7 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik

0
56
cara membuat deskripsi produk

Deskripsi produk tidak cukup berisi nama produk saja, Sobat Shipper. Deskripsi produk merupakan langkah awal yang penting untuk menarik minat konsumen yang sedang mencari informasi produk yang mereka butuhkan. Deskripsi produk sangat penting dalam strategi pemasaran khususnya dalan jualan online. Sebab, dalam jualan online konsumen tidak bisa melihat langsung produk dan hanya mengetahui info produk dari deskripsinya. Tujuan teknik copywriting yaitu membuat deskripsi produk yang jelas, padat dan dapat menarik minat pembeli. 

Copywriting adalah cara atau teknis penulisan yang digunakan dalam strategi pemasaran online bertujuan membujuk atau menarik minat audiens berdasarkan target pasar yang ditentukan. Teknik copywriting penting dalam pemasaran mulai dari branding, mempromosikan produk, berinteraksi dengan pelanggan dan sebagainya. Di kesempatan kali ini kita akan lebih fokus membahas mengenai teknik copywriting untuk membuat deskripsi produk yang menarik. Mari simak caranya!

1. Fokus pada Siapa Target Konsumen yang Dituju

Deskripsi produk harus bisa menarik minat konsumen. Maka dari itu, perlu teknik copywriting untuk menghasilkan deskripsi produk yang berisi informasi sesuai kebutuhan target pasar. Gaya bahasa yang digunakan bisa berbeda berdasarkan siapa target konsumen produk tersebut. Sobat Shipper perlu memahami karakter calon pelanggan, meliputi rentang usia, minat, jenis kelamin, kebutuhan dan sebagainya. 

Tanpa memperhatikan siapa target pasar kamu deskripsi produk menjadi kurang spesifik sehingga kurang efektif untuk menarik target konsumen yang potensial. Pilihlah gaya bahasa yang cocok sesuai target konsumen kamu. Pilihan gaya bahasa yang tepat pada deskripsi produk sebagai langkah awal membangun hubungan baik antara penjual dan pembeli.

Sebagai contoh jika kamu menjual produk ibu dan anak untuk target konsumen para ibu muda, maka sapaan yang cocok adalah “Bunda”. Gaya bahasa yang digunakan bisa lebih santai dan tidak terlalu formal. 

2. Memahami Manfaat dan Keunggulan Produk dengan Baik

Jangan membuat deskripsi tanpa mengetahui manfaat dan keunggulan produk dengan baik. Deskripsi dari produk menjadi tidak berguna jika informasi di dalamnya tidak sesuai dan tidak akurat. Hal ini justru bisa menyebabkan kekecewaan pelanggan. Info dalam deskripsi produk juga harus seimbang, tulislah manfaat dan keunggulan produk secukupnya dengan padat dan jelas. Maka dari itu, penting memahami teknik copywriting dalam menulis deskripsi produk yang menjual. 

Teknik copywriting yang pertama dalam membuat deskripsi produk adalah mengetahui manfaat dan keunggulan. Bagian manfaat dan keunggulan produk sebaiknya disebutkan secara singkat dan jelas dalam deskripsi produk. Sebab, bagian ini adalah hal yang paling dicari dan dibutuhkan oleh konsumen. Konsumen akan lebih mudah memutuskan membeli suatu produk yang jelas manfaat dan keunggulannya sesuai dengan kebutuhan mereka. 

3. Gunakan Bahasa yang Tidak Kaku

Deskripsi dari produk yang menarik bisa dilihat dari cara pemilihan kata-kata dan gaya bahasanya. Usahakan untuk memilih gaya bahasa yang tidak kaku dan sesuaikan dengan image brand dan target konsumen kamu. Jika target konsumen kamu adalah kaum milenial sebaiknya tidak menggunakan gaya bahasa resmi karena akan terasa membosankan. 

Khususnya dalam jualan online pelanggan tidak bisa langsung bertanya pada penjual tentang info produk yang dibutuhkan. Di sinilah pentingnya deskripsi produk sebagai sumber informasi calon konsumen. Aturlah pemilihan kosa kata dan berikan sentuhan emosional dengan tata bahasa yang baik. Gunakan kalimat yang mudah dicerna oleh target konsumen supaya mereka bisa membayangkan tentang keunggulan produk dan menemukan alasan yang tepat untuk membelinya.  

4. Hindari Menulis Deskripsi Produk yang Terlalu Panjang

Teknik copywriting untuk membuat deskripsi untuk produk sebenarnya tidak terlalu sulit. Tips utamanya adalah isi deskripsi produk harus jelas, padat, menarik dan tidak bertele-tele. Hindari pengulangan informasi yang tidak perlu hanya karena ingin deskripsi produk kamu tampak panjang. Sebaiknya deskripsi produk dibuat secukupnya dan cukup jelas agar maksudnya bisa diterima oleh pelanggan. 

Apa saja yang bisa ada dalam deskripsi selain nama produk? Kamu bisa memasukkan keunggulan produk dibanding produk sejenis, bahan atau komposisi, untuk siapa produk tersebut ditujukan. Selain itu jika produk punya banyak varian seperti warna dan ukuran pastikan kamu memasukkan informasi ini ke dalam deskripsi agar pelanggan tidak salah pilih. Sebagai tambahan informasi kamu bisa menambahkan cara perawatan atau cara pemakaian produk jika diperlukan. 

Kamu bisa membuat deskripsi produk lebih mudah dibaca dengan menandai beberapa hal penting. Contohnya menggunakan huruf tebal untuk bagian yang penting seperti nama produk atau keunggulan produk. Selain itu, kamu bisa menggunakan bullet atau numbering untuk menjelaskan poin-poin penting dari deskripsi produk tersebut.

5. Jangan Meniru Deskripsi Produk Kompetitor

Teknik copywriting yang baik dibutuhkan untuk membuat deskripsi dari produk kamu menjadi unik. Hindari meniru deskripsi produk kompetitor walaupun produk yang kalian jual hampir sama. Sebab, setiap produk pasti memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Keunikan dan keunggulan ini adalah nilai jual yang harus kamu beritahu kepada pelanggan.

Jika kamu meniru deskripsi produk kompetitor pelanggan tidak bisa mengetahui keunggulan produk yang kamu jual. Maka, pembeli juga tidak punya cukup alasan untuk memilih produk yang kamu jual sebagai pilihan terbaik dibanding produk kompetitor. 

6. Tambahkan Kata Kunci SEO

Salah satu tujuan strategi pemasaran online menggunakan copywriting adalah untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial menggunakan cara penulisan yang efektif. Tujuan copywriting untuk menjaring lebih banyak calon pelanggan akan semakin efektif menggunakan kata kunci SEO (Search Engine Optimization). SEO berguna untuk optimasi website agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. 

Pilihlah kata kunci yang relevan dan banyak dicari oleh pengguna internet. Sobat Shipper bisa mencari kata kunci yang tepat menggunakan tools Google Trend atau keyword tools lainnya. Kata kunci harus cocok dengan produk dan target konsumen agar penggunaannya dalam copywriting menjadi optimal.  

7. Pastikan Isi Deskripsi Sesuai dengan Produknya

Deskripsi produk yang baik harus bisa mewakili produk yang dipasarkan secara jelas dan akurat. Hindari menuliskan informasi yang tidak berhubungan dengan produk karena akan membuat deskripsi menjadi sia-sia. Jadi, tuliskan secukupnya sesuai dengan fakta yang ada. Buatlah pelanggan merasa tertarik dan yakin dengan produk yang kamu tawarkan tanpa informasi berlebihan.

Jangan sampai karena ingin menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, kamu membuat informasi berlebihan. Misalnya menambahkan komposisi produk yang ternyata tidak bisa ditemukan dalam produk tersebut. Hal ini akan membuat pelanggan kecewa terhadap kualitas produk tersebut dan memberi image buruk terhadap brand atau toko online kamu.

Sobat Shipper, sudah lebih paham tentang teknik copywriting untuk membuat deskripsi produk? Sebagai referensi kamu bisa pelajari deskripsi produk dari brand-brand besar. Selain deskripsi produk yang baik untuk menarik minat pelanggan, layanan pengiriman yang profesional juga penting dalam perkembangan bisnis onlineShipper adalah layanan pengiriman berpengalaman dengan banyak pilihan ekspedisi terkemuka yang bisa kamu pilih. Percayakan kebutuhan layanan pengiriman produk yang aman sampai ke alamat pelanggan kepada Shipper. Untuk tahu lebih banyak mengenai keunggulan Shipper kamu bisa mengunjungi websitenya di shipper.id!