Beragam Ukuran Konten Untuk Iklan Instagram

0
72
ukuran iklan instagram

Ukuran Iklan Instagram – Hadirnya media penyokong kegiatan pengiklanan layaknya Instagram Ads, telah banyak membantu kinerja bisnis para pengusaha. Tentunya, untuk menghasilkan iklan yang berkualitas dan juga sukses, akan ada banyak hal yang perlu diperhatikan dengan seksama pada tahap proses dibentuknya iklan.

Berbagai hal seperti ukuran banner, penulisan caption, dan penempatan detail konten pengiklanan lainnya, amat penting untuk Sobat Shipper tinjau untuk menciptakan kenyamanan dan ketertarikan pengunjung terhadap konten pengiklanan yang Sobat Shipper telah sajikan.

1. Meninjau Bentuk Pengiklanan pada Instagram Ads

IG Ads yang memiliki kepanjangan Instagram Ads adalah platform pengiklanan yang disuguhkan langsung oleh Instagram. Saat ini, Instagram telah menghadirkan berbagai fitur yang beragam untuk menunjang daya tarik dari postingan milik penggunanya. Sobat Shipper pun pasti tidak asing lagi dengan berbagai fitur layaknya IG Story, feed, reels, IG TV, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini kita akan meninjau ukuran iklan Instagram. Antara lain bentuk iklan yang akan ditinjau adalah iklan gambar, video, dan stories. Seperti apa saja ya … ketentuan ukuran pada berbagai jenis iklan berikut? Apakah semua ukurannya sama rata? Yuk, segera temukan jawabannya!

2. Jenis Iklan Gambar

Mari kita bahas dari jenis iklan gambar terlebih dahulu. Dimana jenis iklan yang satu ini dapat muncul di timeline Instagram. Ada tiga jenis ukuran yang akan kita bahas di iklan gambar ini. Seperti apa sajakah jenisnya? Yuk, kita mulai dari iklan gambar landscape.

a) Iklan Gambar Landscape

Pertama ada iklan gambar landscape. Dimana iklan ditampilkan dalam bentuk memanjang ke samping atau yang seringkali disebut horizontal. Iklan gambar landscape ini pun memiliki berbagai ketentuan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Dimana ukuran Instagram Ads yang dianjurkan terhadap penggunaan iklan landscape ini ialah 1200 × 628 pixel, minimal resolusi 600 × 315 pixel, dengan rasio sebesar 1,9 : 1, ukuran file maksimal 30MB, dan panjang caption yang  maksimalnya 2.200 karakter.

b) Iklan Gambar Square

Iklan gambar square atau berbentuk kotak ini, menjadi iklan yang paling umum untuk dijumpai oleh  pengguna Instagram. Maka dari itu, jenis iklan gambar square ini menjadi jenis yang favorit, dan populer untuk digunakan pada setiap jenis bisnis. Nah, untuk kamu yang tertarik menggunakan iklan dengan bentuk kotak ini, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Dimana ukuran iklan Instagram yang direkomendasikan terhadap penggunaan iklan square ini adalah 1080 × 1080 pixel, minimal resolusi 600 × 600 pixel, dengan rasio 1 : 1, ukuran file maksimal 30 MB, dan caption dengan maksimal 2.200 karakter.

c) Iklan Gambar Potrait

Saat ini, Instagram menyediakan tampilan potrait juga, lho. Dimana dengan tampilan portrait konten yang kamu sajikan dapat dilihat dengan menyeluruh karena memenuhi tampilan ponsel pengguna. Bagi kamu yang tertarik menggunakan iklan dengan bentuk potrait ini, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Ukuran iklan Instagram yang dianjurkan untuk jenis potrait ini adalah 1080 × 1350 pixel, resolusi 600 × 750 pixel, dengan rasio 4 : 5, ukuran file maksimal 30 MB, dengan maksimal penempatan caption sebanyak 2.200 karakter. Bagaimana? Tertarik menggunakan jenis-jenis iklan tersebut?

3. Jenis Iklan Video

Selanjutnya mari kita masuk untuk menelisik jenis iklan yang hadir dalam format video. Masih sama dengan format gambar, jenis iklan pada video terbagi menjadi tiga bagian. Seperti apa sajakah itu?

a) Iklan Video Landscape

Masih sama dengan format gambar, iklan yang dihadirkan pada jenis landscape ini disajikan dalam bentuk memanjang atau horizontal. Dengan jenis landscape ini iklan dapat tampil lebih luas, dan informasi pada konten video pun juga bisa disampaikan dengan baik dan jelas. Untuk menggunakan jenis landscape ini, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Yang mana iklan landscape ini dianjurkan memiliki ukuran sebesar 1200 × 628 pixel, resolusi minimal sebesar 600 × 315 pixel, rasio sebesar 1,9 : 1, dengan  maksimal file 4 GB, dan durasi video 120 detik atau 2 menit.

b) Iklan Video Square

Menyajikan konten iklan dalam bentuk kotak, jenis iklan video square ini menjadi salah satu jenis iklan yang lumrah untuk Sobat Shipper temui di Instagram. Dimana sebelum menggunakan jenis iklan yang satu ini, kamu perlu memperhatikan berbagai ketentuan sebagai berikut.

Ukuran konten direkomendasikan sebesar 1080 × 1080 pixel, resolusi minimal 600 × 600 pixel, rasionya 1 : 1, dengan ukuran file maksimal 4 GB, dan durasi video maksimal 2 menit.

c) Iklan Video Potrait

Masih sama seperti jenis potrait pada gambar, iklan video potrait ini juga memenuhi layar ponsel pengguna Instagram, sehingga caption tidak dapat terlihat. Maka dari itu, untuk menggunakan iklan video potrait ini, kamu perlu membuat konten dengan penjelasan yang jelas dan singkat, namun padat. Ketentuan yang penting untuk diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

Ukuran yang dianjurkan untuk jenis potrait ini adalah 1080 × 1350 pixel, resolusi 600 × 750 pixel, rasio 4 : 5, dengan ukuran file maksimal 4 GB, dan durasi video dengan maksimal 2 menit.

4. Jenis Iklan Stories

Jenis iklan stories menjadi jenis periklanan yang penting untuk kamu pertimbangkan saat menggunakan Instagram Ads. Karena jenis iklan stories yang satu ini menghadirkan fitur-fitur menarik, seperti GIF, stiker, tulisan, dan lain sebagainya. Nah, iklan Instagram Stories sendiri selanjutnya terbagi menjadi dua, yaitu iklan jenis gambar dan iklan jenis video.

Penasaran apa saja perbedaan dan ketentuan terhadap kedua jenis iklan stories ini? Yuk, langsung saja kita bahas.

a) Iklan Jenis Gambar

Pada Instagram stories atau yang juga akrab disapa Snapgram. Tampilan iklan gambar di fitur ini akan memenuhi layar ponsel milik pengguna Instagram. Ketika kamu telah memiliki pengikut lebih dari 10 ribu pengguna. Maka, fitur swipe up pada Instagram stories dapat dilakukan. Nah, untuk menggunakan jenis iklan gambar ini ada beberapa ketentuan yang penting untuk diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

Ukuran dari Instagram stories direkomendasikan sebesar 1080 × 1920 pixel, resolusi minimal 600 × 1067 pixel, rasio yang dianjurkan adalah 9 : 16, dengan penggunaan format JPG ataupun PNG, dan ukuran file yang memiliki maksimal 30 MB.

b) Iklan Jenis Video

Menampilkan audio atau suara yang bisa ditampilkan, menjadi nilai plus pada Instagram stories berjenis video.  Dimana dengan menampilkan suara, konten iklan yang disajikan tentunya dapat dihadirkan lebih menarik, efektif, dan efisien. Jika kamu tertarik untuk menggunakan iklan berjenis video ini, jangan lupa untuk memperhatikan berbagai ketentuan sebagai berikut.

Dimana ukuran dari video dianjurkan sebesar 1080 × 1920, minimal resolusi sebesar 720P, rasio yang dianjurkan adalah 9 : 16, dengan format MP4 atau MOV, dan ukuran file dengan maksimal 4GB.

Nah, Sobat Shipper itu dia jenis iklan yang bisa kamu gunakan dengan berbagai ketentuan yang beragam. Jadi kamu tertarik untuk menggunakan yang mana? Ukuran iklan Instagram tersaji dalam jenis yang beragam, dan dengan keunggulan yang beragam pula.

Saat periklanan yang kamu terapkan sudah mantap direalisasikan. Maka operasional bisnis tidak boleh dikesampingkan. Ya, Sobat Shipper bisa menerapkan penggunaan  jasa otomatisasi pengelolaan inventori dan alokasi stok yang baik. Dimana pemesanan dan stok barang bisa dikelola secara baik, dan invertori produk dapat diatur secara otomatis.

Maka dari itu, Atoor hadir untuk menghadirkan bantuan. Dimana Atoor telah menyediakan berbagai bentuk tools yang membantu pengelolaan operasional bisnis. Harganya kompetitif, kualitasnya pun terjamin. Yuk, langsung saja cek informasi menarik tentang Atoor di Shipper.id!