6 Tips Cara Cek Ongkir dengan Mudah yang Perlu Diketahui

0
249

Siapa yang tak mau dapat gratis ongkir saat belanja online? Bentuk promosi yang ramai ditawarkan marketplace dan e-commerce ini dianggap bakal meringankan biaya yang harus dibayar. Khususnya buat kamu yang ingin membeli barang dari tempat yang lumayan jauh.

Promosi gratis ongkir memang tak muncul sepanjang waktu, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu pasti bisa mendapatkannya. Bagaimana caranya? Simak rangkaian tipsnya berikut ini!

1. Manfaatkan kupon atau voucher

Langkah termudah mendapatkan gratis biaya kirim adalah memanfaatkan kupon atau voucher. Kedua promo ini sering dijumpai di sejumlah marketplace atau e-commerce untuk pembelian tertentu. Sebelum check out atau menuntaskan transaksi, periksa kode atau voucher untuk gratis ongkir yang umumnya disediakan pada kolom pembayaran. Peluang ini bisa kamu gunakan selama sudah memenuhi syarat yang diberlakukan, misalnya pembelian senilai harga tertentu.

2. Belanja online di momen-momen tertentu

Seperti yang disinggung, penawaran gratis ongkir hanya muncul di waktu-waktu tertentu. Sejumlah marketplace dan toko online sering memakai hari raya atau momen liburan seperti Idulfitri, Natal, atau Tahun Baru untuk membagikan promosi-promosi menggiurkan bagi konsumen. Jadi, kalau kamu sedang mengincar barang tertentu, tunggu dulu sampai tempat yang menjualnya melepaskan biaya kirim secara cuma-cuma.

3. Penuhi syarat dan ketentuan yang berlaku

Cara berikutnya yang membantumu mendapatkan gratis ongkir adalah memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sejumlah marketplace dan e-commerce biasanya hanya menyediakan promo tersebut untuk jenis barang atau kategori tertentu. Kemudian, kuantitas barang pun kadang dijadikan salah satu syarat yang sebaiknya kamu penuhi. Namun pastikan kamu benar-benar membutuhkannya, bukan sekadar pengin dapat promo ongkir gratis.

Baca juga: 5 Langkah Cara Cek Resi Belanja Online yang Perlu Kamu Ketahui

4. Rajin cek marketplace atau toko online

Mengingat gratis ongkos kirim merupakan salah satu metode menaikkan untung, para penjual atau merchant kerap menghadirkannya secara berkala. Akan tetapi, karena tak ada pengumuman sebelum dinaikkan, promo tersebut kadang sudah hangus saat hendak kamu gunakan. Oleh karena itu, kamu harus inisiatif rajin mengecek marketplace atau toko online. Kalau beruntung, gratis ongkir bisa segera dipakai buat transaksi yang dilakukan.

5. Periksa ulang harga barang yang dibeli

Simpel, tetapi bakal berpengaruh besar terhadap keberhasilanmu membeli barang tanpa harus membayar ongkir. Pasalnya, sejumlah toko online sudah memasukkan biaya ongkos kirim ke dalam harga barang, sehingga mereka berani menawarkan promosi tersebut. Kamu bisa mengenalinya dari harga barang yang cenderung lebih tinggi saat dibandingkan dengan toko lain. Namun kalau kamu merasa tak dirugikan, silahkan pakai peluang tersebut.

6. Cek jasa ekspedisi yang mengirim barang

Penyedia jasa pengiriman barang yang bekerjasama dengan marketplace atau toko online tak jarang menawarkan gratis ongkir bagi konsumen. Jadi kalau penjual tak memberlakukan penawaran tersebut, kamu bisa periksa dulu layanan yang diberikan perusahaan shipping bersangkutan. Pelajari juga syarat dan ketentuan yang mereka berikan. Jangan sampai kamu menyesal karena barang lama sampai atau ‘tersesat’ di tempat lain.

Salah satu perusahaan pengiriman barang yang rutin memberikan banyak penawaran menarik adalah Shipper. Selain tarif yang sebenarnya sudah terjangkau, Shipper membuka kesempatan bagi konsumen untuk mengirimkan barang tanpa beban ongkos kirim. Kabar baik lainnya, tujuan pengiriman yang mampu dijangkau Shipper tak hanya meliputi Indonesia, tetapi sampai luar negeri!

Mau tahu seperti apa syarat dan ketentuan gratis ongkir Shipper? Cek langsung di https://shipper.id

Baca juga: 5 Tips Belanja Online Selama Pandemi Agar Tetap Aman