Kenali Pengertian, Proses, dan Jasa Fulfillment untuk Bisnis Kamu

0
4705

Di dalam fulfillment Indonesia, proses ini berkaitan erat dengan warehousing atau pergudangan, pengambilan dan pengemasan barang, hingga pengiriman barang pesanan kepada konsumen. Dengan demikian, definisi fulfillment bisa kamu artikan sebagai serangkaian proses sejak penerimaan pesanan sampai dengan pengiriman barang sampai akhirnya tiba di tangan pembeli.

Fulfillment sendiri merupakan inovasi dan pengembangan dari fungsi warehouse atau gudang. Jika sebelumnya gudang hanya berfungsi sebatas sebagai tempat penyimpanan barang, saat ini gudang memainkan peran signifikan sejak pesanan diterima sampai dikemas dan dikirim.

Apa Saja Tahapan Fulfillment Pesanan?

1. Penerimaan Persediaan

Tahukah Sobat Shipper kalau di era modern saat ini, tidak semua bisnis harus punya gudang sendiri? Jadi, selain menyimpan barang persediaan di gudang milik sendiri, ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan jasa fulfillment Indonesia. Jasa fulfillment ini milik pihak ketiga dan akan bertanggung jawab atas manajemen persediaan yang kamu titipkan di sana, termasuk proses penyimpanannya sampai dengan pengiriman barang.

2. Penyimpanan Persediaan

Proses fulfillment ini penting dilakukan kalau kamu memutuskan untuk menyimpan persediaan di gudang milikmu sendiri. Di sini, kamu perlu simpan barang di dalam rak dan mendata dengan cermat aliran keluar-masuk persediaan. Dengan begitu, kamu tahu dengan pasti berapa stok barang yang ada dan bisa dijual ke pembeli.

3. Pemrosesan Pesanan

Kalau kamu menggunakan jasa fulfillment Indonesia, kamu tidak akan dibuat repot dengan tugas ini. Soalnya, kamu hanya perlu mengirimkan detail pesanan ke jasa fulfillment dan mereka yang akan mengurus sisanya. Sedangkan jika kamu menyimpan sendiri stok barang, kamu sendiri yang harus memilih stok sesuai pesanan, membawanya ke tempat pengemasan, melakukan inspeksi dan pengemasan, dan membawanya ke tempat pengiriman.

4. Pengiriman Pesanan

Banyak penyedia layanan fulfillment yang sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi pengiriman, sehingga prosesnya akan berjalan lebih mulus tanda ada waktu tunggu yang terlalu lama. Dan untuk kamu yang menyimpan stok sendiri, kamu bisa atur agar paket dijemput kurir atau kamu antar sendiri ke kantor cabang ekspedisi pilihan terdekat.

5. Penanganan Retur Pesanan

Ketika kamu menjalankan bisnis online, kamu juga perlu mengantisipasi adanya risiko retur atau pengembalian barang, yang juga termasuk di dalam tahapan dan proses fulfillment. Selain membuat aturan jelas mengenai kebijakan retur, kamu juga harus mendesain proses retur yang praktis untukmu maupun pembeli. Jika proses ini bisa kamu desain seefisien mungkin, risiko timbulnya kesalahan maupun kekacauan pesanan juga bisa dihindari.

Jenis dan Model Fulfillment

Ada beberapa model atau jenis fulfillment yang dipraktikkan di lapangan. Untuk membantumu memili apa model yang pas, yuk simak daftar dan penjelasan singkatnya berikut ini.

1. Dropship.

Jenis fulfillment yang satu ini mungkin sudah sangat familiar buatmu karena memang sangat banyak dipraktikkan di Indonesia. Dengan model fulfillment Indonesia ini, kamu hanya perlu meneruskan detail pesanan kepada supplier beserta alamat pembeli, dan supplier yang akan langsung mengirim barang ke pembeli.

2. In-house Fulfillment

Dalam model ini, kamu perlu menjalankan seluruh proses fulfillment sendiri. Artinya, jenis fulfillment yang satu ini dilakukan tanpa menggunakan jasa fulfillment dari luar. Di sini, kamu perlu berinvestasi di sistem fulfillment otomatis.

3. Fulfillment Pihak Ketiga

Sementara itu, jenis ini berkebalikan dari in-house fulfillment. Sebab, kamu akan menggunakan jasa fulfillment dari pihak ketiga. Solusi ini paling pas untuk kamu yang masih memiliki sumber daya dan teknologi terbatas.

Shipper sekarang sudah menyediakan jasa fulfillment Indonesia yang dijamin bisa buat aktivitas bisnismu jadi makin praktis, lho! Dengan begitu, kamu bisa fokus kembangkan usaha dan tingkatkan omzet karena Shipper yang akan urus aktivitas pergudangan. Klik https://shipper.id/warehouse sekarang juga untuk info lengkapnya, ya!