Hal-hal yang Harus Diutamakan dalam Warehouse

0
2107

Daftar Isi
1. Apa Itu Warehouse
2. Jenis-jenis Warehouse
3. Istilah-istilah dalam Warehouse
4. Hal-hal yang Harus Diutamakan dalam Warehouse
5. Pertimbangan Sebelum Menyewa Gudang
6. Inbound, Outbound & Storage dalam Proses Gudang
7. Prinsip Dasar Perencanaan Tata Letak Gudang
8. Metode Penyimpanan Barang di Gudang
9. Lean Warehousing, Apa itu?
10. Fungsi dari Konsep Value Stream Mapping
11. Pemborosan dalam Warehousing
12. Apa Itu Diagram Fishbone & Fungsinya?
13. Tips Menghemat Biaya Operasional Gudang

Warehouse tidak bisa dipisahkan dari aktivitas logistik. Gudang dalam arti sederhana adalah tempat menyimpan barang. Sedangkan, warehouse memiliki pengertian yang lebih spesifik terkait operasional bisnis. Jadi, apa itu warehouse dalam keperluan bisnis? 

Warehouse adalah sebuah tempat yang memiliki kriteria tertentu sebagai tempat penyimpanan barang dalam proses produksi. Kriteria yang diperlukan dalam membangun gudang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan atau fungsi gudang tersebut. Secara umum, kriteria pembuatan gudang meliputi letak gudang, ukuran gudang, fasilitas yang diperlukan dan sebagainya. 

Untuk memahami lebih jauh mengenai apa itu warehouse, Sobat Shipper perlu mengetahui hal-hal apa saja yang diutamakan dalam warehouse atau dikenal juga sebagai prinsip warehouse. Selain sebagai tempat penyimpanan, tujuan warehouse adalah sebagai tempat koordinasi distribusi barang. Fungsi warehouse lainnya yaitu sebagai tempat proses akhir produksi. Contohnya, jika ada barang yang perlu perakitan di gudang sebelum dikirim ke pelanggan.

Secara garis besar, fungsi warehouse bisa diklasifikasikan dalam 3 hal yaitu pergerakan alur atau proses produk, penyimpanan dan memberikan informasi penggunaan gudang. Memahami fungsi dan prinsip warehouse penting dalam proses pembuatan atau penyewaan gudang.  Dengan mengetahui hal-hal yang harus diutamakan, maka pembuatan gudang bisa lebih tepat sesuai tujuan dan fungsinya. 

Apa saja hal-hal yang perlu diutamakan dalam warehouse? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Speed

Speed atau kecepatan terkait dengan proses pergudangan yang bergerak cepat dan real-time. Maka dari itu, warehouse harus bisa memenuhi jumlah permintaan pelanggan secara cepat dan tepat. Tak jarang dalam proses pemenuhan permintaan pelanggan terjadi perubahan, maka respon warehouse harus cepat. 

Diperlukan manajemen gudang yang baik agar mampu memproses pesanan dengan optimal. Jika pesanan pelanggan dilakukan secara optimal, maka kepuasan pelanggan naik dan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan. Manajemen gudang yang efisien dibantu dengan teknologi yang memadai, salah satunya dengan warehouse management system

Warehouse management system atau wms adalah sebuah sistem sebagai solusi logistik modern untuk membantu pengelolaan gudang dengan lebih efektif dan efisien. Penggunaan WMS bisa menghemat banyak waktu dan tenaga karyawan. Sehingga, karyawan bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan lain dan kinerjanya lebih produktif. 

2. Efficiency

Fungsi warehouse sebagai tempat penerimaan, penyimpanan, pengiriman dan pemberi informasi aktivitas logistik harus efisien. Efisiensi merupakan hal penting dalam membangun sebuah gudang. Supaya sebuah gudang bisa digunakan secara maksimal, maka perlu efisiensi gudang. 

Efisiensi gudang meliputi penataan ruangan yang tepat, mengoptimalkan produktivitas sumber daya manusia, mengatur alur kerja dengan produktif dan memanfaatkan teknologi yang ada. Maka dari itu, ketika Sobat Shipper hendak membuat atau menyewa gudang tentukan efisiensi gudang.  Perhatikan ukuran, lokasi dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang gerak perusahaan.     

Apa itu warehouse yang efisien? Selain kriteria pembangunan gudang, sebuah gudang yang efisien didukung oleh tenaga kerja yang berkualitas. Manajemen sistem yang baik juga menentukan tingkat efisiensi warehouse ketika sedang digunakan.  

3. Effectiveness

Effectiveness atau proses yang efektif merupakan hal penting dalam warehouse. Apa itu warehouse yang efektif? Efektifitas warehouse adalah bisa memastikan kepuasan pelanggan. Hal ini terkait dengan kemudahan pelanggan mendapatkan produk dan perusahaan menemukan produk pesanan dengan cepat. 

Efektivitas dalam pengelolaan gudang  berarti memaksimalkan fungsi warehouse. Efektivitas dalam manajemen warehouse bisa didapatkan bila gudang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan sistem manajemen gudang yang baik. Gudang harus terhubung dengan berbagai divisi perusahaan yang tepat dengan komunikasi yang baik. 

Dalam meningkatkan efektivitas warehouse penting untuk memanfaatkan waktu dan biaya sebaik-baiknya. Selain itu, menghindari penundaan pengelolaan barang, strategi penataan yang tepat dan menyesuaikan kapasitas juga penting untuk menjaga efektivitas warehouse

4. Reliability 

Reliability adalah keandalan dalam proses manajemen gudang yang meliputi proses komunikasi, bertukar informasi dan eksekusi. Tujuan reliability warehouse adalah agar semua fungsi dalam manajemen warehouse bisa bekerja dengan baik dan saling mendukung. 

Bagaimana cara membentuk dan meningkatkan keandalan gudang? Beberapa hal bisa dilakukan yaitu lakukan pemeliharaan gudang berkala, rencana operasional, peningkatan sumber daya manusia, pemeriksaan secara menyeluruh dan sebagainya. Keandalan gudang juga bergantung pada kebijakan perusahaan terhadap karyawan. 

5. Accuracy

Hal penting lainnya yang harus diutamakan dalam warehouse adalah accuracy. Sebuah warehouse harus bisa menyediakan barang dan memenuhi permintaan pelanggan secara akurat. Jika barang yang disimpan berlebihan, maka sama dengan membuang lebih banyak biaya dan tenaga sehingga tidak efisien. Sangat penting memiliki manajemen gudang yang tepat. 

Dengan pengelolaan gudang yang baik, maka mengatur jumlah barang bisa dilakukan dengan tepat dan akurat sesuai kebutuhan pasar. Tingkat akurasi yang baik dalam sistem pengelolaan gudang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu meringankan kerja karyawan. Penggunaan warehouse management system atau WMS dapat membantu memberikan informasi yang tepat dan membantu pengelolaan gudang dengan akurat.

Itulah beberapa hal yang harus diutamakan dalam warehouse, disebut juga prinsip warehouse.  Memahami apa itu warehouse  akan lebih mudah dengan mengetahui definisi hal-hal yang diutamakan dalam warehouse tersebut. Peran warehouse sangat penting dalam operasional perusahaan, terutama yang bergerak di bidang manufaktur, penjualan atau logistik. 

Bagaimana jika terjadi kondisi tidak ada gudang yang bisa digunakan atau perusahaan memerlukan gudang khusus? Tentu membangun gudang baru tidak bisa dalam waktu singkat dan memerlukan biaya besar. Untuk meningkatkan efektifitas, perusahaan bisa menyewa gudang. Pastikan sewa gudang dari penyedia layanan warehouse terbaik dan terpercaya. 

Jika Sobat Shipper ingin menyewa gudang, pilih jenis gudang sesuai kebutuhan perusahaan. Pembayaran sewa gudang bisa dilakukan mingguan atau bulanan tergantung kesepakatan antara pelanggan dan penyedia layanan. Perhatikan kembali lima hal penting yang sudah kita bahas di atas bisa dilakukan dengan baik. Hal-hal penting dalam warehouse tersebut akan memudahkan menentukan jenis gudang yang tepat. 

Masih bingung dan ragu tentang sewa gudang? Konsultasikan pada Shipper jenis gudang yang kamu butuhkan. Shipper bisa menyediakan layanan gudang untuk segala skala bisnis. Fungsi warehouse apa yang kamu butuhkan? Penyimpanan, manajemen stok, pengemasan, pengiriman dan pemantauan stok semua hal itu akan ditangani dengan baik oleh Shipper.

Shipper merupakan aggregator logistik dan warehouse terpercaya di Indonesia. Jaringan gudang Shipper telah hadir di 10 kota besar dan akan terus menjangkau lebih luas lagi. Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai sewa gudang yang tepat. Klik link https://shipper.id/warehouse untuk tahu lebih banyak tentang layanan Shipper untuk kebutuhan gudang kamu!