Ketahui 3 Cara Mudah Cek Resi Semua Ekspedisi

0
889

Hadirnya resi otomatis tak dipungkiri membuat pelaku usaha kian mudah saat cek resi all ekspedisi. Sayangnya, Sobat Shipper yang masih jadi dropshipper mungkin bakal kesulitan memakai fitur tersebut. Pasalnya resi otomatis mengharuskan penjual melakukan input nomor resi, sedangkan dropshipper tak menangani pengemasan paket.

Meski begitu, masih ada tips resi untuk dropshipper yang bisa Sobat Shipper aplikasikan, kok. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Memesan lewat website supplier

Langkah pertama yang dapat Sobat Shipper lakukan adalah melakukan pemesanan melalui website yang dikelola supplier alih-alih marketplace. Tujuannya adalah mencegah munculnya dua kode booking yang bakal membingungkan cek resi all ekspedisi.

Adapun langkah-langkah yang bisa Sobat Shipper ikuti mencakup:

  • Lakukan pemesanan (order) kepada supplier yang bersangkutan. Selain lewat website, tahap ini bisa dilakukan lewat aplikasi chatting seperti WhatsApp atau Telegram;
  • Kirimkan detail pesanan selengkap mungkin, termasuk alamat pelanggan dan kode booking;
  • Minta kepada pihak supplier untuk mencantumkan kode booking dan beritahu bahwa pesanan tersebut memakai fitur resi otomatis;
  • Begitu selesai, Sobat Shipper tinggal memantaunya lewat dasbor pesanan barang yang ada di marketplace.

2. Mengirimkan paket dobel (tanpa website)

Supplier yang memasok barang tak punya website atau tak melayani pesanan lewat aplikasi chatting? Dropshipper masih bisa mengakalinya dengan langkah-langkah berikut untuk memungkinkan cek resi all ekspedisi.

  • Lakukan pemesanan ke supplier melalui marketplace. Cantumkan detail pesanan beserta alamat lengkap pelanggan;
  • Kemudian, beritahukan kepada pelanggan bahwa mereka akan mendapatkan dua paket. Antara lain paket barang dan bonus berupa voucher, nota, ucapan terima kasih, atau gift;
  • Bonus yang dikirimkan ke alamat pelanggan akan memakai kode booking yang terdapat pada pesanan barang pelanggan;
  • Secara otomatis nomor resi paket ekspedisi akan diperbarui pada dasbor pesanan.

Baca juga: Resi Otomatis, Fitur yang Bikin Proses Kirim Barang Semakin Cepat!

3. Mengirimkan paket ke alamat sendiri

Dibandingkan dua cara sebelumnya, metode ini memang sekilas merepotkan. Ketika barang pelanggan dikirimkan ke alamat Sobat Shipper, maka barang tersebut harus dikemas ulang untuk diteruskan ke alamat pelanggan. Jadi, cek resi all ekspedisi bisa dilakukan.

  • Lakukan pemesanan barang ke pihak supplier memakai detail pesanan pelanggan. Bedanya, detail alamat yang Sobat Shipper cantumkan adalah alamat rumah sendiri;
  • Begitu paket sampai di alamat Sobat Shipper, buka dan pastikan kondisi barang masih bagus. Lantas kemas ulang dengan mencantumkan kode booking dari pesanan pelanggan;
  • Kirimkan barang tersebut memakai kurir sesuai pesanan ke alamat pelanggan.

Jika Sobat Shipper memakai cara di atas untuk mendapatkan nomor resi barang ekspedisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain jarak antara rumah Sobat Shipper dengan pelanggan masih berada di satu kota dan waktu pengirimannya tak sampai satu hari. Pastikan juga profit yang nantinya Sobat Shipper lebih dari Rp50.000 supaya tak rugi bayar ongkir dua kali.

Cek resi all ekspedisi pun bakal semakin lancar kalau Sobat Shipper memilih jasa pengiriman yang profesional. Dalam hal ini, Shipper patut dipertimbangkan karena sudah terbukti mampu mengantarkan paket ke seluruh Indonesia. Apalagi tarif yang ditawarkan sangat bersahabat.

Untuk urusan tracking barang, Shipper juga menyediakan fitur yang bisa Sobat Shipper akses secara online, lho! Jadi begitu barang dikirim, nomor resinya bisa segera di cek untuk melihat posisi secara real time. Silakan buka www.shipper.id/tracking kalau Sobat Shipper ingin tahu lebih banyak seputar layanan shipping mereka!


Baca juga: Keunggulan Shipper Sebagai Situs Cek Resi Pengiriman Online