Peran penting Nomor Resi bagi pelanggan?

0
78
nomor-resi-shipper

Bagaimana Peran penting Nomor Resi bagi pelanggan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata “Resi” berarti tanda terima tertulis (seperti paket, uang kiriman, dll). Di Indonesia, istilah resi menjadi sangat familiar sejak adanya jual beli online. Apalagi, dengan semakin berkembangnya teknologi, dengan adanya nomor resi, penjual maupun pembeli online bisa melacak mengenai  barang mereka.

Bagi perusahaan jasa ekspedisi/logistik, nomor resi menjadi bukti pengiriman barang berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu, yang kemudian diberikan ke pengguna jasa ekspedisi/logistik. Nomor resi ini juga sebagai bukti bahwa barang sudah dikirim dari penjual online ke customer.

Lalu seberapa penting nomor resi itu?

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, nomor resi adalah bukti pengiriman barang di mana bisa dilakukan pelacakan barang sudah terkirim atau sudah diterima oleh pihak yang bersangkutan. Dengan adanya nomor resi yang diberikan jasa ekspedisi/logistik, bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, seperti tipu-menipu yang kerap terjadi antara penjual-pembeli online, atau menindak kurir yang melakukan kejahatan pada barang yang diantarnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi dari nomor resi, seperti:

–          Mengetahui kondisi barang: Jika barang belum sampai sesuai waktu yang ditentukan, dengan adanya nomor resi ini, customer bisa mengecek kondisi barangnya.

–          Kepercayaan customer meningkat: Semakin professional jasa ekspedisi/logistik, semakin customer percaya dan akan berulang menggunakan jasa ekspedisi/logistik tersebut.

–          Ambil barang langsung: Dengan adanya nomor resi ini, customer bisa mengambil barang pesanannya langsung tanpa menunggu kurir yang mengantar ke lokasi customer.

Dengan menggunakan jasa pengiriman ke berbagai ekspedisi melalui shipper, kamu dapat check resi otomatis melalui website pada halaman Lacak Pesanan. Disana kamu bisa masukkan hingga 10 nomor pesanan atau nomor resi sekaligus. Dan kamu bisa check status pengiriman kamu. 

Nah, sudah paham dong peran penting dari nomor resi itu apa? Buat jasa ekspedisi/logistik, jangan sampai lupa untuk memberikan nomor resi ke pelanggan yaa. Kalau pakai Shipper.id sudah pasti pelanggan akan diberikan nomor resi begitu pelanggan menyelesaikan biaya pengiriman, dan barang sudah dikirimkan.

Baca Juga : 5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kirim Barang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here