6 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Jasa Logistik

0
942
shipper indonesia

Jasa logistik memiliki sistem kerja yang terorganisir dengan baik. Salah satunya mengusahakan keamanan barang dari seller sampai konsumen. Perusahaan pengiriman barang selalu diserbu pebisnis baik online maupun offline terutama pada tanggal-tanggal special. Contoh big sale 1-1, discount 2-2 dan seterusnya. 

Penjualan online selalu ramai pada tanggal-tanggal tersebut karena banyak keuntungan. Penjual terutama melalui marketplace akan memberikan potongan harga, cash back, bonus, fasilitas gratis ongkir dan sebagainya untuk menarik konsumen. Dan tanggal spesial untuk belanja adalah momen pas untuk memberikan keuntungan tersebut. 

Hasilnya, barang kiriman menumpuk. Banyak resiko yang ditanggung jika terjadi penumpukan barang kiriman dalam waktu lama. Pada proses pengiriman tidak menutup kemungkinan barang kiriman hilang. Baik saat di gudang penyimpanan maupun pada saat pengiriman. Sehingga tidak sampai pada konsumen yang akhirnya menyebabkan komplain kepada seller. 

Melakukan pengiriman tanpa asuransi umumnya proses penggantian produk dihitung berdasarkan persentase tertentu sesuai jenis barang. Dalam hal ini terdapat batas waktu hingga dinyatakan bahwa kiriman hilang atas kesalahan pihak pengiriman. Berikut adalah beberapa hal yang dijamin pihak ekspedisi:

1. Ketepatan waktu pengiriman

Seller bisa memberikan estimasi waktu kiriman sampai ke konsumen dalam range minimal dan maksimal. Misalnya 3-5 hari, 2-3 hari dan sebagainya dengan pertimbangan resiko seperti over load, banjir, cuti besar dan sebagainya. Sehingga setiap produk akan dikirim tepat waktu.

2. Barang bisa dicek menggunakan resi otomatis online

Seller maupun konsumen bisa memantau barang kiriman melalui resi otomatis yang didapatkan setelah transaksi selesai. Kedua, keamanan kondisi kiriman. Beberapa produk memiliki tingkat resiko rusak lebih besar. Misalnya untuk jenis makanan, parfume, buah segar, barang pecah belah, elektronik memerlukan penanganan khusus. 

3. Ada asuransinya

Tersedia asuransi untuk jenis barang-barang beresiko tinggi tersebut. Konsumen bisa mendapatkan fasilitas asuransi dengan menambah biaya pengiriman. Pihak pengiriman barang akan mengganti jika terjadi kerusakan. Itu bila Kamu menggunakan jasa ekspedisi yang tepat lengkap dengan asuransinya.

Baca Juga: 4 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Salah Pilih Jasa Pengiriman

Asuransi untuk pengiriman barang hanya diberikan untuk jenis kiriman tertentu. Bisa karena alasan tipe kiriman yang mudah rusak bisa juga atas permintaan konsumen. Penjual juga harus tanggap terhadap segala resiko dalam perjalanan. Misalnya menjual kosmetik yang mudah rusak karena faktor suhu dan kelembaban.

4. Mendapat informasi up to date

Dalam beberapa kasus, perusahaan pengiriman barang yang sudah profesional akan turun tangan langsung dan menginformasikan bila ada masalah dengan pengiriman barang kepada pihak penjual. Jika menggunakan fasilitas asuransi kehilangan barang dapat diganti secara penuh sesuai nominal atau nilai barang tersebut. Sehingga konsumen dan penjual tidak merasa dirugikan. 

5. Bisa melakukan konsultasi pengemasan barang

Yang pasti, selalu gunakan pengemasan aman namun tetap terjangkau. Selanjutnya bisa konsultasi dengan pihak pengirim barang terhadap resiko di perjalanan. Apakah perlu pengemasan ulang, atau cukup menggunakan yang sudah ada. Jika menginginkan jaminan keamanan bisa menambahkan tarif untuk layanan asuransi. 

6. Ada fasilitas tambahan soal pengemasan

Nilainya tidak besar namun bisa sebagai garansi jika terdapat kerusakan seperti kemasan pecah, bocor, kering dan sebagainya pada kosmetik. Hampir semua tipe barang bisa dikirim, tentu dengan pengemasan sesuai kondisinya. Pihak jasa logistik akan memberikan fasilitas dengan menambah pengemasan kayu, bubble wrap dan sebagainya. 

Sehingga ketika sampai di tangan konsumen barang tidak berkurang atau cacat. Seller hanya cukup menginfokan jenis barang yang dikirim sekaligus menentukan layanan pengiriman beserta pengemasannya. Sangat penting memilih jasa pengiriman yang berpengalaman sebab menyangkut kepercayaan konsumen. 

Kamu butuh kerjasama jangka panjang dengan mitra berkompeten. Pastikan hanya menggunakan Shipper sebagai mitra berbisnis. Apapun komoditas yang Kamu jual dipastikan aman dalam perjalanan. 

Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya. Memiliki tagline “Bebas Pilih Tanpa Batas” Shipper bisa dijadikan solusi pengiriman barang dan jasa pergudangan yang praktis, aman, dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu. Cek langsung di www.shipper.id dan dapatkan informasi mengenai jasa logistik terpercaya untuk mendukung pertumbuhan bisnismu.