Ingin Membuat Foto Produk Katalog? Gunakan 2 Aplikasi Ini!

0
227
foto katalog

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Melakukan bisnis di era digital tentunya akan semakin mudah. Selain marketingnya yang bisa dilakukan secara gratis hanya melalui media sosial, ternyata foto-foto produk juga bisa dibuat secara mudah dengan bantuan berbagai aplikasi.

Setidaknya Sobat Shipper yang baru memulai bisnis harus paham betul, kekuatan sebuah foto katalog untuk menarik konsumen. Foto produk katalog adalah hal pertama yang biasanya dilihat oleh konsumen ketika ingin membeli sebuah produk.

Permasalah datang ketika Sobat Shipper tidak punya peralatan yang canggih untuk membuat foto produk aesthetic. Karena permasalahan tersebut, Sobat Shipper bingung mau bagaimana jualan online? Tenang saja, ada dua aplikasi penyelamat yang bisa sobat gunakan untuk membuat foto katalog yang berkualitas tanpa peralatan mahal :

1. PhotoRoom : Aplikasi Populer di Kalangan Pembisnis

PhotoRoom adalah aplikasi edit foto di hp yang cukup populer di kalangan pembisnis. Kenapa begitu? Karena berkat PhotoRoom, mau foto katalog jadi lebih mudah dan murah. Foto produk katalog kin tak perlu susah, dengan PhotoRoom, cukup ada produknya saja sobat shipper bisa mendapatkan foto yang berkualitas. Kok bisa?

a. Bisa digunakan saat Situasi Mendadak

Sobat Shipper tak perlu khawatir kalau tiba-tiba ada konsumen yang ingin lihat detail foto produk yang tidak sempat kalian foto. Dengan PhotoRoom, sobat Shipper bisa membuat katalog produk di situasi apapun. Tapi, ada beberapa syarat untuk mendapatkan foto yang bagus melalui aplikasi ini.

Pertama, foto di latar polos. Sobat Shipper bisa memanfaatkan ubin polos, atau mungkin kertas HVS putih polos untuk latarnya. Di situasi mendadak sekalipun, pasti Sobat Shipper bisa menemukan tempat yang berlatar polos bukan? Tenang saja, warna latar bisa dihapus dengan fitur canggih dari PhotoRoom.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Ya, cahaya adalah salah satu faktor penting dalam foto produk katalog. Memang, foto bisa diedit supaya lebih terang. Tapi alangkah baiknya jika cahaya yang didapatkan adalah asli sehingga terkesan lebih berkualitas.

Cara penggunaanya mudah. Buka kamera pada aplikasi PhotoRoom kemudian potret produk yang ingin dibuat katalog. Setelah itu tunggu beberapa saat dan akan masuk kebagian editing.

b. Perhatikan Sudut Pandang saat Memotret

Sudut Pandang atau ang lebih dikenal dengan Angel adalah sisi mana yang akan diambil saat sedang memotret produk. Ini penting karena akan mempengaruhi hasil fotonya juga. Memang, angel ini merupakan sesuatu diluar aplikasi PhotoRoom. Oleh karena itu, setidaknya sobat Shipper harus tahu sedikit tentang angel sehingga mendapatkan foto produk katalog yang unik dan enak dilihat.

Caranya mudah saja. Sobat Shipper hanya perlu mencobanya sendiri. Atau mungkin lakukan beberapa pemotretan sampai mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan khawatir jika mengambil gambar dari banyak sudut, yang penting kamu mendapatkan hasil yang terbaik.

c. Gunakan Fitur Gratis

Banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan di aplikasi PhotoRoom ini. Ada beberapa yang berbayar, tapi tak sedikit juga fitur gratis yang bisa dimanfaatkan. Diantaranya sebagai berikut :

– Fitur Classic, untuk mengubah background. Sobat Shipper bisa mengubah latar foto produk katalog menjadi berwarna putih polos, atau mungkin dalam bentuk png. Selain itu pada fitur ini kalian bisa memindahkan posisi foto produk jadi lebih di tengah. Ulik lebih dalam di aplikasi PhotoRoom.

– Fitur Shadow, adalah sebuah fitur untuk membentuk bayangan sehingga gambar jadi lebih terkesan alami

– Fitur Kolase, untuk menggabungkan beberapa gambar di satu tempat yang sama

2. PiscArt : Aplikasi Editing untuk Mempercantik Foto Produk

Ini adalah salah satu aplikasi yang sangat populer dan biasanya tersedia di handphone kalian sebagai aplikasi editing foto dan video yang paling banyak fiturnya dan mudah digunakan. PicsArt bisa diunduh melalui Android maupun iOS.

Populer karena memiliki banyak fitur, serta pemakaian yang mudah ternyata bisa membantu kalian para pembisnis untuk membuat foto produk aesthetic loh! Bagaimana bisa? Ternyata fitur yang beragam milik PiscArt dapat membuat foto produk katalog kalian bisa lebih menjual. Dengan tambahan editing di PiscArt, foto akan terlihat lebih ceria dan hidup.

Selain itu, PsicArt juga dapat membantu Sobat Shipper untuk langsung memposting ke sosial media. Aplikasi ini sudah terhubung ke sosial media, sehingga mempermudah sobat shipper untuk bergerak dengan cepat.

a. Pilih Warna Background yang Sesuai

Setelah tahap editing di aplikasi PhotoRoom, Sobat Shipper bisa melanjutkan editing di aplikasi PiscArt. Langkah awal adalah memilih warna background atau latar untuk katalog yang ingin di posting si sosial media nanti.

Pemilihan background untuk katalog produk bisa disesuaikan dengan produk apa yang akan dijual. Misalnya, sobat shipper adalah penjual makanan dengan foto produknya kripik. Sobat Shipper bisa mencocokan warna latar dengan produknya, karena produknya berwarna merah bisa dibuat nuansa pedas dengan warna orange atau mungkin kuning.

Ingat, pemilihan latar harus bisa menonjolkan produk bukan menutupnya. Maksudnya apa? Dalam pemilihan latar, Sobat Shipper harus bisa mengetahui warna-warna yang cocok di mata sehingga nanti fotonya tidak “mati”.

b. Hias Backgorund dengan Fitur yang Ada

Setelah selesai memilih warna backgorun yang cocok, masuk ke tahap hias menghias. Pada tahap ini, Sobat Shipper membutuhkan kreatifitas kalian. Gunakan kreasi kalian untuk membuat foto produk katalog kalian lebih hidup.

Misalnya masih dengan foto produk kripik. Sobat shipper bisa mencari stiker yang sesuai dengan nuansa yang ingin kalian buat. Karena ingin membuat suasana pedas, bisa ditambahkan matahari supaya terkesan panas. Mungkin asap-asap dari makanan juga bisa dimasukan. Intinya pada tahap ini, sobat Shipper harus bisa menggunakan kreatifitas kalian.

Apa saja fitur yang bisa dimanfaatkan di aplikasi PiscArt ini? Ini adalah beberapa fitur gratis yang bisa sobat Shipper manfaatkan :

– Pembuatan Kolase adalah fitur untuk menyatukan beberapa gambar menjadi satu. Bisa dalam struktur atau juga disusun sendiri.

– Efek dan Filter foto adalah fitur untuk menambahkan warna yang berbeda. Ada banyak pilihan filter yang bisa dipakai. Sobat Shipper juga bisa mengatur sendiri efeknya sendiri. Mulai dari blur, warna sampai efek artistik lainnya.

– Stiker adalah fitur yang mempermudah sobat shipper untuk menempelkan gambar di gambar lainnya. Ada banyak pilihan stiker gratis yang disediakan PiscArt. Atau sobat shipper juga bisa menambahkan stiker sendiri.

– Alat Gambar adalah fitur yang memudahkan kita untuk menambahkan sebuah bentuk baru, biasanya yang kita gambar sendiri.

c. Impor Foto Produk PNG

Setelah selesai menghias maka tahap terakhir adalah mengimpor foto produknya. Kenapa ada di tahap terkahir? Ini diletakan di tahap terkahir agar produk lebih menonojol. Selain itu, ini juga memudahkan Sobat Shipper dalam menentukan apakah hiasannya cocok atau tidak.

Sobat shipper bisa meletakan foto produk dengan format PNG di tempat yang sesuai. Bisa di tengah atau mungkin dibuat duplikat di berbagai tempat. Intinya, sobat shipper harus membuat produknya lah yang utama untuk dilihat konsumen.

Ini dia, dua aplikasi yang bisa Sobat Shipper gunakan untuk foto produk katalog. Mudah bukan? Tak perlu alat mahal untuk mendapatkan sebuah foto produk katalog yang berkualitas. Membuat katalog memang tidak mudah, butuh banyak referensi. Tapi yang paling penting adalah dari pembisnis juga mau mengeksplorasi sendiri.

Setelah asik membuat foto katalog, jangan lupakan juga bagian terpenting. Apa itu? Setelah ada pembeli, bagaimana pengirimannya? Gunakan Shipper! Kenapa Shipper? Karena Shipper memberikan harga terbaik yang bisa pada pembisnis dapatkan. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id