Bingung Cari Supplier? Coba Lakukan 5 Cara Ini, Yuk!

0
23

Sobat Shipper tak perlu harus jadi pelaku bisnis untuk menjadi familier dengan istilah supplier atau pemasok. Istilah yang satu ini sangat umum didengar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam urusan bisnis.

Supplier adalah pihak – orang maupun perusahaan – yang produknya dijual untuk diolah oleh bisnis lain sebagai produk siap jual. Jadi, produk yang dijual oleh pemasok bisa menjadi bahan mentah alias bahan baku (raw material) bagi bisnis lain.

Sebagai contoh, bagi Sobat Shipper yang punya bisnis fashion wanita muslim, pihak supplier akan menyediakan baju-baju yang kamu jual. Sedangkan kalau kamu memproduksi sendiri baju-baju wanita muslim, pihak pemasok adalah mereka yang menyediakan kain, benang, resleting, dan material lain yang dibutuhkan agar bisnismu bisa memproduksi baju.

Oleh karena itu, tak heran jika para pelaku bisnis selalu mengupayakan untuk mendapatkan supplier tangan pertama, alias first-hand supplier. Alasannya simpel: untuk efisiensi biaya produksi. Dengan begitu, kamu bisa tentukan margin besar atau menjual produk akhir dengan harga yang terjangkau, sesuai dengan strategi usahamu.

Kalau begitu, bagaimana ya caranya agar Sobat Shipper bisa menemukan pemasok, terutama supplier tangan pertama? Tenang saja, kamu bisa coba 5 cara berikut ini yang ternyata sangat mudah, kok! Apa saja?

Cari di Sentra Bisnis

Kamu bisa datangi langsung daerah yang jadi sentra industri sesuai dengan produk yang kamu cari untuk menemukan supplier yang pas. Dengan cara ini, kamu bahkan bisa langsung mengunjungi tempat usaha pihak pemasok untuk sekaligus mengamati proses produksi dan kualitas produknya.

Lewat Website Toko Online

Adanya internet memang jadi bisa mempermudah dan menghemat waktumu dalam mendapatkan segala informasi yang kamu butuhkan, termasuk saat kamu sedang mencari supplier. Soalnya, , kamu bisa temukan banyak info tentang supplier bisnis lewat internet, terutama yang punya website sendiri. Di samping itu, desain website e-commerce zaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur chat dengan admin, sehingga kamu bisa langsung menanyakan info-info yang masih dibutuhkan.

Temukan di Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform di mana ada banyak penjual atau seller berkumpul dan membuka “lapak” secara online. Jadi, dalam satu marketplace kamu bisa temukan beberapa seller sekaligus yang bisa kamu kontak sebagai pemasok untuk bisnismu.

Cari Info di Komunitas atau Forum Bisnis

Sumber lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan supplier tangan pertama adalah melalui forum atau komunitas bisnis. Karena di sini, kamu bisa menemukan para pelaku bisnis yang menyediakan produk yang kamu butuhkan. Misalnya untuk kamu yang punya bisnis produksi baju, kamu bisa temukan supplier kain di komunitas atau forum bisnis.

Gunakan Website Pembanding Harga

Kalau kamu lebih fokus dengan pemasok yang bisa berikan harga termurah, kamu bisa lakukan cara ini, Sobat Shipper. Kamu cukup masukkan apa jenis produk yang kamu butuhkan, dan website ini akan berikan berbagai rekomendasi dan referensi produk yang sama dari toko yang berbeda-beda. Jadi, kamu bisa bandingkan harga sampai spesifikasi produknya (jika ada).

Itu dia 5 cara yang bisa kamu coba kalau kamu sedang mencari supplier untuk bisnismu. Setelah kamu menentukan pilihan dan menjalin kerja sama dengan pemasok, kamu tentu perlu warehouse alias gudang untuk menyimpan seluruh stok barang, kan?

Untungnya, kamu sekarang tak perlu lagi repot-repot mengurus gudang, Sobat Shipper. Karena Shipper sekarang punya solusi warehousing mulai dari kedatangan barang dari supplier bahkan sampai pengiriman produk ke pembeli mu, lho! Kamu bisa cek langsung di shipper.id/warehouse untuk langsung info lengkapnya!