Hindari 3 Kesalahan Kirim Paket Keluar Negeri Berikut Ini

0
70

Ketika hendak kirim paket keluar negeri, tentu harapannya bahwa paket kita akan sampai tujuan dengan aman dan tepat waktu. Paket yang sampai tepat waktu dan dalam kondisi aman akan menghindarkan komplain dari si penerima.

Bagaimana jika barang yang dikirimkan tidak tiba tepat waktu padahal akan digunakan untuk produksi? Tentu hal ini dapat mengakibatkan kerugian baik waktu maupun biaya.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika kirim paket keluar negeri.

1. Alamat yang Salah

Alamat tujuan akan menentukan seberapa cepat paket kamu sampai ke lokasi dan berapa banyak kamu harus membayar ke jasa ekspedisi supaya paket yang dikirim dapat sampai ke alamat tujuan tepat waktu. 

Jika kamu tidak mengecek alamat dengan benar, ini mungkin dapat membuat kesalahan dalam pengiriman. Kamu bisa jadi membayar lebih dari jumlah ongkos kirim yang harus dibayar. Atau hal buruk yang bisa terjadi adalah paket mungkin akan dikembalikan kepada kamu, sehingga kamu perlu kembali mengirim paket.

Karena kesalahan ada pada pengirim, maka kamu mungkin bertanggung jawab untuk membayar ongkos kirim tersebut. Sebagai contoh untuk pengiriman paket ke luar negeri adalah kesalahan dalam penulisan ZIP code yang sering kali menjadikan pengiriman barang menjadi bermasalah.

2. Packing yang Salah

Setiap barang biasanya memiliki standar khusus kemasan yang dipakai, entah itu barang jenis cair, ags, ataupun padat. Pengemasan merupakan hal yang penting yang sering kali diabaikan oleh si pengirim. Oleh karena itu, banyak barang akan ditolak ketika akan dikirim.

Gunakan kemasan yang tepat. Kemasan akan melindungi paket barang yang kamu kirimkan. Selain itu, packing yang rapi juga akan membantu kamu membangun citra dan identitas brand kamu. terkadang, ketika melihat kotak review, konsumen juga akan ikut berkomentar mengenai packingan yang dikirim.

Gunakanlah packing dengan kemasan yang sesuai untuk item yang kamu kirim. Penggunaan kemasan gelembung akan sangat membantu, apalagi untuk produk kirim paket keluar negeri.

Selain dihitung dari berat paket yang akan dikirimkan, biaya pengiriman paket juga dihitung pula dimensi paketnya, jadi pengiriman paket akan dihitung juga berdasarkan satuan kubik, yaitu berat dan dikenakan biaya pula pada pengukuran tinggi, lebar, dan panjang paket yang dikirimkan.

Jika Anda menggunakan kemasan yang terlalu besar, maka biaya pengiriman tentu akan bertambah.

3. Salah Pelabelan

Label pada paket berisi informasi penerima, termasuk nama penerima, nomor telepon, berat paket, zona pengiriman, dan sebagainya. Tulislah label sesuai dengan paket yang akan dikirimkan. Jika detail pada label paket salah dan tidak akurat, bukan tidak mungkin paket kamu tidak bisa dikirimkan atau bahkan status pengirimannya terhambat.

Kesalahan pelabelan saat kirim paket keluar negeri juga dapat mengakibatkan paket tertukar dan yang paling mengganggu adalah bukannya sampai tujuan, paket menjadi hilang.

Salah satu jasa ekspedisi yang bisa kamu jadikan pilihan, adalah Shipper. Memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya! Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di sini