3 Fungsi Fullfilment yang Wajib Kamu Ketahui

0
14
fullfilment

Sobat Shipper pernah mendengar istilah fulfillment center? Kalau Sobat Shipper sudah menjalankan sebuah bisnis online, istilah fulfillment pasti tidak terdengar asing. Sedangkan untuk Sobat Shipper yang tidak tahu apa itu fulfillment, Shipper hadir di sini untuk menjelaskannya.

Apa Itu Fulfillment?

Fulfillment adalah tempat penyimpanan sementara barang dan produk yang dikelola oleh penyedia gudang fulfillment. Hal ini merupakan jenis jasa yang baru dalam dunia logistik di sektor business to business (B2B) dan business to consumer (B2C).

Secara umum, jasa fulfillment adalah proses penyimpanan dan pemesanan yang mencakup penyimpanan stok penjual hingga pengiriman produk ke konsumen. Operasi jasa ini dilengkapi dengan sistem canggih, yang membuat operasi lebih profesional untuk menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi.

Teknologi berubah begitu cepat, salah satu aspek yang berkembang pesat saat ini adalah bisnis e-commerce. Dengan berkembangnya bisnis e-commerce, siapapun dapat memulai bisnis online di marketplace yang berbeda, seperti Shopee dan Tokopedia.

Pelaku bisnis online bisa mengandalkan sistem yang dimiliki oleh marketplace pilihan mereka untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian. Melihat perkembangan ini, tidak hanya marketplace yang mengembangkan sistemnya sebagai platform e-commerce untuk bisnis online.

Ada beberapa vendor atau penyedia jasa untuk memfasilitasi proses bisnis online dengan layanan kinerja yang cepat dan aman, yaitu jasa fulfillment.

Selain jasa fulfillment tradisional, ada juga yang disebut sebagai e-fulfillment. Perbedaan keduanya adalah e-fulfilment didedikasikan untuk layanan digital seperti marketplace e-commerce di Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia. Sementara itu, jasa fulfillment biasa bisa digunakan oleh bisnis yang bergerak di luar marketplace digital tersebut.

Apa Fungsi Fulfillment?

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai jasa yang diberikan oleh perusahan fulfillment, Sobat Shipper bisa menganggap jasa ini sebagai solusi untuk bisnis online-mu. Masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan menggunakan jasa fulfillment? Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Penyimpanan Stok dengan Stock Management

Stock management dan penyimpanan barang adalah aspek yang penting dalam alur bisnis dalam lingkungan digital. Karena dengan stock management yang baik, Sobat Shipper bisa dengan mudah mengontrol stok yang disimpan. Semua informasi dan detail stok akan tercatat dan terhitung dengan jelas dan teratur.

Dengan penyimpanan stok yang jelas, maka Sobat Shipper bisa memprioritaskan lini produk yang memiliki penjualan paling besar dan mempromosikan atau mengembangkan lini produk dengan performa yang rendah.

  1. Pengemasan dan Pengiriman Produk

Selain pengelolaan stok, biasanya perusahaan fulfillment juga memberikan jasa pengemasan yang termasuk dalam jasa yang ditawarkan. Aspek penawaran ini bisa Sobat Shipper manfaatkan untuk menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu mengalokasikan sumber daya untuk mengirimkan produk yang dijual kepada pelanggan.

Dengan mempekerjakan pihak ketiga sebagai pengirim produk, Sobat Shipper tidak perlu kewalahan untuk mengontrol data pelanggan dan melakukan pengemasan produk. Perusahaan fulfillment menawarkan operasi pengemasan dan pengiriman yang akurat dan tidak memakan waktu, sehingga risiko pembatalan transaksi Sobat Shipper juga jauh lebih kecil. 

  1. Order Fulfillment

Hal ini merupakan serangkaian proses untuk memenuhi pesanan pelanggan Sobat Shipper. Proses ini mencakup dari penerimaan pesanan, proses penyediaan stok, pengemasan hingga pengiriman pesanan.

Order fulfillment adalah aspek operasi bisnis yang akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan stock management yang baik, Sobat Shipper tidak akan pernah kehabisan stok untuk dijual, sehingga permintaan pelanggan akan selalu terpenuhi dan kecepatan pengiriman akan lebih tinggi. 

Nah, jadi, fulfillment adalah solusi yang akan membantu Sobat Shipper untuk menghemat sumber daya yang dimiliki untuk menjalankan bisnis online-mu.

Apakah Sobat Shipper tertarik untuk bekerja sama dengan penyedia jasa fulfillment untuk mengembangkan bisnis online?

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id