Kiat menjaga loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda

0
310

Sobat Shipper, masa pandemi Covid-19 telah membawa perubahan terhadap pola konsumsi masyarakat. Nyaris semua kegiatan dialihkan dengan menggunakan berbagai teknologi digital. Segala bentuk perubahan yang timbul pada masa pandemi ini, tentunya memerlukan berbagai bentuk adaptasi. Dan nyatanya, tak sedikit masyarakat yang mengalami kesulitan dalam melakukan tindakan adaptasi tersebut. 

Nah, sebagai seorang pebisnis Sobat Shipper perlu untuk membentuk sikap tanggap, adaptif, dan responsif terhadap perilaku yang konsumen terapkan di masa pandemi Covid-19 ini. Tentunya, selama masa pandemi akan ada banyak perubahan dan tantangan baru yang Sobat Shipper hadapi.

Salah satunya mengenai loyalitas konsumen. Mempertahankan loyalitas konsumen merupakan salah satu unsur penting, yang dapat membuatmu mampu mendulang begitu banyak keuntungan dan menjaga keberlangsungan dalam berbisnis. Menjaga loyalitas konsumen selama pandemi, menjadi sebuah perilaku yang cukup sulit. 

Dimana konsumen bisa saja menurunkan intensitas pembelian terhadap produk tertentu, karena tengah berada di masa sulit. Atau bahkan masih merasa keberatan untuk menggunakan teknologi digital dalam perniagaan, karena mempunyai pengalaman berbelanja yang kurang baik.

Oleh karenanya, beragam permasalahan dan tantangan tersebut. Harus dapat dihadapi oleh pelaku usaha, agar bisnis dijalankan dapat berlangsung dengan baik serta keuntungan yang diperoleh pun dapat mengalir secara optimal. Apa yang mereka butuhkan? Apa yang membuat produkmu relevan? Semuanya harus dibicarakan secara matang.

Maka dari itu, berikut ini adalah artikel yang akan menyajikan Sobat Shipper, informasi mengenai kiat menjaga loyalitas konsumen selama pandemi. Kira-kira apa saja kiatnya? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Mengenali Apa yang Dibutuhkan Oleh konsumen

Sudahkah kamu mengenali apa yang dibutuhkan oleh konsumen? Jika belum, maka kenalilah apa yang saat ini konsumen Sobat Shipper butuhkan, bangunlah interaksi dengan para konsumen dimana kamu secara terbuka dapat menerima masukan yang diberikan oleh mereka.

Interaksi ini dapat Sobat Shipper bangun dengan memanfaatkan berbagai platform sosial media. Layaknya Instagram, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya. Misalnya saja pada platform Instagram, Sobat Shipper dapat memanfaatkan fitur jajak pendapat atau tanya jawab yang ada pada Instagram story, pada platform media sosial lainnya, Sobat Shipper juga dapat memanfaatkan fitur komentar untuk membangun interaksi.

Dan ketika kamu ingin melakukan interaksi lebih eksklusif dengan konsumen, kamu dapat memanfaatkan fitur newsletter guna menanyakan produk-produk seperti apa yang saat ini tengah konsumen butuhkan.

Umumnya konsumen menjadi lebih senang ketika Sobat Shipper menyajikan produk yang dapat membantu penanganan pandemi Covid-19. Jadi, mengenal apa yang tengah konsumen butuhkan itu amat penting untuk kamu tinjau dan perhatikan ya…

2. Berikan Bentuk Kepedulian

Di masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan ini, konsumen tentunya membutuhkan berbagai dukungan, termasuk dukungan emosionalitas. Oleh karenanya, Sobat Shipper perlu memberikan bentuk kepedulian kepada konsumen dengan menghadirkan inovasi-inovasi terbaru, terhadap bisnis yang tengah Sobat Shipper jalankan.

Misalnya saja, ketika kamu memiliki sebuah website atau blog yang menjadi salah satu media dalam tindak promosi yang Sobat Shipper lakukan. Pada blog tersebut, buatlah konten yang memuat tips selama pandemi, solusi efektif menghadapi pandemi, sampai beragam strategi dalam mengatasi pandemi. Dengan menyajikan konten-konten berikut, Sobat Shipper artinya mampu mewujudkan bentuk kepedulian, karena menghadirkan berbagai solusi dari permasalahan yang relevan.

Tak hanya itu, Sobat Shipper juga dapat aktif memberikan kepedulian, dengan menyajikan konten interaktif yang bersifat inovatif dan inspiratif pada berbagai platform media sosial.

Oleh karenanya, bentuk kepedulian tersebut amat penting untuk kamu berikan. Dimana dengan membentuk kepedulian, konsumen akan menunjukan ketertarikan karena merasa diperhatikan dengan baik dan tepat.

3. Meninjau Tren Produk

Bingung ingin menyajikan produk yang bagaimana? Atau bimbang untuk menentukan produk yang seperti apa? Eits, Sobat Shipper tidak perlu khawatir dengan berbagai permasalahan tersebut. Terutama untuk Sobat Shipper yang baru saja merintis bisnis, Sobat Shipper dapat mengatasi permasalahan ini dengan melakukan peninjauan terhadap tren suatu produk.

Bagaimana peninjauan tersebut dapat dilakukan? Peninjauan tersebut, dapat dilakukan dengan memanfaatkan tools riset produk yang salah satunya dihadirkan oleh Google. Ya, apalagi kalau bukan Google Trends, dengan menggunakan Google Trends kamu dapat meninjau statistik perkembangan suatu produk. Dan dari sinilah, kamu dapat melakukan penjualan online secara aktif dan inovatif.

4. Menjaga Kualitas Produk

Menghadirkan produk yang menarik memang penting.Namun, sebagai seorang pelaku usaha yang baik, kamu perlu untuk tetap meninjau dan menjaga kualitas produk dengan baik dan benar. Agar loyalitas pelanggan dapat terjaga, produk merupakan faktor penting yang harus dijaga dengan benar. 

Jangan buat konsumen kecewa dengan kualitas produk yang telah Sobat Shipper hadirkan.Tetaplah mewujudkan produk dengan pembuatan, pengemasan, dan peninjauan terbaik. Ciptakan kualitas dengan sepenuh hati untuk tetap menjaga kualitas produk.

5. Menjaga Kualitas Layanan

Tak hanya menghadirkan kualitas produk yang optimal, Sobat Shipper juga perlu menghadirkan layanan dengan kualitas yang juga optimal. Berikan layanan yang terbaik sesuai dengan apa yang konsumen harapkan. 

Berikanlah komunikasi yang responsif melalui berbagai media komunikasi yang kamu miliki, perlakukanlah produk dengan baik, dan pastikan produk dapat sampai ke tangan pelanggan dengan memilih jasa ekspedisi terbaik.

Namun, kadang kala pelayanan yang ingin kita terapkan justru tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Ada saja istilah kewalahan dan kerepotan, yang seringkali muncul dan membebani seorang pebisnis. Akibatnya, pelayanan yang diberikan pun juga terkesan tidak optimal dan maksimal. Seperti ada saja chat customer yang terabaikan, pengelolaan inventori yang dilewatkan, sampai pengaturan order yang tidak dapat disesuaikan.

Melakukan kegiatan jualan online selama pandemi memang tidak selalu mudah seperti apa yang dibayangkan, terlebih apabila toko online milik Sobat Shipper tersebar di berbagai marketplace. Harus bolak-balik ke berbagai marketplace, tentunya amat memakan waktu bukan? 

Maka dari itu, untuk Sobat Shipper yang ingin menghadirkan performa terbaik kepada konsumen, Sobat Shipper dapat menjaga loyalitas konsumen, dengan menyajikan Atoor sebagai platform omnichannel terpercaya. Dimana Atoor mampu mengintegrasikan berbagai marketplace. Sehingga mempermudah penjualan online yang tengah kamu lakukan.

Hadirnya fitur Atoor yang dapat mengotomatisasi pengelolaan invertori dan stok barang, membuatmu mampu berjualan online secara optimal, tanpa ada kata kerepotan.
Nah, Sobat Shipper itu dia beragam kiat penjualan online yang dapat kamu terapkan untuk terus menjaga loyalitas konsumenmu, sangat menarik untuk dijalankan bukan? Apabila Sobat Shipper tertarik untuk meningkatkan performa pelayanan. Kamu dapat menggunakan Atoor yang terus berusaha menjaga loyalitas penggunanya. Tertarik untuk berkenalan dengan Atoor? Yuk, tinjau informasi mengenai Atoor di Shipper.id!