Ketahui 4 Hal Mengenai Pengiriman Barang Lewat Cargo Agar Tidak Salah

0
217
Pengiriman barang lewat cargo lebih mudah dengan shipper

Layanan pengiriman barang lewat cargo, memang cukup beragam, masing-masing layanan, sengaja diberikan, guna menyesuaikan kebutuhan akan jenis, berat dan juga lama barang yang akan dikirimkan tersebut. Secara umum, layanan jasa pengiriman barang mempunyai 4 layanan jasa, antara lain:

1. Pengiriman Barang Melalui Jalur Darat

Seperti namanya, sistem pengiriman barang lewat cargo kali ini akan menggunakan jalur darat. Dalam hal ini ada 2 jenis layanan yang dapat kamu pilih, antara lain:

  1. Full Truck Load / Ftl

Layanan ini diberikan, untuk kebutuhan pengiriman barang berat atau juga volume barang yang cukup besar. Dalam hal ini kamu dapat menyewa 1 truk yang sesuai kebutuhan.

  1. Less Than Truckload / LTL

Jika barang yang akan kamu kirim kurang dari kapasitas truk yang ada, maka kamu dapat memilih layanan yang satu ini. Pihak penyedia jasa, akan mengumpulkan beberapa barang atau konsumen, yang membutuhkan layanan sejenis. Jika barang yang akan dikirim dirasa sudah penuh atau sesuai dengan kapasitas truk, maka barang akan segera dikirim. Keuntungan menggunakan layanan ini, adalah harga yang efisien dan lebih murah.  

2 Pengiriman Barang Melalui Jalur Laut

Layanan pengiriman barang berikutnya adalah menggunakan jalur laut. Dalam layanan pengiriman kali ini, barang akan dimasukkan ke dalam container terlebih dahulu. Sama seperti sebelumnya, yaitu pengiriman melalui jalur darat. Pihak pengiriman akan memberikan beberapa pilihan bagi konsumen seperti kamu. Mulai dari layanan Full Charter Load yang disingkat jadi FCL, jika barang yang dikirim memang hampir 1 kontainer. Ada juga Less Than Container atau yang disingkat jadi LCL, jika barang yang dikirim tidak terlalu banyak, dan dapat dibagi dengan konsumen lainnya.   

3. Pengiriman Barang Melalui Jalur Udara

Pengiriman barang melalui jalur udara, biasanya banyak dipilih, lantaran cepat dalam mengirim barang. Barang yang dikirim beragam, namun cenderung barang-barang ringan, walau ada juga barang yang dirasa cukup berat. Untuk masalah harga layanan yang ditawarkan memang sedikit lebih mahal, dibanding layanan lainnya. Tentunya hal ini sepadan dengan layanan yang diberikan.  

4. Pengiriman Barang Melalui Kurir

Ini adalah salah satu metode paling cepat, untuk mengirimkan barang, terutama yang masih 1 kota, atau  kota tetangga yang jaraknya tidak terlalu jauh. Umumnya metode ini, dipilih, jika barang yang akan dikirim berat, atau juga kecil, namun membutuhkan proses pengiriman yang cepat.

Dibandingkan dahulu saat ini, layanan pengiriman barang lewat cargo memang cukup beragam, dan masing-masing penyedia jasa, mempunyai layanan dan kualitas layanan yang tidak jauh berbeda. Kamu dalam hal ini harus memperhatikan layanan dan kualitas layanan yang ada. Agar barang yang akan dikirim kelak, tidak hanya sampai,namun juga aman.

 
Baca Juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pengiriman Barang Antar Pulau via Laut