Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis

0
174

Daftar Isi
1. Cara Menentukan Produk Paling Laris
2. Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
3. Trik Jitu Menentukan Harga Jual agar Menang saat Perang Harga 
4. Tips Membuat diskon/ Promo yang Efektif 
5. Teknik Closing Ampuh untuk Jualan
6. Tips Membuat Konsumen Repeat Order
7. Mengelola Iklan Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi
8. Tips Menggunakan Influencer sebagai Media Pemasaran
9. Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis
10. Strategi  Mengelola Database untuk UMKM

Sobat Shipper, istilah affiliate marketing tidak asing dalam dunia digital marketing.  Affiliate marketing atau bisnis afiliasi erat hubungannya dengan pemasaran melalui media digital dan internet. Afiliasi atau affiliate marketer sebagai penghubung antara penjual dan pembeli dalam proses pemasaran produk. Kini banyak perusahaan membuka program affiliate marketing untuk menaikkan penjualan. Jadi, seberapa ampuh affiliate marketing untuk bisnis?

Affiliate marketing bagi perusahaan cukup ampuh untuk menaikkan penjualan. Konsep pemasaran ini cocok bagi perusahaan atau pebisnis yang tidak ingin repot memikirkan hal-hal terkait strategi pemasaran online yang rumit. Affiliate marketer dapat membantu mereka dalam hal pemasaran untuk menarik target pasar lebih luas. Untuk menjawab seberapa ampuh affiliate marketing untuk bisnis, mari simak penjelasan berikut!

1. Apa itu Affiliate Marketing?

Untuk memahami affiliate marketing untuk bisnis mari pahami dulu pengertian affiliate marketing. Affiliate marketing adalah strategi pemasaran online yang menggunakan penghubung antara penjual dan pembeli di mana penghubung tersebut akan mendapatkan komisi. Tiga bagian penting dana affiliate marketing adalah merchant atau penjual, penghubung dan konsumen atau pembeli. 

Penghubung sebagai afiliasi atau affiliate marketer adalah pihak ketiga yang melakukan pemasaran produk dengan media online. Affiliate marketer tidak perlu berjualan di toko, namun cukup memasarkan produk melalui website untuk tujuan pemasaran afiliasi. Perusahaan besar di Indonesia yang membuka program affiliasi di antaranya Shopee, Lazada, Zalora, Tiket.com, Pegipegi, JD.ID dan lain-lain. 

Perbedaan reseller dan affiliate marketer adalah affiliate marketer tidak perlu mengemas atau mengirim barang ke konsumen. Fokus dari affiliate marketer bukan penjualan tetapi proses pemasaran online untuk mendapatkan banyak konsumen melalui kode referral atau link afiliasinya. Pihak-pihak yang bisa menjadi affiliate marketer biasanya adalah seorang influencer, blogger atau vlogger.  

2. Cara kerja Affiliate Marketing

Tidak semua bisa menjadi affiliate marketer. Affiliate marketer perlu mendaftar ke perusahaan yang membuka program afiliasi marketing. Kemudian, affiliate marketer akan mendapatkan link atau kode referral dalam program afiliasi tersebut. Link atau kode tersebut yang akan diletakkan pada website atau artikel promosi. Nantinya, setiap aktivitas penjualan oleh affiliate marketer dapat diketahui oleh perusahaan afiliasi melalui link atau kode. 

Maka, penting bagi affiliate marketer untuk mempromosikan link atau kode referral-nya ke  seluruh media pemasaran online yang digunakan. Media pemasaran online tersebut bisa berupa website, media sosial, grup chat dan sebagainya. Semakin banyak link tersebut menghasilkan transaksi jual beli maka semakin besar komisi yang didapat oleh affiliate marketer.  

Komisi yang perusahaan berikan untuk affiliate marketer kemungkinan tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Hal ini tergantung pada kebijakan dan kerja sama antara pihak perusahaan dengan pihak affiliate marketer. Affiliate marketer bisa memiliki link afiliasi lebih dari satu perusahaan. 

Bagaimana cara perusahaan memberi komisi ke affiliate marketer? Secara umum ada tiga macam teknik penghitungan komisi untuk affiliate marketer yaitu: 

  • Pay per sale : Komisi berdasarkan jumlah produk yang terjual berdasarkan rekomendasi affiliate marketer yang dilacak dari link atau kode referral.
  • Pay per lead : Komisi ini untuk affiliate marketer yang berhasil membangun lead, seperti mengajak konsumen untuk subscribe newsletter perusahaan, mengunjungi salah satu halaman dari website perusahaan dan sebagainya. Jika salah satu lead tercapai maka affiliate marketer mendapat komisi dari aktivitas konsumen tersebut. 
  • Pay per click : Komisi untuk affiliate marketer didapat jika konsumen mau datang ke website perusahaan. Semakin banyak konsumen yang mengunjungi website perusahaan berdasarkan rekomendasi affiliate marketer maka semakin tinggi komisinya. 

3. Manfaat Affiliate Marketing untuk Bisnis

Seberapa ampuh affiliate marketing untuk bisnis bisa dilihat dari seberapa efektif kinerja affiliate marketer tersebut untuk memberi manfaat kepada perusahaan atau penjual. Bagi perusahaan atau penjual affiliate marketer punya banyak keuntungan di antaranya adalah sebagai berikut. 

a. Membantu Proses Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Affiliate marketing untuk bisnis membantu promosi dan pemasaran suatu bisnis melalui link dan kode referral yang dibagikan melalui media online oleh affiliate marketer. Semakin banyak affiliate marketer yang bergabung untuk mempromosikan produk maka akan semakin besar peluang meningkatkan penjualan.  

b. Strategi Promosi yang Minim Risiko

Jika dibandingkan strategi pemasaran online lainnya, affiliate marketer merupakan strategi promosi yang memiliki risiko kecil bagi perusahaan. Merchant atau perusahaan menggunakan jasa affiliate marketer bisa mendapat keuntungan dari segi promosi dan penjualan sekaligus. 

Sobat Shipper sebagai merchant bisa sangat terbantu dari segi penjualan produk, kemudian affiliate marketer mendapat komisi dari setiap produk terjual berdasarkan referensinya.   

c. Memperluas Target Pasar

Proses pemasaran yang dilakukan oleh affiliate marketer melalui media online maka jangkauan target pasar sangat luas dan tidak terbatas. Sobat Shipper sebagai merchant atau perusahaan penjual produk perlu memberitahu kepada affiliate marketer siapa yang menjadi target pasarnya supaya proses pemasaran bisa berjalan secara tepat sasaran.

d. Mengurangi Kebutuhan Karyawan dan Budget Pemasaran

Affiliate marketing untuk bisnis membantu perusahaan menghemat budget dan jumlah karyawan. Affiliate marketer akan menjadi media pemasaran melalui media online yang mereka miliki seperti website, media sosial, grup chat dan sebagainya. Perusahaan atau merchant memberikan komisi berdasarkan produk yang terjual dari link atau kode referral mereka sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya promosi tambahan di luar komisi.

Affiliate marketer juga tidak terikat sebagai karyawan tetap yang harus ada di kantor, jam kerja mereka fleksibel. Hal ini membuat jumlah karyawan di kantor tetap efisien sedangkan program pemasaran dan promosi tetap bisa berjalan secara optimal dengan affiliate marketing.

e. Membuka Peluang Usaha Bagi Affiliate Marketer

Sobat Shipper sebagai merchant atau perusahaan yang membuka program affiliate marketing sama dengan memberi kesempatan kerja baru bagi banyak orang. Di era teknologi, semakin banyak orang yang berminat menjadi affiliate marketer untuk menambah penghasilan. Hal ini tentu menguntungkan bagi pebisnis untuk mendapatkan lebih banyak affiliate marketer yang bekerja memasarkan produknya secara online

Sobat Shipper itulah beberapa hal mengenai penjelasan affiliate marketing untuk bisnis yang perlu diketahui oleh merchant atau penjual. Kamu pun bisa mencoba menerapkan konsep affiliate marketing pada toko online untuk menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan. Ketika penjualan semakin naik pastikan untuk selalu menjaga kepuasan pelanggan agar bisnis terus berkembang. 

Salah satu tips menjaga kepuasan pelanggan dalam jualan online adalah memberi layanan pengiriman barang yang aman. Shipper merupakan layanan logistik yang memberi pilihan ekspedisi terbaik di Indonesia dengan jaminan keamanan dan penanganan yang profesional. Jangan ragu untuk bekerja sama dengan Shipper! Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Shipper. Mau tahu apa saja keuntungannya? kunjungi websitenya di shipper.id.