Intip 5 Jasa Ekspedisi Terbaik di Indonesia

0
1453
Jasa Ekspedisi Terbaik

Intip 5 Jasa Ekspedisi Terbaik di Indonesia

Zaman sekarang, membeli hampir semua kebutuhan bisa secara online, baik lewat marketplace atau menggunakan e-commerce. Apalagi, platform belanja digital rajin memberikan promo atau diskon yang harganya sangat menggiurkan para pelanggan.

Perkembangan e-commerce ini ternyata juga membawa keuntungan bagi pihak jasa ekspedisi. Bagaimana tidak? Dengan jasa ekspedisi, kebutuhan untuk mengirim barang menjadi lebih mudah dan bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Nah, dari sekian banyak jasa pengiriman barang, Jakpat merangkumnya dalam 5 jasa ekspedisi terbaik di Indonesia. Yuk simak ulasannya berikut:

Menurut hasil survey di Jakpat pada Januari 2020, ada 5 jasa ekspedisi terbaik di Indonesia nih guys. Mau atau apa aja? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Pos Indonesia

Perusahaan BUMN ini telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu. Itu sebab, Pos Indonesia memiliki segudang pengalaman dalam urusan kirim barang. Bahkan Pos Indonesia juga melayani jasa kirim uang dan dokumen penting ke seluruh wilayah di Indonesia.

Perusahaan milik negara ini, memiliki kantor di hampir setiap kecamatan di Indonesia, itu jadi jaminan jangkauan Pos Indonesia sangat luas. Namun sayangnya, barang yang dikirim Pos Indonesia kadang kurang cepat dan tidak tepat waktu, jika dibanding dengan jasa ekspedisi lain.

2. JNE

Salah satu pionir jasa ekspedisi di Indonesia adalah JNE. Memiliki pemasaran dan distriibusi yang cukup baik, membuat JNE terhitung sangat mudah mengembangkan bisnisnya. Apalagi, jual beli online yang kini semakin ramai. JNE memiliki berbagai kelebihan, salah satunya tim Custumer Service yang beroperasi 24 jam, sistem tracking yang baik yang bisa memudahkan pelanggan melacak paket.

Selain itu, JNE sudah memiliki cabang yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Yang menjadi kekurangan JNE ialah tarif pengiriman yang terbilang mahal jika dibanding dengan jasa pengiriman lainnya di Indonesia.

BACA JUGA : Peran penting Nomor Resi bagi pelanggan?

3. J&T Express

Berdiri sejak 2015, jasa pengiriman satu ini kini semakin berkembang. J&t pun banyak mendapatkan kepercayaan sebagai partner dari para pebisnis online di Indonesia. Meskipun terbilang pendatang baru, J&T mampu bersaing, dalam memberikan pelayanan terbaik, seperti pengiriman barang lebih cepat dan ongkos kirim yang lebih ekonomis.

Pengiriman dengan menggunakan J&T dilakukan 24 jam bahkan pada hari Minggu, maupun libur nasional sekalipun. Namun, kekurangan J&T ialah tim customer service yang kurang kooperatif, dan tidak bisa melacak resi di tengah malam.

4. SiCepat Ekspress

Dengan visi misi yakni memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, SiCepat hadir sebagai jasa pengiriman yang juga memiliki berbagai paket pengiriman extra cepat dan regular. Ekspedisi yang berdiri pada 2004 ini menyediakan layanan kirim barang dengan klaim waktu pengantaran “15 Jam Sampai”.

Jika pelanggan mau mengirimkan paket lebih cepat sampai di tujuan, maka pelanggan bisa menggunakan paket BEST atau singkatan dari Besok Sampai Tujuan. Sayangnya, jasa pengiriman barang SiCepat ini belum tersebar secara merata di Indonesia. Jasa ekspedisi ini baru membuka layana kirim paket di Jabodetabek, dan beberapa kota besar di Indonesia.

5. TIKI (Titipan Kilat)

Jasa pengiriman barang yang telah berdiri lebih dari 30 tahun ini, berupaya untuk terus jadi yang terbaik di samping bersaing dengan kompetitornya. TIKI memiliki tarif pengiriman barang lebih rendah dari jasa pengiriman barang lainnya. Selain itu, ekspedisi yang juga memiliki ratusan cabang di Indonesia ini, memiliki pelayanan pengiriman bergaransi sebagai kelebihan bagi pelanggannya.

Tetapi, TIKI memiliki kekurangan yakni masih kurangnya pelayanan yang bisa menjangkau hingga ke pelosok dan kurir TIKI yang dinilai kurang kooperatif, terhadap si penerima barang apabila alamat tujuan tidak ditemukan.    

Belajar dari para pendahulu, Shipper Indonesia, perusahaan aggregator logistic yang juga merambah jasa pengiriman kini berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa pengiriman. Tak hanya kirim barang, Shipper juga melayani jasa warehouse/pergudangan, yang sangat membantu urusan bisnis logistik para pelaku bisnis baik online maupun offline.