Maksimalkan Potensi dan Pasar UMKM Lokal di Sumatera Barat, Shipper Perkuat Layanan dan Dukung Kolaborasi Gernas BBI Sumbar 2022 Bersama OJK

0
107

Bukittinggi, 19 April 2022 – Guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 (Gernas BBI 2022), Shipper berkomitmen memperkuat layanannya di Sumatera Barat (Sumbar) untuk memaksimalkan potensi dan pasar UMKM lokal. Shipper, sebagai perusahaan teknologi super enabler yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi, turut menjadi top brand yang mendukung kolaborasi Gernas BBI Sumbar 2022 ‘Maju Berkah Basamo UMKM Sumbar yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Bukittinggi pada 12 April.

Bukittinggi sejak dulu sudah menjadi ikon wisata Sumatera Barat dengan Jam Gadang dan kuliner halalnya. Pemerintah pada 2022 ini menjadikan makanan khas Bukittinggi, yakni nasi kapau, sebagai pilot project Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (Zona KHAS) dan Zona Halal. Pencanangan ini diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada grand opening Gernas BBI Sumbar 2022. 

Dikutip dari beberapa sumber media, Sumbar memiliki potensi UMKM dan industri halal yang sangat besar. Jumlah UMKM di provinsi ini pada 2020 saja tercatat 593.100 unit, terdiri dari usaha mikro sebanyak 531.350 unit (89.59%), usaha kecil sebanyak 53.431 unit (9.01%), usaha menengah sebanyak 7.900 unit (1.33 %) dan usaha besar sebanyak 419 unit (0,07%). Sebanyak 89 persen perekonomian masyarakat di Sumbar memang digerakkan oleh sektor UMKM. 

Melihat pentingnya Sumbar dalam pertumbuhan ekonomi nasional, Shipper memberikan berbagai dukungan untuk UMKM lokal dalam Gernas Sumbar 2022 agar mereka semakin cepat naik kelas. Bentuk dukungan ini adalah program promo pergudangan dan logistik, edukasi logistik, pergudangan dan wirausaha, kesempatan exposure di media nasional untuk lima (5) UMKM Champion terpilih, menyediakan landing page khusus, dan menyediakan relay di Youtube. 

“Shipper tumbuh bersama UMKM sehingga kami tentu mendukung Gernas BBI 2022 di Bukittinggi, Sumbar agar produk-produk UMKM lokal tidak hanya dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri tapi juga merambah mancanegara melalui transformasi digital. Sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi, Shipper turut membantu mempercepat pertumbuhan UMKM di Sumbar melalui digitalisasi pergudangan dan logistik, promosi di media digital, dan pelatihan serta pendampingan untuk mencetak minimal 100 UMKM Sumbar onboarding ke digital pada acara ini”, kata Jessica Hendrawidjaja, CMO Shipper.   

Lebih dari 300 UMKM Sumbar mengikuti UMKM Expo (bazaar, live shopping, showcase, virtual expo) sebagai bagian dari kampanye Gernas Sumbar 2022 yang akan diselenggarakan selama tiga bulan. UMKM ini kemudian dikurasi untuk mendapatkan 5 UMKM Champion yang paling unggul. Selain itu, terdapat rangkaian acara fashion show busana muslim, business matching dan akses permodalan, pendampingan, monitoring & harvesting, dan Sumbar Go Export. 

Acara ini juga merupakan agenda side event G20 dalam upaya menggerakkan perekonomian masyarakat dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Sejak peluncuran Gernas BBI pada Mei 2020 hingga September 2021, jumlah UMKM yang onboarding ke digital sudah mencapai 8.434.446 unit. Total UMKM bergabung ke ekosistem digital kini mencapai 16.434.446 unit dengan kenaikan mencapai 105% dari awal peluncuran. 

Guna mendukung produk Indonesia, Shipper berupaya penuh untuk  memfasilitasi UMKM melalui sistem pergudangan pintar  agar UMKM bisa  selain bisa menyimpan barang mereka juga bisa mengefektifkan pengiriman mereka, karena barang mereka dikirimkan melalui gudang pintar Shipper. 

Shipper bahwa logistik menjadi salah satu faktor penting untuk mempercepat UMKM naik kelas. Sejak berdiri pada 2017, Shipper selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mempermudah UMKM mengoperasikan aktivitas pengiriman barang dan pengelolaan pergudangannya. Semakin efisien pengiriman barang dan pengelolaan pergudangan, maka UMKM dapat lebih fokus memajukan bisnisnya agar cepat naik kelas. 

Gernas BBI Sumbar 2022 di Bukittinggi merupakan bagian dari komitmen Shipper untuk mendukung kampanye nasional Gernas BBI 2022 guna  memfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM berbasis digital, memperluas akses UMKM dari hulu ke hilir hingga pendampingan dan pembinaan UMKM. 

Tentang Shipper.id 

Sejak 2017, Shipper telah menemani UMKM berjuang dengan memberikan solusi menyeluruh bagi UMKM dalam bidang logistik dan pergudangan pintar. Shipper, sebagai perusahaan teknologi super enabler yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi. Shipper menyediakan solusi logistik terintegrasi untuk berbagai skala usaha dengan pelayanan dari hulu ke hilir (end-to-end).  Shipper telah beroperasi dengan prinsip untuk memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis mereka Shipper mengelola secara digital jaringan pusat pemenuhan, mitra pengiriman, dan titik ritel di seluruh Indonesia. Dalam rangka mewujudkan misi perusahaan untuk mendukung UMKM, Shipper senantiasa mendukung upaya-upaya pemerintah untuk mewujudkan Ekosistem Logistik Nasional yang lebih efisien.  
Informasi lebih lanjut mengenai layanan Shipper, kunjungi website www.shipper.id