5 Cara Memulai Usaha Online yang Perlu Diperhatikan, Apa Saja?

0
52
5 Cara Memulai Usaha Online by Shipper

Kini, usaha online sedang banyak diminati oleh para pebisnis di Indonesia. Karena adanya pandemi dan pemberlakuan PSBB, banyak dari para penjual yang beralih ke online. Tapi, jika kamu tertarik untuk mencoba usaha online tentu ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. 

Selain lebih hemat karena tidak perlu menyewa tempat, berjualan secara online pun juga sangat efektif dan lebih fleksibel untuk dilakukan pada masa seperti sekarang ini. Sebelumnya, simak terlebih dahulu tips usaha online pemula yang bisa kamu intip. Yuk, simak ulasannya di bawah sini!

1. Ketahui Produk yang Akan Dijual

Tips usaha online pemula yang pertama harus dilakukan tentu saja menentukan apa produk yang akan kamu jual nantinya. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu apa yang sedang ramai di pasaran dan banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini. 

2. Tentukan Platform Jualan Kamu

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis kamu. Apakah kamu akan berjualan di media sosial atau bergabung dengan marketplace yang ada di Indonesia. Selain itu, kamu pun harus menyusun strategi yang tepat untuk para calon pembeli nantinya. Tapi, jika kamu ingin bergabung dengan marketplace pastikan kembali kamu memilih yang sudah memiliki reputasi tinggi dan terpercaya. 

3. Foto Produk Harus Menarik 

Tak hanya kedua hal yang sudah disebutkan tadi di atas saja. Jika ingin memulai usaha online yang menguntungkan tentu harus didukung dengan visual yang menarik para pembeli. Kamu juga bisa melihat referensi di internet terlebih dahulu untuk membuat foto produk yang menurutmu akan menarik minat para pembeli. Sebaiknya, gunakan juga properti untuk menambah kesan estetik pada produk kamu. 

4. Berikan Promo Menarik 

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menarik para pembeli yakni dengan memberikan promo menarik. Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa hampir seluruh orang akan tertarik dengan yang namanya promo. Kamu bisa memberikan potongan harga untuk pembelian pertama atau promosi buy 1 get 1. Dengan adanya promo, tentu akan menarik minat para pembeli.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Online Selama Pandemi Agar Tetap Aman

5. Buat Packaging yang Menarik

Jika kamu sudah melakukan semua tips di atas, kini saatnya proses akhir jika ingin mencoba memulai usaha online shop. Kamu bisa melihat beberapa referensi packaging unik di internet. Tentunya, ini pun bisa menambah nilai jual dari produk yang akan kamu pasarkan nantinya. Kamu juga bisa membuat kartu ucapan dan stiker sebagai apresiasi dari para pembeli yang telah memesan produkmu. 

Nah, itu tadi tips usaha online pemula yang bisa kamu pelajari. Tak hanya itu saja, untuk mendukung kualitas produkmu sebaiknya pilih juga jasa ekspedisi terpercaya untuk mengirim barang-barang pesanan para pembeli. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah Shipper.

Dengan Shipper, kamu bisa memilih berbagai macam ekspedisi sesuai dengan kebutuhan bisnis online shop kamu. Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya! Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di www.shipper.id.