6 Jenis Segmen Pasar yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah

0
229

Menentukan segmen pasar termasuk langkah yang bakal menentukan keberhasilan Sobat Shipper mendapatkan konsumen yang sesuai. Pasalnya, untuk menemukan pangsa pasar yang cocok, Sobat Shipper perlu mempelajari karakteristik, keinginan dan kebutuhan, serta permintaan mereka.

Mencari segmen pasar bisnis tak hanya dilakukan pemula, tetapi juga orang-orang yang sudah lama bergelut di bidang tersebut. Sebagai langkah awal, Sobat Shipper dapat mendalami jenis-jenisnya seperti yang dibahas dalam daftar berikut ini.

1. Segmentasi Perilaku

Di sini, Sobat Shipper harus membagi konsumen berdasarkan loyalitas, respons, pengetahuan, hingga perilaku konsumsi mereka terhadap produk yang ditawarkan. Segmen pasar ini juga dapat ditentukan dengan besarnya manfaat yang didapatkan konsumen dari barang atau jasa yang Sobat Shipper tawarkan. Sebagai contoh, untuk penjualan peralatan masak, Sobat Shipper dapat lakukan promosi secara online di platform yang memasarkan produk ini untuk menjaring konsumen yang lebih banyak.

Baca juga: 5 Tips Foto Produk untuk Online Shop Agar Semakin Menarik Pembeli

2. Segmentasi Demografis

Jenis segmen pasar ini bakal mengkategorikan konsumen sesuai karakteristik umum seperti usia, pekerjaan, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan lain sebagainya. Segmentasi demografis pun tergolong mudah dilakukan, sehingga umum dipakai pebisnis pemula untuk mendapatkan konsumen. Akan tetapi, luasnya pangsa pasar yang Sobat Shipper hadapi bisa menyulitkan dalam menyiapkan produk yang mereka butuhkan.

3. Segmentasi Geografis

Sesuai namanya, segmen pasar yang satu ini memudahkan Sobat Shipper menentukan konsumen berdasarkan lokasi. Entah kota/kabupaten, provinsi, pulau, hingga negara. Selain itu, segmentasi geografis terbilang fleksibel karena bisa digabungkan dengan segmentasi demografis. Lokasi akan menentukan harga yang dipatok dan keunggulannya, sebab kebutuhan masyarakat yang tinggal di sebuah kawasan bisa berbeda dari kawasan lainnya.

4. Segmentasi Psikografis

Selanjutnya, ada segmentasi psikografis, jenis segmentasi pasar yang diperoleh sesuai kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan, minat, dan penghasilan yang diperoleh. Hobi dan ketertarikan sendiri merupakan bagian dari dimensi psikologis yang bisa Sobat Shipper kaitkan dengan kebutuhan konsumen dari sebuah produk. Oleh karena itu, produk-produk yang dihasilkan sesuai jenis segmentasi ini sangat dekat dengan kepribadian pangsa pasarnya.

5. Segmentasi Waktu Khusus

Segmentasi waktu khusus adalah segmen pasar yang pemasaran dan penjualannya dilakukan secara musiman. Misalnya, kue-kue kering yang paling laku keras dijual sebelum hari-hari raya keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal. Sobat Shipper yang punya kemampuan di bidang tertentu juga bisa mencari konsumen dengan segmentasi ini. Karena sifatnya jangka pendek, manfaat segmen pasar beserta keuntungan yang diperoleh juga tak bakal bertahan lama.

6. Segmentasi Budaya

Setiap budaya mempunyai kepercayaan yang dianut kelompok masyarakat tertentu dalam waktu yang lama. Sobat Shipper dapat memanfaatkannya untuk mendekati pangsa pasar dalam kelompok tersebut. Dengan catatan, Sobat Shipper harus menghargai kepercayaan mereka. Beberapa kebudayaan tak ingin diekspos untuk publik karena dianggap bakal mengurangi kesakralannya. Jadi, pastikan Sobat Shipper tak menyakiti pihak tertentu saat memilih segmen pasar ini.

Setelah mendapatkan segmen pasar, Sobat Shipper tak akan kesulitan memproduksi produk akan dipasarkan. Lantas untuk mengoptimalkan pengelolaan produk, pilih tempat penyimpanan seperti warehouse yang dapat menjaga kualitasnya. Dalam hal ini, Shipper adalah penyedia warehouse yang bisa dipercaya karena memiliki sistem pergudangan yang memenuhi standar.

Dengan menempatkan warehouse di berbagai kota di Indonesia, Shipper juga bakal menunjang penentuan pangsa pasar yang sedang Sobat Shipper kerjakan. Untuk mendapatkan informasi lengkap, kunjungi https://shipper.id/warehouse atau langsung hubungi mereka, ya!


Baca juga: Ekspedisi Logistik Aman ke Luar Kota Jamin Kepercayaan Konsumen