Hal Penting dan Cara Ekspor Makanan ke Luar Negeri

0
589

Pelaku UMKM perlu tahu bahwa cara ekspor makanan ke luar negeri ternyata tidak sulit. Pemerintah sangat mendukung kegiatan ekspor bagi pemilik usaha mikro, kecil dan menengah. Tak jarang pemerintah mengadakan pemeran UMKM untuk menarik perhatian calon pembeli internasional. Dari banyak produk ekspor Indonesia, produk makanan ternyata cukup banyak peminatnya.

Sobat Shipper sebagai pelaku bisnis usaha makanan tentu ingin bisa menembus pasar dunia. Hal ini bukan mustahil, dengan perkembangan teknologi digital saat ini aktivitas ekspor impor lebih lancar. Sebelum masuk ke pembahasan cara ekspor maknanan ke luar negeri mari kita bahas beberapa hal terkait perdagangan ekspor bisnis kuliner atau makanan ini. 

Jenis Makan Paling Laris Manis di Luar Negeri

Ketika Sobat Shipper ingin produknya masuk ke pasar internasional sebaiknya tahu dulu jenis produk apa yang populer. Indonesia punya beragam komoditi eskpor dalam bidang kuliner dan pangan. Beberapa diantaranya termasuk produk paling banyak dicari oleh negara lain. 

Berikut adalah produk makanan unggulan Indonesia berdasarkan pemaparan Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Jerry Sambuaga. 

  1. Udang Kemasan

Udang kemasan dari Indonesia ternyata banyak dimintai oleh negara lain. Amerika Serikat dan Jepang sebagai negara paling banyak menerima produk ekspor udang kemasasan Indonesia. 

  1. Kopi Instan

Produk makanan di posisi kedua terlaris di pasar global adalah kopi instan asal Indonesia. Tak heran, sebab kualitas kopi dari Indonesia telah diakui oleh dunia. Selain itu, kopi Indonesia juga punya banyak varian yang khas. 

  1. Mi Instan

Mi Instan di Indonesia mungkin dianggap sebagai makanan untuk kalangan menengah ke bawah. Berbeda dengan di luar negeri, mi instan asal Indonesia menjadi primadona karena dinilai punya cita rasa yang unik. 

  1. Makanan Ringan 

Ekspor makanan ringan di Indonesia banyak dilakukan oleh UMKM. Indonesia sangat kaya akan jenis bahan pangan yang potensial diolah menjadi makanan ringan yang unik. Makanan ringan seperti wafer, biskuit dan keripik laris manis di pasar internasional. 

  1. Camilan Buah dan Kacang

Camilan buah contohnya seperti manisan buah. Olahan kacang seperti kacang tanah, kacang oven dan lain-lain. Ini juga bisa menjadi ide bisnis kuliner bagi Sobat Shipper yang ingin mencoba memasarkan produk ke luar negeri. 

  1. Saus

Indonesia punya ciri khas saus yang berbeda. Sebab, saus di Indonesia umumnya terinspirasi dari sambal. Saus sambal matah, saus sambal terasi dan aneka saus sambal lain banyak dicari di luar negeri. Sobat Shipper bisa menjadikan olahan saus sambal sebagai ide bisnis kuliner yang mendunia

  1. Olahan Cokelat

Produk olahan cokelat dari Indonesia termasuk produk terlaris. Jika Sobat Shipper sedang mencari tahu cara ekspor makanan ke luar negeri maka bisa coba memasarkan produk olahan cokelat. Cokelat bisa diolah jadi minuman instan, kue, biskuit, dan aneka kuliner unik lainnya. 

  1. Jus Buah 

Indonesia kaya akan aneka buah tropis yang sulit ditemui di negara lain. Buah tropis seperti nanas, mangga, manggis hingga durian yang diolah menjadi jus segar sangat diminati oleh konsumen internasional. Jus buah menjadi alternatif menikmati kesegaran buah-buahan unik yang sulit ditemukan di negara mereka. Dari sekian banyak jenis jus, jus nanas paling laris manis.

  1. Kembang Gula

Kembang gula atau permen dari Indonesia juga sudah banyak yang masuk pasar Internasional. Jika Sobat Shipper tertarik mencoba bisnis ekspor makanan olahan Indonesia maka bisa mempertimbangan inovasi produk kembang gula ini. 

  1. Olahan Makanan Tepung

Olahan makanan tepung mulai dari camilan, makanan kering hingga makanan frozen food juga punya potensi besar sebagai produk ekspor.

Negara Potensial untuk Ekspor Makanan 

Setelah mengetahui jenis produk makanan, kita bahas sedikit negara tujuan yang potensial untuk bisnis ekspor Indonesia. Negara paling banyak menerima produk dari Indonesia yaitu Amerika Serikat dan Jepang. Selanjutnya, ada negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.Produk kopi instan Indonesia banyak dibeli oleh negara Uni Emirat Arab, China dan Singapura. 

Cara Ekspor Makanan ke Luar Negeri

Sobat Shipper saatnya mengetahui cara ekspor makanan ke luar negeri. Sebenarnya, cara ekspor makanan tidak berbeda dengan mengekspor produk lain. Justru cenderung lebih mudah karena bukan jenis barang ekspor yang dibatasi. Sehingga, Sobat Shipper lebih mudah mengurus izin ekspor makanan. 

  1. Pahami Syarat Ekspor Produk Makanan 

Hal pertama yang perlu diketahui dalam cara ekspor makanan ke luar negeri adalah syarat dan prosedurnya. Produk makanan punya syarat ekspor khusus yaitu sebagai berikut.

  • Makanan dalam kemasan dari produsen asli
  • Makanan sudah memiliki sertifikasi BPOM
  • Kemasan produk tersegel dan tidak mudah rusak
  • Kemasan memuat informasi komposisi bahan atau ingredients
  • Masa simpan makanan ekspor minimal 6 bulan dan tercantum tanggal kedaluwarsa

Apakah produk yang ingin Sobat Shipper pasarkan ke luar negeri sudah memenuhi syarat di atas? Jika sudah mari lanjut ke cara ekspor makanan ke luar negeri berikutnya. 

  1. Langkah-Langkah Mempersiapkan Ekspor Makanan

Supaya lebih mudah dipahami mari kita bahas langkah demi langkah untuk memulai bisnis ekspor makanan ke luar negeri. 

  • Pastikan produk bukan barang yang dilarang ekspor ke negara tujuan
  • Mencari pembeli dari luar negeri bisa melalui ekspor langsung dan tidak langsung. Eskpor langsung bisa dilakukan melalui website toko online atau bergabung di e-commerce global. Sedangkan, ekspor tidak langsung membutuhkan perantara antara eksportir dan calon pemebeli di luar negeri. 
  • Menyiapkan dokumen-dokumen ekspor yang dibutuhkan seperti sales contract yang berguna untuk pencairan dana dari letter of credit (L/C) di bank. Dokumen lain seperti purchase order, dokumen ekspor dan commercial invoice
  • Menyiapkan asuransi barang jika pembeli menggunakan metode pembayaran Cost, Insurance and Freight (CIF).
  • Mengurus pemberitahuan ke Bea dan Cukai dengan dokumen Pemberitahuan Produk Ekspor (PEB)
  • Setelah barang disetujui oleh Bea dan Cukai, selanjutnya menyiapkan pengiriman barang ke negara tujuan. 
  • Jika menggunakan sistem L/C langkah selanjutnya adalah pencairan dana dan pemeriksaan dokumen, 
  • Jika pembayaran dan pemeriksaan dokumen sudah selesai maka barang diterima oleh importir dan eksportir mendapat bayaran dari transaksi perdagangan internasional ini. 

Sobat Shipper semoga penjelasan ini dapat membantu dan memudahkan Sobat Shipper yang ingin tahu cara ekspor makanan ke luar negeri. Agar proses ekspor makanan berjalan lancar pilih ekspedisi terpercaya. 

Shipper memberikan jaminan keamanan untuk pengiriman produk ke luar negeri dalam jumlah sedikit maupun banyak. Shipper juga memberikan pilihan ekspedisi profesional yang bisa Sobat Shipper pilih. Jangan khawatir soal harga, karena Shipper memberikan penawaran harga kompetitif.