6 Tipe Aplikasi Android yang Harus Anda Gunakan Untuk Bisnis Online

0
111

Dalam melakukan usaha online kecil-kecilan, penggunaan aplikasi Android saja sudah cukup. Tapi untuk memastikan layanan kamu maksimal, kamu harus bisa gunakan banyak aplikasi usaha. Mari bahas disini soal 6 tipe aplikasi Android untuk bisnis yang harus kamu gunakan dan kuasai:

Baca juga: ShipperHack 2021 Berhasil Ciptakan Aplikasi Gudang Pintar Guna Mendukung Digitalisasi Sektor Logistik yang Berkelanjutan

Aplikasi Chatting

Untuk kemudahan komunikasi dengan pelanggan, sangat disarankan kamu memiliki lebih dari satu aplikasi chatting. WhatsApp dan Telegram adalah pilihan standard. Tapi opsi lain seperti Line juga bisa digunakan juga.

Aplikasi Marketplace

Aplikasi Android untuk bisnis online yang berikutnya adalah aplikasi marketplace. Di Indonesia, banyak platform toko online besar seperti Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Dari banyak platform ini, kamu bisa dimudahkan untuk melakukan bisnis.

Tidak perlu lagi kamu punya toko fisik. Cukup dengan platform marketplace ini, kamu bisa jalankan bisnis dagang. Platform besar juga lebih mudah digunakan daripada buat website toko sendiri. kamu mendapatkan fitur seperti rating, review dan juga dibantu promosi dengan membayar layanan premium.

Social Media

Dalam bisnis online, presence brand dan marketing sangatlah penting. Aplikasi social media Android untuk bisnis sangat bermanfaat dalam hal ini. kamu tidak perlu lagi pasang iklan di radio, koran ataupun TV. Cukup buat social media dan post konten usaha kamu di situ.

Orang-orang yang mencari informasi seputar usaha kamu pasti akan temukan page social media kamu. Menggunakan social media, kamu juga lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan. Beberapa social media seperti Facebook dan Instagram bahkan memberi layanan khusus untuk kebutuhan bisnis online.

Jalur social media bisa jadi opsi murah untuk promosi bisnis. kamu cukup posting hal-hal yang menarik untuk menjaring interest. Jika sudah banyak orang melihat post tersebut dan klik link usaha kamu, tentu calon pelanggan akan lebih mudah didapat.

Mobile Banking

Jika berurusan dengan bisnis, kamu juga harus in touch dengan bank. Pilihan aplikasi Android untuk bisnis dengan bank ini sudah ada banyak. Aplikasi ini menyesuaikan bank yang kamu gunakan. Aplikasi bank nantinya mempermudah urusan kamu seputar pengelolaan uang.

Contoh saja ada konsumen yang ingin bayar transfer. Kamu cukup cek aplikasi jika transfer tersebut sudah diterima. Karena memiliki aplikasi, kamu tidak perlu repot cek ke bank secara manual. Selain itu, untuk membayar sewa toko ataupun kebutuhan bisnis lain, aplikasi bank pasti membantu.

Aplikasi Pembukuan

Untuk urusan bisnis, kamu juga harus memiliki pembukuan. Baik pembukuan soal keuangan dan juga catatan logistic. Pilihan aplikasi Android untuk bisnis dalam hal ini ada banyak. Contoh saja Quickbooks dan Freshbook.

Aplikasi ini membantu kamu membuat pembukuan secara detail tanpa harus menggunakan komputer. Kamu cukup input data bisnis kamu dalam aplikasi ini dan pembukuan akan berjalan otomatis. Karena kemudahan ini, banyak orang sangat merekomendasikan penggunaannya.

Aplikasi Pengiriman Barang

Bisnis online harus bisa layani sampai pelosok Indonesia. Karena itu, penggunaan aplikasi pengiriman barang wajib digunakan. Sebagai rekomendasi, kamu disarankan pakai aplikasi dari Shipper. Aplikasi ini akan mempermudah kamu menikmati layanan Shipper.

Perusahaan Shipper adalah penyedia jasa warehouse dan pengiriman. Bagi kamu yang berurusan dengan logistic untuk bisnis online, penggunaan jasa Shipper akan sangat membantu. Karena system warehouse dan pengiriman yang advance, Shipper bisa pastikan barang pesanan bisa sampai di tempat konsumen dengan lebih cepat.

Sekian bahasan tentang pilihan aplikasi Android untuk bisnis yang penting digunakan. Semoga bahasan tentang aplikasi ini bisa membantu kamu dalam mengelola usaha online. Terima kasih sudah bada artikel ini! 


Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Website Ekspedisi untuk Bisnis Kamu