8 Tips Membuat Iklan Produk Di Instagram Ads

0
230
tips iklan di instagram

Tips Iklan di Instagram – Saat ini, Instagram telah menjadi platform media sosial favorit bagi banyak orang. Dengan Instagram berbagai bentuk fitur bisa dimanfaatkan oleh penggunanya, mulai dari fitur feed, Instagram story, highlights, sampai reels Instagram sekalipun.

Ada banyak pengguna yang memanfaatkan Instagram sebagai ladang usahanya. Ya, sebagai platform media sosial yang memiliki popularitas tinggi, tak sedikit orang yang memanfaatkan platform Instagram ini sebagai penyokong aktivitas wirausaha.

Dengan adanya Instagram, para pemilik bisnis dapat melakukan peningkatan branding terhadap perusahaan maupun produk yang tengah dipasarkan, memasarkan jasa atau bentuk pelayanan pun, juga bisa dilakukan pada platform Instagram.

Nah, salah satu fitur Instagram yang seringkali digunakan untuk menyokong aktivitas bisnis adalah fitur Instagram Ads, yang mana Instagram Ads adalah sebuah fitur pengiklanan unggulan yang bekerja dengan sistem pencocokan terhadap keyword dan target audiens.

Jika Sobat Shipper memiliki bisnis yang bergerak dalam bidang kuliner, kecantikan, fashion, kesehatan, dan lain sebagainya. Penggunaan Instagram Ads ini sepertinya akan cocok untuk Sobat Shipper terapkan. Dan artikel berikut, akan menyajikan informasi mengenai cara mengiklankan produk dengan Instagram Ads, penasaran apa saja langkah-langkahnya? Langsung saja, simak kiat-kiat berikut ini.

1. Melakukan Perencanaan Terhadap Produk Atau Jasa yang Dipromosikan

Sebelum menerapkan promo produk, kamu perlu mengetahui dan membuat perencanaan mengenai produk apa yang nantinya akan dipromosikan. Tak perlu risau dengan platform pengiklanan, karena IG Ads sampai saat ini telah menghadirkan berbagai opsi fitur pengiklanan yang menarik, dan tentunya bisa digunakan dengan tepat.

Berbagai jenis produk dapat kamu iklankan, mulai dari produk kecantikan, kesehatan, bahan pangan, sampai ragam cemilan kekinian. Tentunya, pengiklanan terhadap suatu produk tidak bisa sembarang dilakukan. Karena mengenali produk dan melakukan perencanaan, merupakan hal penting yang harus dilakukan.

2. Mengetahui Tujuan yang Ingin Dicapai

Jangan salah ya, Sob. Menentukan tujuan terhadap strategi pemasaran juga harus dibentuk, lho. Ya, saat membuat iklan di Instagram Ads, salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah terpenuhinya indikator keberhasilan, yang didasari dari pembentukan tujuan. Setidaknya kamu dapat menetapkan tiga tujuan pokok.

Yang diantaranya adalah meningkatkan kesadaran pengunjung terhadap suatu produk dan brand yang dipasarkan, memperoleh bentuk prospek calon konsumen, serta mendapatkan penjualan. Ketiga tujuan pokok ini penting untuk terus kamu tinjau secara berkala dan berkepanjangan. Karena indikator keberhasilan bisnis ditentukan dari terpenuhinya tujuan yang diharapkan.

3. Tentukan Siapa Target Pengunjung Iklan Tersebut

Menentukan target pengunjung juga penting untuk diperhatikan, semakin spesifik suatu target. Maka, segmentasi pasar dapat dituju semakin jelas. Antara lain target pengunjung dapat ditentukan berdasarkan usia, gender, minat dan ketertarikan, serta lokasi. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari menentukan target pengunjung adalah penyajian konten yang dapat dibuat semakin relevan. Maka dari itu, hal yang satu ini jangan sampai terabaikan ya.

4. Mempersiapkan Bahan Konten Pengiklanan

Sebelum memulai pengiklanan, penting bagi kamu mempersiapkan bahan konten terlebih dahulu. Seperti dengan penyampaian seperti apa konten ingin disampaikan, dengan tema desain yang bagaimana, dan topik yang seperti apa. Dengan begitu, konten yang kamu sajikan tentunya bisa terbentuk lebih matang dan terstruktur dengan baik.

Menghindari konten yang monoton juga penting untuk dilakukan. Sebisa mungkin selingi lah iklan dengan konten hiburan. Sehingga promo produk bisa dilakukan lebih optimal.

5. Memperhatikan Ketentuan Publikasi Konten

Ini juga tak kalah penting untuk kamu perhatikan sebelum beriklan di Instagram Ads. Ya, ketentuan publikasi konten. Sobat Shipper pasti sudah tahu bukan, bahwa Instagram saat ini telah membuat inovasi-inovasi baru terhadap fitur-fiturnya. Setidaknya, konten pada Instagram dapat disajikan dengan fitur gambar, video, dan stories.

Nah, ketiga fitur ini terbagi kembali menjadi empat bagian. Diantaranya adalah square, landscape, potrait, dan carousel. Adapun fitur reels dan IG TV yang dimuat pada bagian video. Setiap fitur memiliki ketentuan masing-masing, maka dari itu kamu harus memperhatikan betul, ketentuan yang telah dibuat oleh Instagram. Mulai dari ukuran, resolusi, file penyimpanan, jumlah Karakter, dan lain sebagainya.

6. Lakukan Copy Ads dengan Tepat

Dalam dunia periklanan istilah Copy Ads tak lagi asing untuk dijumpai. Nah, untuk mengoptimalkan periklanan, penting bagi kamu menerapkan teknik Copy Ads pula, lho. Dimana teknik ini memungkinkan kamu untuk membuat caption yang menarik hati pengunjung atau dapat dikatakan pula menarik atensi.

Salah satu teknik Copy Ads yang bisa kamu terapkan adalah dengan memuat informasi pokok pada bagian atas, misalnya seperti harga jual, diskon, dan spesifikasi produk, menyajikan kata-kata meyakinkan, memanfaatkan penggunaan emoji dengan bijak, dan memberikan benefit yang bisa diperoleh ketika pengunjung melakukan pembelian.

7. Memastikan Visualisasi Konten Sudah Apik

Eits, memperhatikan visualisasi konten juga tak kalah penting nih, Sob. Dimana visualisasi konten yang apik dapat menarik minat pengunjung, terutama pada konten pengiklanan itu sendiri. Tentunya, pengunjung akan semakin tertarik, ketika konten tersebut berhasil memanjakan mata mereka, dan memberikan rasa nyaman saat dipertontonkan.

Maka dari itu, agar visualisasi konten menjadi apik. Kamu dapat melakukan penginstalan terhadap aplikasi bantuan yang dapat mempercantik konten milikmu. Di antara lain aplikasi tersebut adalah Canva, PicsArt, dan Lightroom. Aplikasi pembantu sederhana ini menyediakan berbagai fitur dan tools yang bisa kamu manfaatkan. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu menggunakan ragam aplikasi bantuan yang ada disini.

8. Melakukan Peninjauan dan Evaluasi

Lakukanlah peninjauan kembali terhadap iklan yang telah kamu tampilkan. Monitoring terus feedback yang diberikan oleh pengunjung terhadap iklan yang kamu sajikan, dengan adanya tindak peninjauan ini dapat membantu iklan produkmu tersaji lebih optimal.

Begitupun dengan evaluasi yang bisa kamu lakukan secara berkala seusai peninjauan. Lakukanlah evaluasi dalam dua skala, skala jangka panjang dan jangka pendek. Dimana dari sana, kamu dapat melihat perkembangan maupun kemunduran yang diperoleh setiap minggu, bulan, ataupun tahun.

Bagaimana kedelapan tips di atas? Apakah kamu tertarik mencobanya, Sob? Jika iya. Maka tips selanjutnya pasti membuatmu juga tertarik. Dimana tips ini disajikan berkaitan dengan operasional usaha. Dimana Sobat Shipper dapat menggunakan  jasa otomatisasi, terhadap pengelolaan inventori dan alokasi stok yang tepat menggunakan Atoor.

 Atoor telah hadir menjadi andalan kita semua. Tersedianya tools yang membantu pengelolaan operasional bisnis, dengan harganya yang kompetitif, dan kualitasnya pun terjamin. Yuk, langsung saja cek informasi menarik tentang Atoor di Shipper.id!