Apa itu Warehouse dan Mengapa Penting untuk Operasional Bisnis?

0
3341

Daftar Isi
1. Apa Itu Warehouse
2. Jenis-jenis Warehouse
3. Istilah-istilah dalam Warehouse
4. Hal-hal yang Harus Diutamakan dalam Warehouse
5. Pertimbangan Sebelum Menyewa Gudang
6. Inbound, Outbound & Storage dalam Proses Gudang
7. Prinsip Dasar Perencanaan Tata Letak Gudang
8. Metode Penyimpanan Barang di Gudang
9. Lean Warehousing, Apa itu?
10. Fungsi dari Konsep Value Stream Mapping
11. Pemborosan dalam Warehousing
12. Apa Itu Diagram Fishbone & Fungsinya?
13. Tips Menghemat Biaya Operasional Gudang

Sobat Shipper, sudah tahukah apa itu warehouse? Warehouse diartikan sebagai gudang. Setiap jenis usaha besar atau kecil umumnya membutuhkan gudang untuk menyimpan barang atau produk. Maka dari itu, gudang menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kegiatan membangun dan mengembangkan usaha. 

Sobat Shipper pasti tak asing dengan istilah gudang secara umum. Namun, apakah sudah benar-benar paham apa itu warehouse dan mengapa penting untuk operasional bisnis? Warehouse punya beberapa fungsi dan jenis yang perlu diketahui. Untuk lebih memahami warehouse, mari kita bahas penjelasannya di bawah ini!

1. Pengertian Warehouse

Pengertian secara bahasa, warehouse adalah gudang atau pergudangan. Secara lebih spesifik, apa itu warehouse bisa dijelaskan sebagai bagian dari sistem logistik sebuah bisnis atau perusahaan. Warehouse sebagai tempat menyimpan barang seperti bahan baku, bahan setengah jadi atau produk jadi. Warehouse juga berguna untuk memberikan informasi mengenai status, ketersediaan dan kondisi barang. 

Warehouse penting untuk mengkoordinasikan proses distribusi produk supaya tidak terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran. Oleh karena itu, warehouse erat kaitannya dengan proses sourching, produksi dan distribusi. Gudang sebagai fasilitas yang digunakan untuk menyimpan bahan dan produk sementara.

Dalam pengertian lain, warehouse juga diartikan sebagai pergudangan terkait pekerjaan yang melibatkan proses penyimpanan hingga distribusi barang atau produk. Orang yang bekerja di bidang warehouse biasa disebut warehouse staff

2. Fungsi Warehouse

Setelah mengetahui apa itu warehouse, selanjutnya kita bahas fungsi warehouse. Alasan mengapa warehouse penting bisa ditinjau dari fungsinya. Fungsi warehouse tidak hanya sebagai tempat menyimpan barang. 

Sobat Shipper, berikut ini adalah fungsi warehouse dalam sebuah bisnis:

a. Penyimpanan Barang

Penyimpanan barang menjadi fungsi utama dari gudang. Ada prosedur tertentu dalam penyimpanan tergantung kebijakan perusahaan dan jenis barang yang disimpan. Hal utama yaitu tata letak gudang harus jelas dan rapi sesuai layout gudang. 

Hal ini supaya memudahkan pegawai mengambil barang. Tata letak gudang sangat penting terutama untuk gudang yang besar dan menampung banyak barang.

b. Terminal Konsolidasi

Gudang penting sebagai tempat pengamanan persediaan produk. Fungsi warehouse sebagai terminal konsolidasi yaitu berbagai barang dari berbagai lokasi produksi disimpan di gudang sebelum dikirim ke pelanggan. 

Gudang menjadi tempat mengumpulkan dan mengatur hasil produksi. Pasokan produk di gudang harus diukur dan diatur secara efisien.

c. Pusat Distribusi

Fungsi warehouse sebagai pusat distribusi bisa menghemat biaya pengiriman. Hal ini bisa terjadi karena barang berbagai produk dari sebuah lokasi distribusi dikumpulkan terlebih dahulu sebelum dikirim ke berbagai area. Pihak distributor bisa langsung mengambil barang ke pusat distribusi tanpa perlu pengiriman berkali-kali. 

d. Meningkatkan Inventori

Dalam mengelola gudang salah satu hal yang cukup merepotkan yaitu menentukan waktu pemesanan ulang untuk stok barang. Hal ini akan semakin rumit jika stok barang tersedia di beberapa lokasi gudang berbeda. 

Maka dari itu, perlu manajemen gudang yang baik untuk meningkatkan inventori atau persediaan barang dengan baik. Alur masuk dan keluar barang jarus jelas agar ketersediaan barang tetap terpantau dan terjaga dengan baik.  

e. Break Bulk Operation Spot

Gudang menjadi lokasi untuk break bulk operation. Break bulk operation adalah memecah volume barang produksi dalam jumlah berbeda. Hal ini memungkinkan pabrik mengirim produk dalam jumlah banyak sekaligus ke gudang. Di gudang, produk tersebut akan dipecah lagi menjadi bagian lebih kecil sebelum didistribusikan ke pelanggan.  

3. Manfaat Berdasarkan Jenis Warehouse

Warehouse punya beberapa jenis berbeda. Setiap jenis mempunyai manfaat berbeda pula. Berdasarkan jenis warehouse kita bisa mengetahui alasan pentingnya warehouse dalam bisnis. Pengelompokan jenis gudang berdasarkan karakteristik barang penyimpanannya. Berikut ini adalah manfaat warehouse berdasarkan jenisnya yang perlu Sobat Shipper tahu.

a. Sebagai Penyimpan Bahan Baku

Warehouse penting digunakan untuk menyimpan bahan baku produksi. Gudang bahan baku biasanya ada pada pabrik di kawasan industri. 

b. Sebagai Penyimpan Bahan Setengah Jadi

Warehouse digunakan untuk penyimpanan barang setengah jadi. Gudang jenis ini juga dijadikan tempat untuk penyempurnaan packing, pengemasan ulang dan mengecekan jumlah barang. 

c. Sebagai Penyimpan Bahan Hasil Produksi

Warehouse sebagai tempat menyimpan stok barang. Fungsi gudang bahan hasil produksi untuk berjaga-jaga jika jumlah stok produk lebih banyak dari kebutuhan konsumen. 

d. Sebagai Cross Docking

Gudang yang difungsikan sebagai cross docking atau gudang transit biasanya digunakan oleh jasa ekspedisi. Fungsi warehouse ini untuk tempat perpindahan muatan dari satu kendaraan besar ke kendaraan besar lain. Gudang yang difungsikan sebagai tempat transit biasanya ukurannya sangat luas.

e. Sebagai Pusat Transhipment

Warehouse sebagai pusat transhipment mirip dengan cross docking. Bedanya, pusat transhipment difungsikan untuk memproses barang produksi sebelum dikirim ke tujuan.

f. Sebagai Pusat Sortir 

Fungsi warehouse sebagai pusat sortir digunakan oleh jasa ekspedisi untuk pembagian barang berdasarkan lokasi tujuan.

4. WMS (Warehouse Management System)

Setelah mengetahui apa itu warehouse, kini kita tahu bahwa peranan warehouse begitu penting dalam operasional bisnis. Selanjutnya kita membahas soal sistem yang membantu proses pergudangan, yaitu Warehouse Management System.

Warehouse Management System atau disingkat WMS. Pengertian WMS adalah sebuah sistem manajemen yang terintegrasi teknologi informasi, fungsinya untuk membantu pengawasan alur masuk keluar barang dan kegiatan di dalam gudang. 

Warehouse Management System memberikan kemudahan dalam mengatur tempat penyimpanan agar lebih optimal. Dalam metode tata letak gudang, WMS sangat penting untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. WMS juga berperan dalam meningkatkan pelayanan bagi pelanggan karena proses pemesanan dan pengiriman dilakukan lebih efektif.

Supaya lebih memahami WMS (Warehouse Management System), berikut adalah manfaat WMS bagi sebuah perusahaan: 

  • Membantu perusahaan meningkatkan dan mengatur bagian inventaris, meningkatkan manajemen persediaan dan pemenuhan pesanan palanggan dengan lebih akurat.  
  • Membantu mempermudah layanan kepada pelanggan, WMS memudahkan melakukan pelacakan barang di gudang secara otomatis.
  • Meringankan beban kerja pekerja sehingga membantu membuat pekerja lebih produktif dalam proses kontrol gudang. Hal ini bisa berpengaruh pada peningkatkan penjualan. 
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan yang berpengaruh pada peningkatan laba penjualan. 
  • Meminimalisir dan menghindari kesalahan kerja yang bisa menyebabkan hilangkan kepercayaan pelanggan. 
  • Mengintegrasikan bisnis dengan lebih fleksibel dan lebih mudah memantau sistem pergudangan dari mana saja dan kapan saja.  

Sobat Shipper, itulah penjelasan tentang apa itu warehouse. Apa pun bidang bisnis kamu, baik perusahaan besar atau kecil perlu peran gudang dan manajemen gudang yang baik.  Jika kamu sedang membutuhkan layanan gudang, jangan ragu untuk bekerjasama dengan Shipper

Shipper menyediakan layanan gudang terbaik untuk segala skala bisnis. Semua kebutuhan warehouse kamu akan ditangani dengan aman dan terpercaya. Klik link https://shipper.id/warehouse untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan warehouse Shipper