Murah dan Efektif, Segini Biaya Beriklan di Facebook Ads!

0
97
biaya iklan facebook ads

Facebook Ads merupakan salah satu platform iklan yang cukup populer. Selain karena didukung dengan pengguna Facebook yang begitu melimpah, biaya yang ditawarkan Facebook Ads juga cukup terjangkau.

Selain itu, kita juga bisa menentukan sendiri biaya yang akan dikeluarkan dengan mengatur segala hal yang berhubungan dengan konten iklan. Nah, kami akan membahas lebih lengkap tentang Biaya Facebook Ads hingga Tips Meminimalisir Biayanya. Berikut ulasannya.

Biaya Facebook Ads 

Sebenarnya tidak ada patokan asli tentang biaya Facebook Ads. Hal ini disebabkan harga iklan Facebook sangat tergantung pada apa yang kita pilih untuk konten iklan. Semisal, Sobat Shipper berniat meningkatkan trafik website dengan memilih Cost Per Click (CPC), maka kamu akan membayar sekian rupiah sesuai dengan jumlah klik nantinya. 

Namun, menurut rilis dari Facebook Business, biaya untuk beriklan di Facebook berkisar antara $50 hingga $50.000 per minggu nya. Jika dikonversikan ke rupiah, kamu bisa mulai beriklan mulai dari Rp 10 Ribu per harinya, lho!

Cara pembayaran Facebook Ads juga relatif mudah. Ada dua jenis pembayaran, yaitu menggunakan kartu debit dan kredit. 

Faktor yang Menentukan Biaya Facebook Ads

Karena tidak ada patokan umum mengenai biaya Facebook Ads, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor yang bisa menentukan biaya iklan Facebook.

Seperti social media ads lainnya, facebook ads juga menawarkan banyak fitur yang bisa kita pilih sendiri, sesuai dengan konten yang akan disajikan. Untuk itu, Sobat Shipper harus perhatikan baik-baik faktor berikut sebelum memutuskan untuk memasang iklan di Facebook.

  1. Tujuan Iklan

Memang bukan rahasia lagi jika Facebook Ads sangat efektif untuk segala jenis tujuan social media marketing. Entah untuk menjual produk atau jasa bisnismu, hingga meningkatkan trafik website, semuanya bisa dipilih dalam Facebook Ads.

Secara umum, tujuan Facebook Ads dibagi menjadi tiga, yaitu kesadaran/awareness, pertimbangan/consideration dan juga konversi/conversion. 

Untuk pilihan kesadaran, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan merk kamu. Sedangkan untuk pertimbangan, tujuannya lebih untuk meningkatkan feedback dari audiens, karena kontennya biasanya interaktif. Adapun konversi, cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan lewat website.

  1. Jenis Iklan Facebook

Faktor kedua yang sangat menentukan biaya iklan Facebook adalah jenis iklan yang dipilih. Facebook Ads memiliki sejumlah tipe dan jenis berbeda, diantaranya, CPC (Cost Per Click), CPM (Cost Per Mille), CPV (Cost Per View), CPV (Cost Per View), CPL (Cost Per Like).

Untuk CPC, kamu akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah klik yang dilakukan pengguna Facebook pada iklan bisnismu. Tipe yang satu ini cocok jika kamu ingin meningkatkan trafik website atau profile visit

Sedangkan CPM, kamu akan membayar per 1.000 penayangan iklan. Untuk CPV, iklan yang akan dibayar per satu kali penayangan, cocok untuk konten iklan berupa video.

Adapun CPA, adalah iklan berbayar ketika ada aksi yang dilakukan pelanggan di website. Yang terakhir ada CPL, sesuai namanya, perhitungan iklan ini berdasarkan jumlah like di halaman Faceook Business mu.

  1. Format Iklan

Seperti halnya social media ads lannya, Facebook juga menawarkan format konten iklan beragam. Dari mulai foto, video hingga slideshow. 

Untuk Facebook Photo Ad, konten iklan berupa satu foto yang memuat semua promosi yang ingin kamu tawarkan. Sedangkan bentuk video, berarti kamu perlu menyiapkan konten berupa video berdurasi tidak lebih dari 2 menit. 

Adapun jika kamu ingin mempromosikan konten lebih dari 1 foto, kamu bisa menggunakan format slideshow atau carousel. 

  1. Target Iklan

Faktor terakhir yang menentukan biaya Facebook Ads adalah target iklan yang dituju. Semakin luas jangkauan pasar, semakin besar biaya yang harus kamu bayarkan. 

Ada sejumlah kategori yang bisa mempersempit target pasar di Facebook Ads. Kamu bisa memilih target sesuai dengan jenis kelamin, usia dan lokasi. Adapun kategori lain yang bisa membuat target iklan menjadi lebih spesifik, seperti minat dan hobi pengguna Facebook.

Tips Meminimalisir Biaya Facebook Ads

Setelah mengetahui sejumlah faktor yang menentukan biaya Facebook Ads, Sobat Shipper tinggal menyiapkan konten iklan yang ingin dipromosikan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat meminimalisir biaya iklan Facebook. Berikut daftarnya.

  1. Membuat Iklan Kreatif dan Efektif

Kuantitas beriklan di Facebook tidak begitu menentukan keberhasilan iklan kamu, lho Sobat Shipper. Karena konversi keberhasilan iklan yang beragam, maka kualitas konten lah yang memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu iklan. 

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk membuat konten iklan sekreatif mungkin. Gunakan design yang atraktif dan modern supaya dapat menarik perhatian pengguna Facebook yang melihat iklan kamu.

Namun, jangan sampai sisi kreatif konten kamu, membuat audiens bingung ya. Jadi, faktor efektif dan pesan yang jelas juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Dengan konten menarik namun tetap efektif, kamu tidak perlu beriklan berkali-kali.

  1. Menguasai Target Pasar yang Spesifik

Memang benar bahwa target pasar yang kita pilih sangat menentukan biaya Facebook Ads. Namun, bukan berarti kita harus memilih jangkauan yang seluas-luasnya untuk menggaet banyak calon konsumen. 

Kamu hanya perlu membuat target audiens yang spesifik, dibanding memilih jangkauan yang luas. Semisal, kamu ingin memasarkan produk untuk lansia, maka tak perlu mempromosikan untuk panegguna Facebook yang masih remaja. 

Selain iklan mu tak akan efektif, budget yang dikeluarkan pun akan membengkak jika kamu memilih audiens yang terlalu luas. Maka dari itu, penting untuk mempelajari pasar yang ingin kamu tuju.

  1. Memahami Tools Facebook Ads Manager

Sebelum memutuskan memasang iklan online di facebook, ada baiknya kamu pelajari dengan betul semua tools yang ada dalam Facebook Ads Manager. Jangan terburu-buru untuk memulai sebelum mengauasai betul semua perangkat yang ada.

Alih-alih mendapat keuntungan dari beriklan, kamu malah bisa merugi akibat tidak paham cara memanfaatkan tools yang ada.

  1. Siapkan Budget Minimal dan Maksimal

Tips yang terakhir adalah menyiapkan budget minimal dan maksimal untuk iklan facebook mu. Kamu bisa menerapkannya untuk budget per hari atau per minggu bahkan per bulan. 

Dengan budget yang sudah ditentukan, kamu tidak akan kelebihan pengeluaran hanya untuk promosi di social media marketing ini. Jangan lupa untuk tetap patuh pada anggaran yang sudah kamu tetapkan supaya iklan yang kamu tawarkan efektif dan membawa keuntungan untuk akun Facebook Business mu.

Selain mengedepankan promosi produk di menggunakan social media ads, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Salah satunya dengan memilih jasa pengantaran yang tepat. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi websitenya di shipper.id!