Kiat Jitu Optimalisasi Penjualan dengan Facebook Ads

0
319

Pada era digitalisasi saat ini, sebagai seorang pebisnis Sobat Shipper pasti tidak lagi asing mendengar istilah Ads alias iklan berbayar bukan? Ada berbagai jenis Ads yang saat ini ditawarkan oleh beragam platform, mulai dari Instagram Ads, YouTube Ads, Google Ads, dan Facebook Ads.

Nah, pada artikel kali ini Sobat Shipper akan disajikan berbagai informasi mengenai fitur periklanan yang ditawarkan oleh platform Facebook, atau yang seringkali dikenal sebagai Facebook Ads. Menjadi fitur periklanan yang diandalkan oleh banyak pelaku usaha, Facebook Ads ini merupakan salah satu media periklanan yang cukup populer dan sering digunakan.

Untuk mendulang kesuksesan, kamu perlu menyusun strategi periklanan dengan baik dan tepat. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan penjualan dengan menggunakan Facebook Ads kamu perlu menerapkan kiat-kiat jitu sebagai salah satu cara jualan online laris di Facebook. Apa saja kiatnya? Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Memahami Peranan Facebook Ads

Facebook Ads menghadirkan berbagai fitur yang dapat membantu jalannya strategi pengiklanan. Dimana Facebook Ads ini menyajikan fitur cost control, peranan dalam melacak rekam jejak pengiklanan, serta menyajikan pilihan melimpahnya optimasi pengiklanan, serta memungkinkan untuk melakukan penargetan ulang.

Hadirnya berbagai peranan pada Facebook Ads ini, membuat Facebook Ads bersifat fleksibel, efektif, dan efisien untuk digunakan sebagai platform pengiklanan. Sehingga, dengan adanya beragam peranan yang disajikan oleh Facebook Ads ini, membuat pengiklanan dapat direalisasikan secara optimal, relevan, dan efektif.

2. Mengenal Fitur Unggulan Pada Facebook Ads

Sebelum membahas peranan Facebook Ads lebih lanjut, Sobat Shipper perlu mengetahui fitur unggulan yang disediakan pada platform pengiklanan, Facebook Ads. Nah, salah satu fitur yang dihadirkan disini adalah fitur retargeting atau dapat disebut sebagai penargetan ulang.

Apa itu fitur retargeting? Untuk Sobat Shipper yang masih awam dengan fitur yang satu ini, fitur retargeting sendiri merupakan sebuah fitur yang berperan besar dalam melakukan pendekatan kembali, terhadap interaksi Sobat Shipper kepada pengunjung. Fitur ini bekerja dengan memfokuskan pengunjung yang belum melakukan pembelian, namun memiliki peluang besar untuk melakukan pembelian. 

Bekerja dengan sistem pixel-based, fitur Facebook Ads ini mulai berfungsi ketika pengunjung meninggalkan situs Sobat Shipper tanpa melakukan pembelian. Dari sini, Facebook Ads akan memberi notifikasi mengenai waktu yang tepat untuk melakukan penayangan iklan kembali. Sehingga, iklan yang Sobat Shipper jalankan dapat ditampilkan secara efektif dan efisien.

Ada berbagai peranan yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan fitur retargeting ini, diantaranya adalah meningkatkan brand awareness dan meningkatkan konversi penjualan. Maka dari itu, memahami fitur Facebook Ads yang satu ini sangat penting untuk kamu lakukan. Karena dengan memahami kinerja fitur retargeting, kamu dapat memperoleh bekal untuk mendalami realisasi mengenai cara banjir orderan di marketplace Facebook.

3. Cara Membuat Toko Online di Facebook

Jika sebelumnya Sobat Shipper telah memahami definisi, peranan, dan fitur unggulan yang ada pada Facebook Ads, berikutnya mari bentuk toko onlinemu sendiri usai melakukan peninjauan terhadap peranan dan fitur yang dihadirkan. 

Eits, jangan salah ya Sobat Shipper… Tidak hanya di marketplace, toko online pun dapat kamu bentuk dan jalankan di platform Facebook, dimana dengan membentuk toko online di Facebook, kamu dapat optimalisasi periklanan di Facebook Ads, lho. Kira-kira apa saja ya kiat-kiatnya? Apakah sama praktisnya dengan membuat toko online di marketplace? Berikut ini adalah penjelasannya.

a) Membuat Facebook Page

Sebelum optimalisasi Facebook Ads, yang pertama kali perlu Sobat Shipper terapkan adalah dengan membuat Facebook Page terlebih dahulu. Dengan membentuk Facebook Page, Sobat Shipper dapat menuai lebih banyak keunggulan, diantaranya langkah yang dapat kamu terapkan adalah sebagai berikut.

  • Bukalah platform Facebook dan masuklah ke akun personalmu.
  • Pilihlah ikon bendera yang bertuliskan “Halaman atau Pages”
  • klik ikon tambah untuk membuat Facebook Page.
  • Kemudian ikutilah instruksi yang diminta oleh Facebook.

b) Pilihlah Ikon Tambah

Tambahkan bagian toko atau yang dapat disebut sebagai Add Shop Section, dimana bagian ini terletak pada sidebar kiri.

c) Konfirmasi Seluruh Tindakan dan Pilihlah Jenis Mata Uang

Konfirmasi seluruh tindakan yang kamu lakukan sesuai ketentuan yang Facebook berikan. Pilihlah opsi mata uang yang berperan sebagai standarisasi pembayaran, kemudian pilih simpan.

d) Menata Persiapan Toko Online

Usai membuat toko online pada platform Facebook, kamu perlu melakukan penataan terhadap toko online yang nantinya akan kamu jalankan. Antara lain kiat-kiat yang perlu kamu lakukan dimulai dari memberikan deskripsi mengenai toko dan spesifikasi produk yang diperjualbelikan.

Lakukan penambahan terhadap produk yang ingin kamu jual, klik Tambahkan Produk (Add Products) dan list berbagai produk pun dapat kamu temui, dimana Sobat Shipper bisa menyertakan berbagai informasi layaknya foto, nama, harga jual, serta deskripsi dari produk yang ingin diperjualbelikan.

Jika Sobat Shipper memiliki keinginan untuk menunjukan produk secara khusus, aktifkan opsi unggulan terhadap produk tersebut (Feature this product). Kemudian, apabila Sobat Shipper ingin melakukan penyebaran produk kepada para pelanggan, Sobat Shipper dapat mengaktifkan opsi bagikan produk yang dapat disebut sebagai Share this product on your page.

4. Mengoptimalkan Penjualan dengan Facebook Ads

Yuk, optimalisasi penjualanmu dengan menggunakan pengiklanan Facebook Ads, berikut ini adalah berbagai kiat optimalisasi yang dapat Sobat Shipper terapkan sebagai trik jualan di marketplace Facebook. 

a) Manfaatkan Fitur Facebook Ads Secara Optimal

Facebook Ads menyajikan berbagai fitur dengan jenis yang bervariasi, untuk optimalisasi fitur Facebook Ads Sobat Shipper perlu memanfaatkan fitur yang diberikan secara optimal, dimana kamu dapat melakukan pengelompokan terhadap setiap karakter pengunjung berdasarkan interaksi yang dilakukan.

Manfaatkan fitur tracking dan retargeting yang membuatmu dapat melakukan pelacakan dan penyajian iklan secara optimal dan relevan.

b) Buatlah Plan A dan B

Sajikanlah dua plan atau perencanaan berbeda agar Sobat Shipper dapat meninjau, mana Ads yang relevan atau sesuai untuk menarik pengunjung atau  membawa pengunjung untuk kembali melakukan interaksi ke situs Sobat Shipper.

Oleh karenanya, penting bagi Sobat Shipper untuk melakukan peninjauan dan evaluasi terhadap tampilan pengiklanan yang telah Sobat Shipper sajikan sebelumya, baik itu meliputi tampilan visual, penyajian konten yang relevan, dan lain sebagainya.

c) Buatlah Iklan yang Relevan dan Menarik

Berikanlah tampilan iklan yang dapat menarik atensi pengunjung, sajikan iklan dengan konten yang relevan sesuai dengan permasalahan atau minat yang diinginkan oleh pengunjung. Tampilkanlah iklan dengan resolusi terbaik, dan visual yang menarik.

Jangan ragu untuk menggunakan tool penyuntingan gambar layaknya Canva, PicsArt, dan lain sebagainya. Jika Sobat Shipper ingin menampilkan iklan dengan kualitas sebaik mungkin, kamu juga dapat melakukan pembelian terhadap jasa pengiklanan profesional.

Sobat Shipper, itu dia berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan pengiklanan secara optimal pada platform Facebook Ads, dengan merealisasikan pengiklanan secara baik dan optimal. Sobat Shipper sudah bisa mengantongi cara banjir orderan di marketplace Facebook.

Oleh karenanya, ketika Sobat Shipper berhasil mendulang keuntungan dari pengiklanan yang diterapkan, kamu dapat mengoptimalkan pula operasional bisnis dengan menggunakan platform OCMS, yakni Atoor. Yuk, cek informasi lengkap mengenai Atoor di Shipper.id!