Cara agar produk mudah ditemukan di Tokopedia

0
300

Menjual di Tokopedia adalah peluang bagus untuk menghasilkan uang secara online, baik Sobat Shipper ingin menambah penghasilan atau membangun bisnis online. Layanan yang diberikan oleh marketplace populer ini memudahkanmu untuk memulai dan mengembangkan bisnis baru di era digital ini.

Cara agar jualan laris di Tokopedia adalah pertanyaan kritis saat Sobat Shipper baru mulai. Pertama-tama, sangat penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan “peringkat”. Ketika berbicara tentang penjual Tokopedia, peringkat merujuk ke peringkat toko atau peringkat produk.

Peringkat toko adalah peringkat toko secara keseluruhan dalam kategori produk utama. Sedangkan peringkat produk adalah fungsi dari relevansi kata kunci dan kecepatan penjualan dan berhubungan dengan posisi di mana produk muncul dalam hasil pencarian kata kunci tertentu.

Sekarang, produk Sobat Shipper harus ditemukan oleh pembeli terlebih dahulu dan tampil menarik agar mereka dapat memilihnya. Bagaimana kamu bisa membuat produk menonjol dari yang lain dan muncul di bagian atas hasil pencarian? Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Menjadi Top Seller Tokopedia

1. Buat branding toko yang tepat 

Ini adalah kunci utama cara jualan online. Segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, baik fitur berwujud maupun tidak berwujud, disebut sebagai brand. Untuk itu, Sobat Shipper memerlukan identitas brand, yang merupakan komponen visual yang membentuk brand tersebut. 

Logo, tipografi, warna, dan banyak lagi adalah bagian dari identitas yang perlu Sobat Shipper pertimbangkan dengan matang. Ini sangat penting dalam bisnis online untuk memastikan bahwa tokomu tetap berada di benak pelanggan potensial.

2. Pastikan untuk menggunakan nama produk yang benar

Selanjutnya, cara jualan online di Tokopedia adalah dengan memasastikan nama produk sesuai dengan rekomendasi Tokopedia, yaitu Jenis Produk/Kategori Produk + Brand Produk + Keterangan Tambahan. 

Manfaatkan juga kata kunci yang paling sering dicari. Lakukan riset kata kunci dengan menggunakan “Wawasan Pasar” untuk melihat barang paling laku di Tokopedia. Saat menulis nama produk, Sobat Shipper juga dapat menggunakan kata kunci yang disarankan Tokopedia.

Saat menulis nama produk, mulailah dengan kata kunci terpenting sehingga pelanggan langsung memahami apa yang dijual. Penting juga untuk menempatkan kata kunci tersebut terlebih dahulu.

Tempatkan juga produk dalam kategori yang sesuai. Tokopedia akan menyarankan berbagai kategori yang sesuai dengan produk yang akan dijual.. Untuk memastikan produk Sobat Shipper muncul di halaman awal pencarian, pastikan kategori produk yang dipilih sudah benar untuk produk tersebut.

3. Tulis deskripsi produk yang menarik

Sobat Shipper memiliki banyak hal untuk mendeskripsikan produk kepada pelanggan potensial pada bagian deskripsi dari halaman produk. Manfaatkan bagian ini untuk menawarkan produk dengan cara yang menarik namun tetap informatif.

Bagian ini harus dikemas dengan informasi singkat namun rinci, serta kata kunci penting yang tidak dapat disertakan dalam nama produk tersebut. Pelanggan lebih cenderung berkonversi jika mereka dapat menemukan apa yang mereka cari tanpa harus kerepotan mencari-cari informasi tambahan.

4. Optimalkan foto produk untuk konversi

Foto dan infografis berkualitas tinggi dalam halaman produk Sobat Shipper akan membantu meningkatkan peringkat penjualan dengan meningkatkan tingkat konversi. Untuk memberi calon pembeli informasi sebanyak mungkin tentang suatu produk, kamu harus memanfaatkan jumlah maksimum foto yang diizinkan.

Meskipun foto utama sebaiknya memiliki latar belakang putih, foto yang lain dapat menyertakan komponen yang menarik seperti lokasi atau gaya yang unik, teks yang berguna, dan logo. Gunakan infografis, perbandingan ukuran, dan bagan untuk memberikan informasi penting yang akan mendorong calon pembeli untuk berkonversi.

5. Tentukan harga produk yang kompetitif

Harga produk di Tokopedia terbilang cukup kompetitif. Pembeli dapat memilih opsi yang lebih murah jika Sobat Shipper memberikan harga yang terlalu tinggi. Namun, jika harga terlalu rendah, kamu berisiko memicu “perang harga” yang dapat mendevaluasi ceruk pasar dimana kamu berada. Berikut adalah beberapa cara yang umum digunakan untuk menentukan harga: 

  • Harga ditentukan oleh biaya produksi.
  • Harga mengikuti harga jual pesaing.
  • Harga ditentukan oleh nilai produk.

Sobat Shipper juga dapat memanfaatkan fungsi Rekomendasi Harga, yang tersedia di situs web dan Android, untuk menentukan harga kompetitif. Kamu bisa memperkirakan harga rata-rata produk sejenis yang dijual di Tokopedia menggunakan fungsi ini.

6. Pasang iklan berbayar 

Mengiklankan toko dan produk Sobat Shipper di Tokopedia, baik melalui iklan TopAds atau dengan tautan eksternal melalui Facebook Ads dan Google Ads, adalah salah satu cara menjual di Tokopedia.

Sobat Shipper dapat menargetkan kata kunci, kategori, dan bahkan produk pesaing menggunakan iklan TopAds. Fitur ini sangat berguna ketika kamu perlu meningkatkan kesadaran untuk produk yang baru dirilis. Halaman produk yang dioptimalkan dengan baik seharusnya tidak mengalami kesulitan mengonversi lalu lintas dari kampanye pemasaran.

Untuk meningkatkan laba dengan kampanye iklan semaksimal mungkin, Sobat Shipper harus memantau kinerja iklan tersebut secara teratur dan melakukan modifikasi jika perlu. Peringkat penjualan akan naik saat kampanye tersebut berhasil dikonversi menjadi penjualan.

7. Aktifkan fitur “Bebas Ongkir” 

Dengan Bebas Ongkir, jualan cepat laku di Tokopedia. Dengan minimal transaksi Rp50.000, pembeli akan mendapatkan subsidi gratis ongkos kirim hingga Rp20.000 untuk pengiriman dalam satu pulau dan hingga Rp40.000 untuk pengiriman antar-pulau, serta subsidi gratis ongkos kirim hingga Rp50.000 untuk pengiriman antar-pulau dengan minimal transaksi Rp 250.000. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengaktifkan “Bebas Ongkir”:

  • Membantu meningkatkan penjualan

Menurut data Tokopedia per April 2020, penjualan di toko yang menawarkan gratis ongkos kirim tumbuh 50% dibandingkan toko yang tidak.

  • Tingkatkan jumlah pengunjung ke toko

Produk dengan lambang Gratis Ongkir akan lebih menarik perhatian calon pembeli dan memiliki filter khusus di halaman pencarian.

  • Menjangkau pembeli di luar pulau 

Dengan mengikuti program Gratis Ongkir, kamu dapat meningkatkan penjualan di seluruh Indonesia dengan mudah.

Dan jangan lupa untuk pastikan toko Sobat Shipper telah menjadi Power Merchant sebelum mengaktifkan fitur ini.

Relevansi, konversi, dan volume penjualan adalah bagian dari pengalaman jualan di Tokopedia. Kamu akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dengan halaman produk yang sepenuhnya dioptimalkan dan harga yang kompetitif. Untuk lebih mempermudah pembeli menemukan produk di Tokopedia, Sobat Shipper dapat menggunakan Atoor untuk mempermudah strategimu. 

Sobat Shipper dapat memanfaatkan Atoor untuk melakukan pengiriman cepat dan mudah, melihat status pesanan secara real time, dan mengembalikan barang dengan cepat dan mudah. Tokopedia dan Shopee, dan platform e-commerce lainnya berkolaborasi dengan Atoor untuk mengatasi kesenjangan digital-fisik.Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan bisnis e-commerce Sobat Shipper. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantumu berkembang dan sukses, hubungi Shipper sekarang untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.