Apa Itu Silica Gel? Ini Manfaat dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

0
49

Mungkin belum banyak yang tahu apa itu silica gel. Atau mungkin kamu pernah melihatnya, tapi tidak tahu namanya. Silica gel merupakan butiran-butiran kecil mirip kristal dan biasanya bisa kamu temukan pada kardus atau kemasan suatu barang yang baru kamu beli.

Silica gel sering kali ditemukan pada kardus sepatu, kemasan makanan ringan, barang-barang elektronik, dan beberapa suplemen kesehatan yang baru kamu beli di toko. Meskipun bentuknya kecil, rupanya silica gel mempunyai kegunaan yang penting lho!

Silica gel dapat membantu kamu menyelesaikan beberapa masalah yang sering terjadi di rumah, seperti menghindari dan mencegah tumbuhnya jamur pada lemari pakaian, box container, tempat kacamata, kotak penyimpanan lensa dan kamera, serta lemari sepatu. Tentunya Silica gel sangat bisa diandalkan untuk mencegah tumbuhnya jamur di berbagai tempat penyimpanan barang milikmu. Wow, keren kan?!

Namun, bagaimana cara kerja Silica gel sebenarnya? Nah, Sobat Shipper sebaiknya simak terlebih dahulu uraian lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Silica Gel?

Seperti yang sudah kita bahas tadi di atas, Silica Gel adalah butiran-butiran kecil mirip kristal yang terbuat dari bahan sintetis serta natrium silikat, dengan bentuknya yang sangat berpori. Meskipun dinamai “gel”, butiran ini tetap tergolong silica padat. Selain dapat menyerap kandungan air pada tempat dengan tingkat kelembapan yang tinggi, silica gel juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Kandungan Silica Gel

Silica gel merupakan sol natrium silikat yang berubah menjadi butiran padat mirip kristal setelah melalui proses penggumpalan dan dehidrasi. Sol yang memiliki bentuk seperti agar-agar ini bisa didehidrasi sehingga berubah bentuk butiran padat mirip kristal dan bersifat tidak elastis. Sifatnya yang tidak elastis ini membuat silica dapat digunakan sebagai zat pengering, penyerap, dan penopang katalis.

Fungsi dan Kegunaan Silica Gel

Nah, setelah mengetahui apa itu Silica Gel, sekarang saatnya kamu tahu apa saja fungsi dan kegunaannya.

Fungsi utama dari silica gel adalah menghindari terjadinya kelembaban berlebih di suatu tempat, tanpa mengubah kondisi zatnya. Fungsi ini berguna untuk mencegah terjadinya risiko arus pendek lsitrik mikro, mencegah terjadinya karat pada logam, serta mencegah dekomposisi dan reaksi oksidasi bahan kimia akibat tingginya tingkat kelembapan udara.

Di kehidupan sehari-hari, silica gel juga sangat berguna dalam mencegah tumbuhnya jamur pada barang-barang kesayanganmu di rumah.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Kirim Makanan

Cara Pakai Silica Gel

Kalau kamu ingin membutuhkan bahan pengawet dalam kemasan, kamu dapat menggunakan silica gel putih berukuran sachet yang muat dengan kemasan lalu letakkan silica gel di dalamnya bersama barang yang hendak dikemas, setelah itu tutup rapat-rapat. Pastikan udara luar tak bisa masuk ke dalam kemasan tersebut.

Jika kamu ingin menjaga tingkat kelembapan udara pada ruang penyimpanan, kamu juga bisa menggunakan silica gel putih aktif dengan meletakkannya di sudut-sudut ruangan. Upayakan ruangan tersebut berada dalam kondisi tertutup agar mengurangi potensi masuknya udara lembap dari luar.

Jika ternyata tingkat kelembapan udara di ruangan tersebut masih terlalu tinggi, kamu bisa menambahkan silica gel kembali atau menggantinya dengan yang baru jika silica gel sebelumnya sudah tak lagi bisa menyerap.

Nah, Sobat Shipper, demikian artikel mengenai apa itu silica gel beserta fungsi dan kegunannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, bagi kamu yang khawatir dengan pertumbuhan jamur di beberapa spot rumah dan barang-barang pribadi, siapkan silica gel untuk mencegahnya agar barang-barang di rumahmu tak lantas rusak oleh jamur.

Selain itu, jika kamu ingin mengirim barang ke suatu tempat, gunakan layanan antar barang dari Shipper yang menjamin kiriman barangmu bisa sampai tujuan dengan cepat sebelum barang tersebut ditumbuhi jamur.

Yuk, gunakan Shipper untuk bisa melakukan pengecekan ongkir dan nomor resi secara instan dan gratis. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa mengirim barang ke seluruh Indonesia tanpa perlu khawatir dengan tumbuhnya jamur yang bandel. Selengkapnya tentang Shipper bisa kamu temukan di www.shipper.id ini, ya. Semoga bermanfaat.