Cara Tepat Menentukan Objective dalam Facebook Ads

0
78
objective facebook ads

Bagi pegiat bisnis, beriklan di Facebook sudah menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain karena fakta bahwa pengguna media sosial ini mencapai miliaran, namun juga karena Facebook memiliki fitur lengkap yang dapat menunjang promosi digital.

Salah satu yang menonjol dari Facebook Advertising adalah objective yang beragam. Hal ini tentunya menjadikan iklan Facebook bisa digunakan untuk berbagai tujuan kampanye.

Apa sebenarnya objective dalam facebook ads, dan bagaimana pula cara memilih objective yang tepat? Kami akan mengulasnya khusus untuk Sobat Shipper.

Definisi Objective dalam Facebook Ads

Salah satu elemen penting dalam promosi online adalah tujuan. Apa yang ingin dicapai dari promosi tersebut, apa yang ingin disampaikan.

Itulah prinsip dasar objective dalam Facebook Ads. Objective di sini berarti tujuan promosi konten kamu ketika memutuskan untuk beriklan.

Berbeda dari social media advertising umumnya, yang hanya memiliki pilihan objective terbatas, Facebook Ads menyediakan pilihan untuk segala jenis tujuan iklan.

Keberhasilan Facebook Ads bahkan sudah membawa perusahaan ini mencapai keuntungan sebesar $27,2 Miliar atau sekitar Rp 383,7 Triliun pada tahun 2020. Dari data yang dirilis oleh Facebook ini menunjukan betapa banyak pegiat bisnis yang menggunakan iklan Facebook sebagai platform promosi bisnisnya.

Macam-macam Objective Facebook Ads

Sampai saat ini, Facebook Ads menyediakan 11 objective yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan iklanmu. 11 tujuan ini dikategorikan ke dalam 3 macam objective, yaitu awareness, consideration dan conversion.

1. Awareness

Awareness atau yang berarti kesadaran, bisa dipakai untuk membangun minat orang-orang terhadap merek yang kamu punya. Objective yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang baru terjun ke dunia bisnis digital, ataupun bagi kamu yang ingin memperluas jangkauan konsumen.

Objective awareness ini dibagi menjadi 2 opsi, yaitu brand awareness dan reach.

  • Brand Awareness

Untuk brand awareness, tujuannya adalah meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap bisnis yang kamu punya. Kamu bisa memilih objective ini ketika kamu ingin audiens mengingat merek bisnis kamu, itu sebabnya, Facebook biasanya akan menampilkan iklan pada pengguna yang kemungkinan telah mengenal produk kamu sebelumnya.

  • Reach

Sementara itu, reach atau jangkauan, memiliki tujuan untuk menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin target pasar yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih opsi ini ketika ingin iklanmu dilihat sebanyak mungkin, tanpa berharap mereka akan melakukan aksi lanjutan.

2. Consideration

Jika Sobat Shipper ingin tujuan yang lebih dalam, jenis objective Facebook Ads yang satu ini mungkin menjadi pilihan. Consideration atau pertimbangan memiliki tujuan agar audiens mempertimbangkan iklan yang kamu tampilkan dan bersedia mencari tahu lebih lanjut.

Untuk kategori consideration, Facebook membaginya menjadi 6 jenis objective, yaitu traffic (trafik), engagement (interaksi), App Installs (Penginstalan aplikasi), video views (tayangan video), lead generation (penciptaan prospek), dan messages (pesan).

  • Traffic

Objective Facebook Ads pertama dari consideration adalah traffic. Tujuannya adalah mengarahkan audiens ke halaman mana pun yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin menaikkan trafik website ataupun landing page yang lain, seperti blog, kamu bisa memilih objective yang satu ini.

  • Engagement

Jika kamu menginginkan interaksi dari audiens terhadap akun bisnismu, opsi engagement sangat cocok untuk dipilih. Prinsip dasar engagement di iklan Facebook adalah mengarahkan iklan terhadap audiens yang kemungkinan besar akan berinteraksi dengan kontenmu.

Interaksi tersebut bisa berupa like, komen, subscribe hingga share. Objective ini cocok untuk kamu yang ingin membuat akunmu ramai-ramai didatangi banyak audiens dan juga mendengar feedback dari mereka.

  • App Installs

Untuk yang satu ini, cocok untuk kamu yang memiliki aplikasi bisnis. Dengan objective app installs, Facebook akan mengarahkan orang-orang untuk mengunduh aplikasi yang kamu tawarkan.

Untuk memilih objective ini, kamu terlebih dahulu perlu mendaftarkan aplikasi yang kamu miliki ke Facebook Ads Manager. Nantinya, mereka akan menggunakan data dari aplikasi mu untuk menjangkau target yang sesuai.

  • Video Views

Jika kamu ingin membuat konten iklan berupa video, pilihan objective video views bisa menjadi pilihan yang cocok. Dengan objective ini, iklan Facebook akan mengarahkan kontenmu pada orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan videomu.

Objective video views juga bisa dipakai ketika kamu mengkampanyekan suatu produk atau event dalam video singkat, tanpa berharap mereka melakukan aksi lanjutan. Jangan lupa untuk membuat konten video semenarik mungkin.

  • Lead Generation

Leads telah menjadi salah satu elemen penting dalam prospek bisnis. Dengan adanya leads, kamu bisa lebih mudah menjangkau audiens dengan kontak yang mereka berikan.

Untuk mengumpulkan banyak leads, kamu bisa menggunakan objective lead generation. Dengan objective ini, kamu bisa mengatur konten yang mengarahkan para audiens untuk meninggalkan kontak mereka.

  • Messages

Jika tujuanmu adalah berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui pesan pribadi, objective messages bisa menjadi pilihan yang cocok. Dengan objective ini, Facebook akan mengirimkan pesan khusus mengenai konten iklan kamu, kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan merespons.

Objective ini sangat baik untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan para customer. Kamu harus rajin membuka kotak masuk di setiap platform pesan yang kamu iklankan.

3. Conversion

Jenis objective di Facebook Ads yang terakhir adalah conversion. Untuk yang satu ini, cocok bagi Sobat Shipper yang menginginkan orang-orang melakukan pembelian atau transaksi terhadap produk yang dijual.

Objective jenis ini dibagi kedalam 3 jenis, yaitu conversion (konversi), catalog sales (penjualan katalog), dan store traffic (trafik toko).

  • Conversion

Tipe conversion sangat cocok untuk kamu yang ingin menggiring audiens melakukan aksi lanjutan di website. Aksi tersebut bisa berupa transaksi, subscribe atau pun berlangganan newsletter.

Untuk memilih objective conversion, kamu perlu menginstall Facebook pixel and conversions API di website kamu. Nantinya, kamu tinggal memverifikasi domain websitemu, dan mengkonfigurasikan segala hal yang berkaitan dengan target di Ads Manager.

  • Catalog Sales

Jika kamu memiliki produk yang ditawarkan dalam bisnismu, kamu bisa gunakan objective catalog sales. Tujuannya supaya audiens bisa melihat keseluruhan produk dalam satu katalog.

Untuk menggunakan iklan yang satu ini, kamu harus membuat Facebook katalog terlebih dahulu. Nantinya, Facebook akan memilih produk-produk unggulan yang dapat menarik perhatian audiens.

  • Store Traffic

Sobat Shipper punya toko di sejumlah lokasi? Jenis objective store traffic bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempromosikannya.

Dengan Store Traffic, Facebook akan memberitahu orang-orang di sekitar lokasi toko untuk datang ke sana. Tentunya untuk memilih objective ini, kamu harus memasukkan dengan detail informasi tentang lokasi spesifik serta jam operasional.

Strategi Tentukan Objective Facebook Ads

Dalam pemilihan objective yang tepat, kamu memerlukan strategi tertentu. Berikut yang bisa kamu lakukan ketika menentukan objective facebook ads.

1. Pahami Betul Target Audience. Buat demografi yang spesifik atau bisa juga gunakan fitur custom audience di Ads Manager.

2. Pahami Jenis-jenis Iklan Online dan Pilih yang Sesuai.

3. Gunakan Format Iklan yang tepat. Apakah video, foto ataupun slideshow. Ciptakan konten yang kreatif dan menarik

4. Siapkan Budget Minimum dan Maksimum. Agar tidak boncos dengan promosi online ini

Selain mengedepankan promosi produk menggunakan Facebook ads, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Salah satunya dengan memilih jasa pengantaran yang tepat. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id