5 Tips Bisnis Kedai Kopi Saat PSBB yang Perlu Dipahami

0
58
5 Tips Bisnis Kedai Kopi Saat PSBB yang Perlu Dipahami

Memulai usaha kedai kopi tentu bukan hal yang mudah, terlebih bagi para pemula. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, mulai dari mencari produsen kopi berkualitas, hingga cara memasarkannya. Sobat Shipper, jika kamu sudah memiliki rencana untuk membuka kedai kopi terlebih pada saat PSBB seperti ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui! Simak ulasannya di bawah sini, ya. 

Tips Bisnis Kedai Kopi Saat PSBB

Sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia bisnis kedai kopi, jangan lupa untuk melakukan banyak riset agar bisnismu lebih lancar dan memiliki banyak pelanggan.

1. Tentukan Konsep Kedai Kopi

Sobat Shipper, tentu hal pertama yang harus kamu lakukan yakni menentukan konsep atau membuat business plan dengan matang terlebih dahulu. Kamu harus memikirkan dengan benar, siapa yang akan menjadi target market kamu nantinya, siapa kompetitornya, hal unik apa yang bisa menjadi nilai jual, hingga tujuan kamu membuat usaha kedai kopi. Setelah menentukan konsep dan memiliki planning, kamu juga harus memperkirakan modal usaha kedai kopi serta keuntungan yang akan didapatkan nantinya. 

2. Mencari Supplier

Bisa dibilang, poin yang kedua ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebelum mencari supplier kamu harus menyesuaikan dengan target konsumen yang telah ditentukan sebelumnya. Kamu harus mencari supplier kopi dengan kualitas yang baik, dengan harga yang cocok dan sesuai dengan target market kamu. 

3. Pilih Barista yang Sudah Berpengalaman

Tips memulai bisnis kedai kopi saat psbb tentu harus dilengkapi juga dengan barista yang sudah berpengalaman. Carilah barista yang memiliki kemampuan untuk meracik biji kopi dan menghasilkan rasa yang nikmat saat diseruput kopinya.

4. Menyediakan Stok Kopi 1 Liter

Seperti yang sedang tren selama pandemi COVID-19 seperti ini, para pemiliki kedai kopi terus berinovasi dengan menyediakan stok kopi 1 liter dalam bentuk botolan. Sobat Shipper, kamu juga harus mengikuti perkembangan tren kedai kopi hits yang satu ini. Mengapa kamu perlu menyediakan kopi 1 liter? Karena akan menghemat para pembeli dan akan lebih memudahkan mereka dan bisa dikonsumsi berkali-kali selama masa PSBB seperti ini. 

5. Menyediakan Layanan Delivery & Take-Away

Tips bisnis kedai kopi saat PSBB terakhir kamu bisa menyediakan layanan delivery dan juga take-away demi tetap melakukan pembatasan sosial di tempat umum. Selain itu, kamu juga harus melakukan pengecekan suhu tubuh pada semua pegawai dan juga para pembeli yang datang langsung mengambil pesanan di kedai kopimu nantinya. 

Sobat Shipper, itu tadi tips bisnis kedai kopi saat PSBB bagi para pemula yang ingin baru memulai bisnisnya. Sekarang, kamu gak perlu bingung lagi kan!

Baca Juga: Ide Bisnis 2020 yang Sedang Ramai Selama Pandemi, Kamu Tertarik yang Mana?