipper dapat mengetahui produk apa yang ingin dijual, harga jual yang ingin dipasang, dan tindak promosi yang dapat dilakukan. 

Berbagai kalangan seperti halnya pelajar, kaum milenial, sampai ibu rumah tangga sekalipun dapat menjadi opsi terhadap pilihan target pasar Sobat Shipper. Maka dari itu, jika Sobat Shipper ingin memasarkan produk yang dapat dijangkau luas, sangat penting ya… Bagi Sobat Shipper untuk menargetkan pasar yang cukup luas pula. Jangan sampai, produk yang Sobat Shipper jual keliru atau tidak sesuai dengan target pasar yang telah dibuat atau disepakati sebelumnya.

2. Pentingnya Meninjau Tren dan Minat Konsumen

Usai menentukan target pasar, masih ada nih, hal yang perlu Sobat Shipper tinjau. Yakni, tren dan minat konsumen. Lah, Memangnya seberapa penting sih, tren dan minat konsumen itu harus ditinjau? Jawabannya adalah penting banget ya, Sob. Karena dengan melakukan peninjauan terhadap tren dan minat konsumen,  Sobat Shipper dapat menentukan produk dropship dengan lebih bijak dan tepat. Pemantauan yang dapat dilakukan terhadap tren produk bisa Sobat Shipper terapkan dengan aktif di berbagai platform sosial media, layaknya Instagram, TikTok, dan Twitter. Karena, akan banyak informasi-informasi menarik mengenai berbagai produk kekinian yang dapat Sobat Shipper peroleh. Oh iya, Sobat Shipper juga dapat melakukan pencarian terhadap tren produk pada fitur Google trends ya.

Kemudian, jika nantinya bisnis dropship yang Sobat Shipper rintis mulai berjalan, Sobat Shipper dapat meninjau daya tarik para konsumen melalui evaluasi yang sebaiknya dilakukan secara berkala terhadap beragam produk yang Sobat Shipper pasarkan. Pada produk yang memiliki daya tarik cukup besar, dapat Sobat Shipper pertimbangkan kembali untuk dipasarkan dengan jangka waktu yang panjang.

3. Berkenalan dengan Beragam Produk

Sobat Shipper, jika sebelumnya kita telah meninjau target pasar. Sekarang, mari kita berkenalan dengan beragam produk yang dapat diperjualbelikan dan amat lumrah untuk ditemui pada setiap bisnis dropship. Karena siapa tahu,  produk-produk disini sesuai dengan target pasar Sobat Shipper dan dapat menjadi ide bisnis untuk Sobat Shipper promosikan dan jual.

a. Produk Kecantikan

Kita mulai dari produk Pertama. Ya, ini adalah produk kecantikan. Wah, di berbagai marketplace pasti lumrah banget ya kita temui berbagai produk kecantikan. Mulai dari make up, skin care, sabun, dan lain sebagainya. Pokoknya produk kecantikan ini acap kali menjadi primadona banyak orang, terutama wanita. Nah, bagi Sobat Shipper yang ingin memulai bisnis dropship, bisa banget nih untuk menjadikan produk kecantikan sebagai ide produk yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Daya tarik akan produk kecantikan ini juga cukup besar, begitupun target pasar yang dapat dimulai dari remaja sampai orang dewasa.

b. Produk Kesehatan

Obat-obatan herbal seperti halnya madu, habbatussauda, dan berbagai suplemen kesehatan lainnya juga dapat menjadi ide produk dropship yang menguntungkan banget. Target pasarnya pun cukup luas, karena dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak sampai dewasa, dapat mengkonsumsi sesuai takaran. Tapi perlu diingat ya Sobat Shipper, pastikan produk kesehatan sang supplier tersebut sudah halal dan BPOM, sehingga aman dan nyaman untuk diperjualbelikan kepada pelanggan.

c. Produk Cemilan Kekinian

Deretan produk lain yang dapat menjadi ide usaha dropship Sobat Shipper adalah produk cemilan kekinian. Siapa sih, yang nggak suka ngemil? Mayoritas dari kita pasti banyak yang punya hobi ngemil, kan? Hehehe. Nah, dengan munculnya berbagai inovasi cemilan yang telah ada, Sobat Shipper dapat memanfaatkan hal ini, dengan menjadikan produk cemilan kekinian sebagai ladang keuntungan yang besar, lho. Karena target pasarnya pun juga sudah luas, mulai dari anak-anak sampai dewasa pun dapat dijangkau. Eits, tak boleh ketinggalan ya… kehalalan dan BPOM dari cemilan yang akan Sobat Shipper jual perlu untuk diperhatikan.

d. Produk Fashion dan Pakaian

Berbagai produk layaknya jam tangan, sweater, kemeja, hijab, jaket, anting dan lain sebagainya, masuk dalam kategori ini dan menjadi primadona pula bagi banyak orang. Beragam mode fashion dan pakaian yang tengah tren saat ini, dapat Sobat Shipper jadikan sebagai pilihan ide bisnis dropship yang direkomendasikan dan patut untuk dicoba. Jadi tidak ada salahnya ya untuk menjadikan produk fashion dan pakaian sebagai ide bisnis dropship.

4. Mencari Supplier yang Tepat

Menentukan target pasar, sudah. Meninjau tren dan minat juga sudah. Lalu menentukan produk juga sudah. Selanjutnya, apakah masih ada lagi yang harus Sobat Shipper lakukan? Yup, jawabannya masih ada. Hal yang perlu Sobat Shipper lakukan berikutnya adalah mencari supplier yang tepat. Kenapa harus mencari supplier yang tepat? Ya… Karena dalam bisnis dropship supplier ibaratkan “nyawanya” dropshipper. Maka dari itu kunci kesuksesan tips bisnis dropship itu adalah supplier yang tepat.

Dan, supplier yang dimaksud tepat itu adalah supplier yang dapat dipercaya, komunikatif, serta yang paling penting adalah dapat menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga kompetitif. Dalam mencari supplier yang tepat mungkin sulit, tapi… tidak mustahil kok.

Sobat Shipper, sekali lagi perlu diingat ya bahwa dalam menentukan produk dropship itu tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan bijak. Berbagai bentuk peninjauan dapat Sobat Shipper berikan agar produk dropship milik Sobat Shipper dapat dipasarkan dengan bijak dan tepat. Untuk jasa pengiriman ekspedisi kamu bisa percayakan semuanya di Shipper. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!