5 Keahlian Dasar dalam Entrepreneurship yang Harus Kamu Miliki

0
77

Entrepreneurship atau kewirausahaan merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan inovasi dan kreasi menjadi usaha yang menghasilkan. Semakin hari semakin banyak bisnis kreatif yang bisa kita jumpai, bahkan membuat kita terkagum-kagum akan ide yang dituangkan. Meski terlihat mudah, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. 

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat kita harus memikirkan strategi paling jitu untuk mempertahankan bisnis agar tidak kalah dalam persaingan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan kreativitas. Sebagai seorang entrepreneur, kita harus memiliki beberapa keahlian dasar dalam berbisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan yang ketat.

Baca juga: Berikut Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Termurah 

1. Kemampuan Manajemen Waktu 

Dalam entrepreneurship, kita diharuskan disiplin dalam melakukan berbagai hal karena waktu adalah uang. Mulai sekarang jangan biasakan telat atau molor karena kebiasaan tersebut bisa membawa kita pada kerugian. Apalagi jika melibatkan pertemuan dengan pihak lain, seperti mitra kerja atau klien maka menimbulkan kesan tidak profesional. 

Ketika kamu menjalankan usaha, tentu harus bisa mengatur waktu dengan baik karena masih ada kewajiban lain yang harus kamu lakukan, seperti mengantarkan anak sekolah, menemani istri atau suami berbelanja, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghargai waktu untuk bisa sukses berbisnis. 

2. Kemampuan Manajemen Keuangan

Selain manajemen waktu, manajemen keuangan juga sangat penting dalam kewirausahaan. Usaha kecil maupun besar tentu membutuhkan sistem keuangan yang tepat agar keuntungan yang didapat lebih besar dan mampu mengantisipasi terjadinya kerugian. Tanpa adanya kemampuan mengatur keuangan dengan baik, return adalah hal yang sulit dilakukan. 

Sebelum menjalankan usaha, kamu harus memperhitungkan analisis modal yang dibutuhkan, seperti modal untuk membeli bahan dasar, modal menyewa tempat dan lainnya. Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, seberapapun modal yang dimiliki bisa saja hilang karena kita tidak bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik. 

3. Kemampuan dalam Negosiasi 

Negosiasi menjadi salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang entrepreneur. Dalam menjalankan entrepreneurship tentu kita tidak bisa berdiri sendiri, pasti membutuhkan mitra kerja demi kemajuan usaha. Ketika mencari mitra kerja, pasti kita ingin mendapatkan keuntungan dari mereka, begitu juga dengan mereka. 

Tidak mudah untuk menemukan kesepakatan antara dua pihak agar saling untung. Di sinilah, kemampuan negosiasi diperlukan karena kamu harus bisa memastikan bahwa kesepakatan yang dibuat berdasarkan kepentingan bersama. Jika kamu memiliki kemampuan ini, mudah untuk membuat kesepakatan dengan mitra kerja maupun klien sekalipun. 

Baca juga : 4 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Salah Pilih Jasa Pengiriman

4. Kemampuan Komunikasi atau Berbicara

Dalam entrepreneurship, kemampuan komunikasi jelas sangat dibutuhkan, baik untuk promosi, negosiasi, memberikan arahan pada karyawan dan lain sebagainya. Setiap orang yang dapat berkomunikasi belum tentu bisa mencapai tujuan dari komunikasi tersebut. Apalagi pemahaman setiap orang terhadap sesuatu bisa berbeda sehingga komunikasi efektif sangat diperlukan. 

Percuma jika kamu berbicara panjang lebar pada karyawan, tapi mereka tidak bisa menangkan apa yang kamu maksud. Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kamu harus lebih sering membaca dan melihat bagaimana orang-orang sukses dalam berkomunikasi, kemudian melatihnya di saat senggang. 

5. Kemampuan Promosi atau Persuasif

Kemampuan terakhir yang tidak kalah penting dalam menjalankan usaha adalah kemampuan promosi. Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya promosi karena dengan promosi masyarakat mengetahui keberadaan produk kita. Oleh karena itu, pastikan kamu mengasah kemampuan membujuk orang lain agar membeli produk yang ditawarkan. 

Jika kamu membutuhkan jasa pengiriman barang dalam mengembangkan jangkauan bisnis, Shipper bisa menjadi solusi. Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya.

Memiliki tagline “Bebas Pilih Tanpa Batas” Shipper bisa dijadikan solusi pengiriman barang dan jasa pergudangan yang praktis, aman, dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu. Bersiaplah mendapatkan keuntungan enterpreneurship saat menggunakan Shipper, untuk keterangan dan informasi lebih lanjut kamu bisa berkunjung langsung ke www.shipper.id.