Warehousing, Solusi Penyimpanan Stok Untuk Bisnis Online

0
22
warehousing

Warehousing adalah bagian penting dari rantai pasokan sebuah toko. Meskipun bukan bagian sebuah bisnis yang dilihat oleh pelanggan, warehousing dan penyimpanan inventaris mempengaruhi segalanya mulai dari sumber bahan baku, pengelolaan inventaris, hingga pengiriman pesanan ke pelanggan tepat waktu.

Meskipun prinsip warehousing tidak banyak berubah dari waktu ke waktu, solusi warehousing terus berkembang dengan cepat.

Dengan teknologi baru, urbanisasi, dan perekonomian online yang terus berkembang, warehousing menjadi aspek bisnis yang semakin dibutuhkan, hingga banyak permintaan untuk ruang penyimpanan stok yang tidak bisa terpenuhi. .

Nah, Sobat Shipper bisa membaca penjelasan singkat tentang fungsi warehousing di bawah ini.

Apa itu Warehousing?

Warehousing adalah proses penyimpanan stok sebelum dijual atau didistribusikan lebih lanjut di gudang atau fasilitas penyimpanan khusus. Sobat Shipper bisa menyimpan stok dengan cara yang teratur dan aman, sehingga mudah untuk melacak dan mencatat semua informasi mengenai stok, seperti jumlah yang ada dan waktu kedatangannya. 

Untuk usaha kecil atau baru, inventaris warehousing bisa dilakukan dari rumah sampai Sobat Shipper kehabisan ruang penyimpanan. Setelah mencapai titik tersebut, Sobat Shipper harus menyewa gudang atau mengalihdayakan logistik ke pihak ketiga dan menyimpan inventaris di fasilitas penyimpanan atau gudang mereka.

Dalam e-commerce, produk disimpan hingga pelanggan melakukan pemesanan secara online, di mana produk dikirim langsung ke konsumen dari fasilitas penyimpanan. Sedangkan dalam ritel tradisional, stok bisa disimpan di gudang sebelum dikirim ke toko fisik untuk dijual.

Apa itu Data Warehousing?

Data warehousing adalah penyimpanan informasi elektronik yang aman oleh suatu bisnis atau organisasi lain. Tujuan dari data warehousing adalah untuk membuat kumpulan data historis yang bisa diambil dan dianalisis untuk memberikan wawasan yang berguna untuk kegiatan operasional bisnis atau organisasi tersebut.

Hal ini adalah komponen penting dari intelijen bisnis yang mencakup infrastruktur informasi yang digunakan sebuah bisnis untuk melacak keberhasilan dan kegagalan mereka di masa lalu dan mempertimbangkan keputusan yang akan mereka ambil di masa depan.

Fungsi Logistik sebagai Warehousing

Hal ini bisa dibagi menjadi tiga kategori; 

  1. Realisasi tindakan dan tugas warehousing 

Fungsi ini mencakup semua tindakan yang terkait dengan penyelesaian kegiatan di dalam gudang, yaitu; 

  • penerimaan barang
  • penyimpanan
  • persiapan dokumen
  • pelepasan stok
  • pendaftaran dan pencatatan stok
  • pengungkapan kerugian 

Prosedur ini memungkinkan sebuah bisnis untuk mengontrol persediaan stok mereka dengan jelas dan baik.

  1. Manajemen gudang

Hal ini mencakup perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, dan pengendalian, yang berkaitan dengan;  

  • rencana operasi gudang dan pekerjaan yang diselesaikan dalam waktu tertentu
  • operasi dan proses manajemen teknis dan sumber daya manusia
  • kontrol operasi gudang 
  • implementasi persetujuan organisasi 
  1. Pendaftaran tempat, persediaan, dan bangunan gudang 

Lokasi gudang sangat berpengaruh terhadap organisasi, peralatan, dan perencanaan dalam pengoperasian gudang.

Di masa kini, perencanaan logistik suatu bisnis memiliki peran penting untuk posisi kompetitif mereka. Fungsi logistik sebagai warehousing adalah elemen penting dari operasi bisnis, dan merupakan komponen dasar untuk pengembangan bisnis tersebut. 

Warehousing mempengaruhi bisnis Sobat Shipper untuk menjual produk. Memilih solusi warehousing yang tepat bisa membantu Sobat Shipper untuk menghemat uang, memenuhi permintaan pelanggan, dan mendorong efisiensi. Bekerja dengan perusahaan logistik pihak ketiga adalah hal yang lumrah kalau Sobat Shipper tidak ingin mengelola gudang sendiri.

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id