Memahami Pivot Bisnis Sebagai Strategi untuk Memajukan Usaha

0
41
pivot bisnis

Pivot bisnis seringkali dikaitkan dengan strategi untuk memajukan suatu usaha. Mempertahankan suatu bisnis untuk tetap berdiri terkadang tidak selalu mudah. Ada banyak tantangan yang perlu Sobat Shipper hadapi dalam proses mengembangkan bisnis. Beberapa perusahaan melakukan strategi pivot untuk mempertahankan atau membuat bisnisnya semakin maju. Lalu apa sebenarnya pivot dalam bisnis?

1. Apa itu Pivot Bisnis?

Pivot dalam bisnis adalah strategi atau upaya mempertahankan atau memajukan suatu usaha dengan mengubah arah bisnis tersebut. Biasanya strategi pivot dalam diambil ketika perusahaan dirasa berada dalam keadaan sulit berkembang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Misalnya, produk tidak dapat bersaing di pasar dan sebagainya.   

Beberapa kondisi yang membuat suatu perusahaan memilih strategi pivot bisnis adalah: 

  • Performa bisnis stagnan dan tidak bisa berkembang walaupun sudah melakukan beberapa upaya. 
  • Fokus pasar sudah tidak sesuai dengan nilai atau tujuan bisnis tersebut. 
  • Perusahaan perlu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan pasar bisnis.
  • Terjadi konflik internal di dalam perusahaan yang mempengaruhi performa bisnis jangka panjang. 
  • Hendak membuat produk baru yang punya peluang lebih besar di pasar daripada produk sebelumnya. 

2. Jenis-jenis Strategi Pivot

Jika Sobat Shipper merasa bisnis yang sedang dijalankan butuh strategi pivot ini, sebelumnya ketahui dulu beberapa jenis strategi pivot. Setelah mengetahui jenis strategi Sobat Shipper akan lebih mudah menentukan strategi yang tepat berdasarkan kondisi bisnismu saat ini. 

  • Customer Problem Pivot: Mengubah fungsi dari produk yang dipasarkan tanpa mengubah produk. 
  •  Market Segment Pivot: Memasarkan produk yang sama ke target pasar berbeda untuk membuka peluang bisnis baru.
  • Technology Pivot : Merancang ulang teknologi yang digunakan agar lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan di pasar. 
  • Product Feature Pivot: Menambah fitur atau fungsi sebuah produk menyesuaikan dengan kebutuhan target pasar tertentu. 
  • Revenue Model Pivot: Mengatur ulang harga jual produk atau layanan bisnis. 

3. Cara Menjalankan Strategi Pivot 

Sobat Shipper, dalam suatu kondisi perusahaan memang tidak selamanya berjalan sesuai rencana. Perubahan tidak selalu buruk terkadang justru bisa menjadi jalan keluar untuk memajukan usahamu. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah pivot bisnis. Bagaimana caranya?

Cara menjalankan strategi pivot yaitu: 

  • Lakukan riset mendalam dan analisis untuk memahami masalah yang sedang dihadapi perusahaan.
  • Jika masalah terjadi karena kesalahan dalam targeting pelanggan sehingga produk tidak laku fokus pada perubahan jenis atau fungsi produk bisnismu. 
  • Lebih fokus menganalisis perkembangan pasar dan membidik target pasar yang paling cocok dengan bisnismu.
  • Pelajari kompetitor bisnismu dan berinovasi lah untuk menghasilkan produk yang lebih baik.

Sobat Shipper itulah beberapa hal mengenai pivot bisnis yang perlu kamu tahu. Dalam menjalankan pivot untuk memajukan suatu usaha tidak bisa tergesa-gesa. Sobat Shipper perlu menganalisis kondisi bisnis dengan cermat dan memastikan bahwa pivot dalam bisnis adalah jalan keluar yang tepat. 

Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar bisnis semakin maju. Bisnis online membutuhkan layanan pengiriman yang profesional. Mari bekerjasama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan pengiriman terbaik untuk bisnismu! Shipper memberikan tarif pengiriman terbaik dan bebas pilih ekspedisi. Cari tahu lebih banyak tentang Shipper dengan kunjungi websitenya di shipper.id.