Apa Itu Branding dan Mengapa Penting Untuk Bisnis Kamu?

0
1620
apa itu branding

Sobat Shipper, kita memasuki era globalisasi yang berpengaruh pada dunia bisnis. Saat ini, branding menjadi hal yang penting dalam perkembangan bisnis. Branding memungkinkan sebuah produk atau perusahaan bisa dikenal secara luas. Produk dari luar negeri bisa mudah masuk dan mendapatkan target pasar dari Indonesia, atau sebaliknya. Ingin tahu lebih banyak tentang apa itu branding? Yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Daftar Isi:
1. Apa Itu Branding
2. Unsur-unsur Branding
2.1 Cara Membuat Logo 
2.2 Kesalahan dalam Membuat Logo
2.3 Aplikasi Pembuat Logo Gratis
2.4 Contoh-contoh Logo yang Baik
2.5 Cara Membuat Nama Brand
2.6 Cara Menentukan Warna Brand
2.7 Cara Agar Slogan Mudah Diingat
2.8 Tips Membuat Desain Kemasan Murah
2.9 Instagram Sebagai Media Branding Efektif
3. Strategi Branding
4. Kesalahan dalam Branding Produk

Pengertian Branding

Supaya lebih memahami apa yang dimaksud dengan branding, kita akan bahas pengertian branding. Secara bahasa branding adalah kesadaran merek. Apa arti branding secara spesifik? Branding yaitu sebuah kegiatan pemasaran untuk membentuk, mempertahankan dan memperkuat identitas perusahaan atau merek.

Branding erat kaitannya dengan marketing atau pemasaran. Dalam proses branding tidak lepas dari brand value dan brand equity. Brand value adalah nilai sebuah brand berdasarkan angka atau hal yang berkaitan dengan kinerja merek dan analisa pemasaran. Sedangkan, brand equity berkaitan dengan persepsi atau keinginan konsumen agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis. 

Jika Sobat Shipper adalah seorang pebisnis, maka branding penting dipelajari untuk perkembangan bisnis. Branding menegaskan tentang apa yang ditawarkan oleh suatu brand atau produk, apa yang membuatnya unik dan apa nilai lebih yang diberikan untuk pelanggan.  

Apa itu branding? Jawabannya adalah segala hal yang berkaitan dengan merek, yaitu nama, logo, ciri, citra, karakter, kesan, kredibilitas dan persepsi yang ingin diberikan pada konsumen. Membangun sebuah brand bagi perusahaan berarti mengenalkan image secara keseluruhan kepada masyarakat luas.  

Dalam memahami branding, ada baiknya Sobat Shipper mengenal salah satu penerapan branding yang paling umum yaitu branding produk. Branding produk adalah sebuah cara untuk memberikan identitas pada sebuah produk. Jadi, branding produk lebih menitik beratkan pada ciri atau keunggulan produk. Sedangkan branding secara umum fokus pada secara keseluruhan merek tidak hanya satu produk saja.  

Fungsi Branding

Sobat Shipper, sudah mulai punya gambaran tentang apa yang dimaksud branding? Sekarang kita bahas tentang fungsi dari branding, yuk!

1. Pembeda 

Pertama, tujuan branding adalah sebagai pembeda. Sebuah perusahaan dengan branding yang kuat akan mudah dibedakan dari kompetitornya. Hal ini penting untuk memberi kesan yang kuat bagi pelanggan. Nah, jika branding bisnis Sobat Shipper bagus, maka pelanggan akan mudah mengingat merek dan produk yang dijual. 

2. Promosi

Fungsi branding selanjutnya adalah sebagai cara promosi. Branding memudahkan untuk melakukan promosi dalam menarik pelanggan yang potensial. Branding membantu menentukan target pasar yang tepat dan memperluas jangkauan konsumen. Promosi juga menentukan bagaimana image dan kekuatan yang dihasilkan dari proses branding agar bisa bersaing di pasar yang luas dan kompetitif. 

3. Loyalitas

Salah satu fungsi branding adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas tidak bisa dibangun secara instan. Loyalitas pelanggan terhadap produk dibangun dari hubungan yang kuat antara brand dengan konsumen. Jika konsumen merasa brand benar-benar peduli dan memberi manfaat dalam hidupnya, maka pelanggan akan semakin loyal. 

4. Harga jual 

Jika identitas sebuah brand atau produk sudah kuat dan melekat pada pelanggan, maka dapat mempengaruhi kebiasaan pembelian pelanggan. Branding akan meyakinkan pelanggan agar tidak mudah dipengaruhi oleh produk lain. Dengan begitu, Sobat Shipper bisa menaikkan harga jual perlahan tanpa khawatir ditinggalkan oleh pelanggan. 

5. Tujuan Branding

Tentunya dalam setiap strategi pemasaran ada tujuannya, termasuk branding. Supaya Sobat Shipper lebih memahami lagi tentang apa itu branding, mari kita pelajari tujuan branding

Membangun Interaksi yang Baik dengan Pelanggan

Branding bertujuan membangun interaksi yang baik dengan pelanggan. Strategi pemasaran saat ini memungkinkan berinteraksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah. Sobat Shipper bisa memanfaatkan media digital dan internet untuk berinteraksi dengan pelanggan. Jika hubungan baik dengan pelanggan terjaga, maka akan berpengaruh pada produktivitas penjualan.  

Memperluas Jangkauan Jaringan dan Target Pasar 

Sebelum dunia digital berkembang seperti sekarang, penjualan produk hanya terfokus pada area lokal saja. Kini, Sobat Shipper bisa memiliki jaringan dan jangkauan pelanggan yang sangat luas bahkan hingga internasional. Jangkauan jaringan yang luas memungkinkan suatu brand bekerjasama dengan brand lain yang memiliki visi dan misi untuk memperluas target pasar. 

Membuat Bisnis Menjadi Viral

Sobat Shipper, sekarang banyak brand dan produk yang viral di internet. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana cara melakukan branding yang baik. Brand yang viral berarti telah berhasil mencapai salah satu tujuan branding yaitu dikenal oleh masyarakat luas. Tidak asal viral, tapi harus bisa menonjolkan sisi baik dan manfaat dari suatu brand atau produk.  

Membuat Brand Diingat Baik oleh Pelanggan 

Salah satu strategi pemasaran dalam hal branding adalah brand positioning. Brand positioning erat kaitannya dengan tujuan branding. Brand positioning adalah usaha yang dilakukan agar brand diingat baik oleh konsumen. Caranya dengan memberikan kesan unik melalui manfaat produk, kemasan, harga dan kualitas. 

Kunci Sukses Branding

Sobat Shipper, ingin brand atau produknya sukses dalam penerapan branding? Tentu bukan hal yang mustahil. Kunci sukses branding di era dunia digital ini terpusat pada strategi digital branding. Apa itu digital branding? Digital branding adalah usaha untuk membangun identitas brand atau produk secara digital atau online

Selanjutnya, kita simak apa saja kunci sukses branding untuk bisnis Sobat Shipper.

Pilih Nama Brand yang Mudah Diingat

Nama brand atau merek adalah identitas yang penting dalam sebuah proses branding. Maka dari itu, penting untuk memilih nama brand yang unik dan mudah diingat. Selain itu, nama brand juga harus sesuai dengan produk dan target pasar. Contoh, jika produk yang dijual adalah item fashion dan targetnya adalah wanita, maka pilih nama brand yang feminin.  

Tonjolkan Keunggulan Produk 

Keunggulan produk sangat penting dalam menarik minat konsumen. Maka dari itu, Sobat Shipper harus bisa menonjolkan keunggulan produk dibanding produk kompetitor. Salah satu caranya dengan menjaga kualitas produk dan mengenali kebutuhan target konsumen. 

Memberi Respon yang Baik pada Pelanggan

Poin ini berhubungan dengan tujuan branding dalam membangun interaksi yang baik dengan pelanggan. Sobat Shipper bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dan mencari tahu apa kebutuhan pelanggan. Mintalah komentar atau masukkan dari pelanggan untuk perkembangan produk kamu. 

Sobat Shipper, branding menentukan sukses atau tidak sebuah bisnis. Branding yang sukses tidak bisa dihasilkan dalam waktu semalam. Maka dari itu, Sobat Shipper perlu semangat dan keuletan dalam membangun branding yang baik di mata masyarakat. 

Setelah memahami apa itu branding, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang dimiliki Shipper? Yuk, kunjungi https://shipper.id!